Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Kenali Berbagai Jenis Penyakit Kulit Berbahaya Sebelum Terjadi Komplikasi

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

jenis penyakit kulitJenis penyakit kulit – Halo Sahabat Pandawa semua! Bagaimana kabar kalian hari ini nih? Semoga kalian tetap menjaga kesehatan dan juga kebersihan ya Sahabat Pandawa di mana pun kalian berada. Pasalnya, jika tidak menjaga kebersihan maka cukup berisiko terserang penyakit kulit.

Kulit adalah lapisan terluar dari jaringan tubuh. Jaringan ini seringkali menjadi tameng dan benteng dari berbagai bakteri, virus, dan kuman lainnya. Oleh karena itu, kulit cukup rentan terjangkit penyakit-penyakit berbahaya.

Berbicara mengenai kulit, ada beragam jenis penyakit kulit yang dapat menjangkit tubuh manusia. Tak jarang penyakit-penyakit ini sukar untuk hilang dan sangat menganggu aktivitas kamu sehari-harinya. Hmm, memangnya ada penyakit apa aja sih?

Sahabat Pandawa, kami terus menyajikan informasi dan juga artikel kesehatan untuk kalian semua. Artikel yang kami bahas terutama seputar masalah penyakit kulit, penyakit kelamin, sex education, dan juga tips serta trik seputar estetika / kecantikan.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai berbagai jenis penyakit kulit berbahaya yang sering menyerang tubuh manusia. Hmm serem ya kedengerannya. Maka dari itu, sebaiknya kamu menyimak artikel ini sampai habis agar mendapat informasi yang bermanfaat. Baiklah, daripada berlama-lama lagi langsung aja disimak artikelnya!

 

Apa itu penyakit kulit?

Penyakit kulit merupakan sebuah keadaan ketika lapisan luar tubuh teriritasi atau meradang. Penyakit ini memiliki jenis yang berbeda, masing-masing dengan gejala yang berbeda.

Penyakit kulit dapat disebabkan oleh berbagai faktor antara lain faktor perawatan diri, paparan zat berbahaya di lingkungan, infeksi, dan masalah kekebalan seperti alergi. Ada beberapa kondisi kulit yang berbahaya, dan ada pula kondisi kulit yang ringan namun dapat memengaruhi penampilan. Beberapa penyakit bersifat sementara, sementara yang lain mungkin permanen dan berulang.

Terdapat berbagai jenis penyakit kulit yang cukup berbahaya dan menganggu kesehatan pengidapnya. Masalah ini tidak boleh dibiarkan begitu saja karena berisiko terjadi komplikasi yang mengerikan.

 

Jenis penyakit kulit

Jenis penyakit kulit terdiri dari yang menular dan tidak menular. Biasanya yang menular diakibatkan oleh paparan zat, bakteri, virus, dan jamur yang berasal dari luar tubuh. Untuk penyakit kulit yang tidak menular umumnya terjadi akibat faktor genetik bawaan.

Berikut adalah berbagai jenis penyakit kulit yang berbahaya:

 

  • Kanker kulit

Kanker kulit merupakan jenis kanker yang terjadi serta tumbuh di area kulit. Kondisi tersebut ditandai dengan perubahan kulit seperti munculnya benjolan, bintik, atau tahi lalat yang bentuk dan ukurannya tidak normal.

Kanker kulit diduga disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet matahari. Sinar UV bisa merusak sel kulit, menyebabkan kanker kulit.

Kanker kulit disebabkan oleh perubahan genetik atau mutasi pada sel kulit. Penyebab dari perubahan ini belum diketahui secara pasti, namun diyakini penyebabnya adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Sinar ultraviolet dari matahari dapat merusak kulit dan mendorong pertumbuhan sel kulit yang tidak normal. Kondisi ini bisa berubah menjadi kanker.

 

  • Herpes zoster (herpes kulit)

Jenis penyakit kulit berikutnya ialah herpes zoster. Herpes zoster atau herpes kulit adalah penyakit yang ditandai dengan ruam berisi air di salah satu sisi tubuh dan terasa nyeri. Penyakit ini terjadi akibat infeksi virus Varicella zoster yang juga menjadi penyebab dari penyakit cacar air.

Meski tidak berbahaya, herpes zoster ini cukup menyakitkan. Obat antivirus akan diberikan untuk membantu mempercepat penyembuhan dan mengurangi risiko komplikasi.

 

  • Eksim

Eksim adalah reaksi alergi pada kulit yang ditandai dengan kemerahan dan gatal. Kondisi ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan merusak penampilan kamu. Tidak hanya pada orang dewasa, gejala eksim bisa saja muncul bahkan di masa kanak-kanak, terutama saat sudah berusia di atas 2 tahun.

Dalam beberapa kasus, jenis penyakit kulit ini akan hilang seiring bertambahnya usia, tetapi tidak hanya pada sedikit orang yang mengembangkannya selama sisa hidup mereka. Secara keseluruhan, eksim dapat dikontrol dengan baik dengan pengobatan yang tepat, sehingga mengurangi frekuensi kambuh pada pasien.

 

  • Dermatitis

Dermatitis adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan gejala yang mengganggu seperti ruam merah dan kulit gatal, kering, dan bersisik. Ada beberapa jenis dermatitis dengan penyebab dan karakteristik berbeda.

Jenis penyakit kulit dermatitis ini ada beragam macamnya. Contohnya seperti dermatitis atopik, dermatitis kontak, dermatitis dishidrotik, dermatitis numularis, neurodermatitis, dermatitis statis, dan juga dermatitis seroboik.

 

  • Psoriasis

Psoriasis ialah sebuah keadaan kulit inflamasi yang ditandai dengan munculnya ruam merah, kulit kering, bersisik, dan tebal yang mudah mengelupas. Terkadang psoriasis juga disertai rasa gatal dan nyeri. Psoriasis lebih sering terjadi pada lutut, siku, punggung bawah, dan kulit kepala.

Psoriasis adalah jenis penyakit kulit yang dapat diderita siapa saja, tetapi lebih sering terjadi pada orang berusia 15-35 tahun. Penyakit ini tidak menular, sehingga kontak langsung dengan ruam pada kulit orang yang sakit tidak akan membuat seseorang terserang penyakit tersebut.

 

Pengobatan penyakit kulit di Klinik Pandawa Jakarta

Setelah membaca artikel ini, Sahabat Pandawa jadi mengetahui berbagai jenis penyakit kulit yang cukup berbahaya. Penyakit-penyakit tersebut perlu ditangani segera oleh dokter ahli penyakit kulit dan kelamin agar tidak menimbulkan efek yang berbahaya.

Klinik Pandawa sebagai salah satu klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin di Jakarta memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam mengatasi berbagai jenis penyakit kulit. Selain itu, Klinik Pandawa dilengkapi dengan berbagai peralatan medis penunjang pengobatan yang efektif serta aman.

Kalian bisa melakukan konsultasi dengan dokter kami secara gratis di 0821-1141-0672 / 021-6231-3337 (telepon / SMS / WA) atau dengan menggunakan link konsultasi. Dapatkan promo menarik untuk berbagai layanan dan pengobatan di Klinik Pandawa setiap bulannya.