Search
Close this search box.

9 Ciri Luka Sunat Mau Sembuh – Klinik Utama Pandawa

Ciri luka sunat mau sembuh merupakan hal yang umumnya banyak orang-orang tanyakan. Sunat adalah prosedur medis yang biasanya dilakukan pada penis. Tindakan sunat ini dilakukan dengan memotong kulit yang menutupi kepala penis atau glans.

Saat prosedur sunat, area luka akan terbuka dan memerlukan perawatan untuk mempercepat proses penyembuhan.

Bagaimana cara memastikan luka sudah sembuh dan apa saja yang harus diperhatikan selama proses penyembuhan? Simak ciri-ciri luka sunat mau sembuh pada artikel ini.

Apa Ciri-ciri Luka Sunat Mau Sembuh?

Ciri Ciri Luka Sunat Mau Sembuh 2
Ilustrasi Ciri-ciri Luka Sunat Mau Sembuh

Ada beberapa ciri-ciri luka sunat mau sembuh yang umumnya bisa Anda ketahui. Penasaran seperti apa ciri-cirinya?

1. Warna merah bekas sunat mulai pudar

Ciri-ciri luka bekas sunat yang telah siap sembuh yaitu warna merah yang tadinya menjadi kuning keputihan kemudian berangsur-angsur menjadi pudar hingga benar-benar hilang.

Jika masih terdapat jahitan, ciri-ciri luka sunat mau sembuh adalah tulang rawan yang sudah menutupi jahitan. Namun, luka bekas sunat bisa mengalami infeksi apabila tidak dirawat dengan baik.

Penyembuhan luka sangat penting, terutama untuk kulit penis dan keringat kulit pada kulit penis. Oleh karena itu, rawatlah kulit penis terlebih dahulu sebelum membuka kulup.

2. Ukuran penis mengecil

 Jika pasca sunat, luka sunat tidak cepat sembuh, maka ciri-ciri luka sunat bisa terlihat. Hal ini bisa berdampak pada ukuran penis yang mengecil. Ciri luka sunat adalah terdapat jaringan parut yang mengeras di bagian luka.

Namun, jika luka sunat mau sembuh dengan baik, jaringan parut tersebut akan mengecil dan tidak mengganggu ukuran penis. Oleh karena itu, pastikan untuk merawat luka sunat dengan baik agar tidak merugikan kesehatan seksual Anda.

3. Bekas luka mulai melunak

Bekas luka mulai melunak adalah ciri-ciri luka sunat mau sembuh. Sunat adalah tindakan khitan yang sering dilakukan pada bayi laki-laki dalam agama Islam.

Ciri luka sunat umumnya muncul dalam bentuk bekas luka yang berbentuk garis melingkar pada penis. Namun, bekas luka ini dapat mulai melunak dan sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Oleh karena itu, penting bagi yang baru disunat untuk menjaga kebersihan dan mengikuti instruksi dokter agar luka sunat mau sembuh dengan optimal.

Artikel Lainnya: Masih Nggak Mau Sunat? Inilah 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat!

4. Penis terasa gatal

Penis terasa gatal mungkin merupakan tanda adanya ciri-ciri luka bekas sunat yang belum sempurna penyembuhan luka. Ciri-ciri luka sunat biasanya terlihat pada kulit penis yang belum menutupi kepala penis atau kulup yang masih menonjol.

Infeksi dapat terjadi jika perawatan daerah sunat tidak adekuat, terlebih lagi jika zona luka tidak dilengkapi jahitan.

Penyembuhan luka bekas sunat memerlukan waktu dan perawatan yang baik, baik dalam hal membiasakan kulit penis dengan kontak udara dan untuk meminimalkan rasa gatal.

5. Jaringan parut menyusut

Jaringan parut yang menyusut merupakan salah satu ciri luka sunat yang sedang dalam proses penyembuhan. Saat luka sunat terjadi, kulit akan mengalami pemotongan sehingga terbentuklah jaringan parut.

Namun, dengan waktu yang cukup dan perawatan yang baik, jaringan parut tersebut akan menyusut dan luka sunat pun akan sembuh sepenuhnya.

Ciri luka sunat lainnya adalah kulit yang terlihat merah dan bengkak serta terasa sakit saat disentuh. Namun, apabila dilakukan perawatan yang benar, luka sunat akan sembuh dalam waktu yang relatif cepat.

Discount Up To 50% Sunat Laser (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

6. Luka berwarna kekuningan

Luka sunat adalah luka yang terjadi akibat dilakukan prosedur sunat pada alat kelamin pria. Ciri-ciri luka sunat seringkali mencakup warna kekuningan, bentuk oval atau melingkar, serta bekas jahitan.

Namun, meskipun ciri-ciri ini terlihat lebih jelas pada awalnya, luka sunat seiring dengan waktu pasti akan menghilang dan sembuh secara alami.

Kunci untuk mempercepat proses tersebut adalah dengan menjaga kebersihan dan menjalani perawatan yang tepat.

7. Muncul rasa sakit saat ereksi

Muncul rasa sakit saat ereksi merupakan salah satu ciri luka sunat yang belum sembuh dengan baik. Luka sunat dapat terjadi ketika kulit di sekitar kepala penis dipotong untuk memperbaiki aliran urin atau untuk alasan agama.

Seiring waktu, luka sunat akan sembuh dan ereksi tidak akan menyebabkan sakit. Namun, jika luka sunat belum sembuh sepenuhnya, ereksi dapat terasa sakit saat organ vital tersebut tegang.

Penting untuk menjaga kebersihan area tersebut dan memperhatikan ciri-ciri luka sunat agar dapat segera mendapatkan pengobatan jika luka sunat terinfeksi. 

8. Kulit penis mulai terlihat cerah dan bersih

Setelah menjalani proses sunat laser Jakarta atau sunat biasa, ciri-ciri luka sunat akan sangat nyata pada penis yang baru saja disunat. Namun, seiring berjalannya waktu, luka sunat akan mengering dan bertahap semakin memudar.

Kulit penis yang tadinya terlihat merah dan kasar, akan mulai terlihat cerah dan bersih ketika luka sunat mau sembuh. Penting bagi pasien untuk tetap menjaga kebersihan area tersebut agar luka sunat bisa sembuh dengan optimal.

9. Anak terlihat makin nyaman beraktivitas

Setelah melewati masa pemulihan setelah sunat, ciri-ciri luka sunat anak mulai terlihat semakin membaik. Anak terlihat makin nyaman dan aktif dalam beraktivitas sehari-hari.

Walaupun masih dalam masa penyembuhan, ciri-ciri luka sunat yang tadinya terlihat merah dan bengkak mulai terlihat memudar dan mengering.

Sangat penting bagi orang tua untuk memperhatikan tanda-tanda luka sunat mau sembuh pada anak agar pemulihan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Baca Juga: Kekurangan dan Kelebihan Sunat Laser di Klinik Pandawa Jakarta

Apa Proses Penyembuhan Luka Bekas Sunat?

Proses penyembuhan luka bekas sunat berlangsung dalam beberapa tahap. Pertama-tama, kulit penis mungkin akan menjadi kemerahan sebentar. Hal ini masih normal dan kemerahan akan hilang dengan sendirinya.

Selanjutnya, kulup mulai menyusut dan menandakan penyembuhan. Pada masa-masa awal, kulup mungkin terlihat lengket dengan ujung penis. Pastikan untuk tidak menggaruk area ini karena bisa memperlambat proses penyembuhan.

Apa Efek dari Infeksi pada Luka Sunat?

Risiko infeksi saluran kemih sangat umum terjadi pada pasien yang telah disunat. Jika mengalami infeksi, pembengkakan dan kemerahan pada luka bisa menjadi lebih parah dan menyebabkan rasa sakit atau demam.

Infeksi dapat mengganggu proses penyembuhan, sehingga sangat penting untuk menghubungi dokter jika ada tanda-tanda infeksi pada luka sunat. Tindakan segera akan membantu proses pemulihan lebih cepat.

Bagaimana Proses Penyembuhan Luka Sunat pada Anak-anak?

Proses penyembuhan luka sunat pada anak-anak sebenarnya tidak jauh berbeda dengan orang dewasa. Mereka juga akan mengalami tahap-tahap yang sama dalam proses penyembuhan luka.

Namun, anak-anak mungkin lebih sulit untuk menjaga kebersihan luka dan dapat memicu infeksi atau komplikasi lebih sering.

Pastikan untuk memberi tahu anak bahwa luka sunat tersebut akan sembuh dengan baik dan memberikan pengawasan ekstra untuk anak selama pasca sunat.

Bagaimana Proses Penyembuhan Luka Sunat Setelah Jahitan diambil?

Jika kulit yang membentuk jahitan sudah mulai memudar, bekas jahitan biasanya masih terlihat pada kulit penis. Pada beberapa kasus, jaringan parut mungkin terbentuk, tetapi akan memudar seiring waktu.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, pada beberapa kasus, bekas operasi dapat menjadi gatal dan mengalami peradangan. Cobalah untuk tidak menggaruk area bekas jahitan karena bisa menyebabkan infeksi dan memperlambat proses penyembuhan.

Dalam kesimpulannya, ciri-ciri luka sunat mau sembuh adalah ketika area luka sudah tertutup, pendarahan berhenti, dan pembengkakan pada penis mulai mereda.

Proses penyembuhan luka sunat setelah prosedur berlangsung dalam beberapa tahap. Pada anak-anak, perlu pengawasan ekstra untuk menjaga kebersihan area luka.

Jangan lupa untuk menghubungi dokter jika terdapat infeksi pada luka sunat karena dapat memperlambat proses penyembuhan.

Baca Juga: 5 Alasan Ini Menjelaskan Kenapa Kamu Harus Sunat!

Jika Luka Sunat Belum Sembuh, Kapan Harus ke Dokter?

Jika Anda telah menjalani sunat dan lukanya belum juga sembuh dalam jangka waktu yang Anda harapkan, Anda biasanya akan mendapatkan saran untuk menemui dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan penanganan medis yang tepat.

Meskipun luka sunat membutuhkan waktu untuk sembuh, penyembuhan yang lama atau tertunda dapat mengindikasikan masalah mendasar yang memerlukan intervensi medis.

Berikut adalah beberapa pedoman umum saat mempertimbangkan untuk menemui dokter:

1. Jangka Waktu

Proses penyembuhan luka sunat biasanya memakan waktu sekitar satu hingga dua minggu. Jika Anda memperhatikan bahwa luka tidak menunjukkan tanda-tanda perbaikan atau semakin parah setelah periode ini, inilah saatnya untuk mencari nasihat medis.

2. Pendarahan Berlebihan

Jika Anda mengalami pendarahan terus-menerus atau berat dari luka sunat yang tidak merespon tekanan langsung, Anda harus segera mencari pertolongan medis.

3. Tanda-tanda Infeksi

Waspadai tanda-tanda infeksi, seperti meningkatnya kemerahan, panas, bengkak, atau nyeri di sekitar luka.

Jika Anda melihat nanah atau cairan, bau busuk, atau jika Anda mengalami demam, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

4. Nyeri Terus-menerus

Sementara beberapa ketidaknyamanan dan nyeri ringan diharapkan selama proses penyembuhan, nyeri parah atau memburuk yang tidak merespons pereda nyeri yang dijual bebas mungkin memerlukan evaluasi medis.

5. Kesulitan Buang Air Kecil

Jika Anda mengalami kesulitan buang air kecil, seperti nyeri, ketidakmampuan untuk buang air kecil, atau berkurangnya aliran urin, penting untuk mencari pertolongan medis sesegera mungkin.

Ingat, ini adalah pedoman umum, dan rekomendasi yang tepat dapat bervariasi tergantung pada keadaan individu dan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya.

Itu selalu lebih baik untuk berkonsultasi dengan profesional perawatan kesehatan untuk saran yang tenaga medis sesuaikan untuk Anda.

Ketika Anda mengalami masalah yang berlarut-larut setelah sunat, maka Anda bisa melakukan konsultasi online gratis ke Klinik Andrologi Jakarta terbaik di Klinik Utama Pandawa.

Klinik Pandawa merupakan Klinik Kulit dan Kelamin yang memiliki tenaga medis, fasilitas lengkap, dan pengalaman untuk menangani masalah ini.

Pertanyaan Terkait Ciri-ciri Luka Sunat Mau Sembuh

Kapan luka sunat benar benar sembuh?


Luka sunat biasanya membutuhkan waktu satu hingga dua minggu untuk sembuh sepenuhnya. Namun, proses penyembuhannya bisa bervariasi tergantung pada kondisi fisik dan kesehatan pasien, teknik operasi, serta perawatan pasca-operasi.

Pasien perlu mengikuti petunjuk dokter dan memastikan bahwa area luka tetap bersih dan terjaga kebersihannya selama masa penyembuhan.

Bagaimana cara agar sunat cepat kering?


Untuk membuat sunat cepat kering, disarankan untuk menjaga area sunat tetap kering dan bersih dengan mengganti pembalut setiap beberapa jam, menghindari kegiatan fisik yang berat, dan memakai celana dalam yang longgar agar udara bisa bergerak dengan bebas.

Juga, sebaiknya menghindari kegiatan seksual dan membilas area sunat dengan air dingin setelah beberapa hari untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Berapa lama nyeri setelah sunat?


Setelah sunat, biasanya rasa sakit akan terasa selama beberapa hari hingga seminggu.

Namun, waktu pemulihan setiap orang bisa berbeda-beda tergantung pada kondisi tubuh dan teknik operasi yang digunakan. Penting untuk mengikuti instruksi dokter dan memperhatikan tanda-tanda infeksi selama masa pemulihan.

Kenapa luka sunat berair?


Luka sunat menjadi berair karena adanya cairan tubuh, biasanya darah, yang keluar dari luka. Hal ini normal terjadi pada hari pertama setelah sunat.

Cairan ini akan membantu membersihkan luka, mencegah infeksi, dan mengurangi rasa sakit. Namun, jika luka sunat terus berair setelah hari pertama, segera periksakan ke dokter.

Referensi:

Share: