Search
Close this search box.

Kekurangan dan Kelebihan Sunat Laser di Klinik Pandawa Jakarta

Sekarang ini zaman sudah makin maju. Selain teknik sunat dengan pisau bedah, saat ini sunat juga dapat menggunakan laser. Sebetulnya, sunat laser memiliki resiko 10% lebih tinggi untuk mengalami perdarahan. Tetapi, telah ada penelitian medis yang menggunakan gabungan antara laser CO2 dan cyanoacrylate sebagai upaya untuk mempercepat proses operasi sekaligus mengurangi perdarahan. Nah, untuk ini mari kita cari tahu kekurangan dan kelebihan sunat laser ini, ya, Sahabat Pandawa.

kekurangan dan kelebihan sunat laser

Sunat

Sunat bertujuan mengangkat suatu jaringan yang menutupi ujung penis. Jaringan penutup ini biasa disebut dengan kulup. Untuk sunat laser ini bisa juga dilakukan pada bayi yang baru lahir, tapi pada umumnya dilakukan pada anak-anak berumur 5 tahun keatas atau pria dewasa.

Untuk proses sunat laser tidak membutuhkan waktu yang lama. Waktu proses yang dibutuhkan menyunat bayi berkisar 5-10 menit tergantung bayi rewel atau tidak. Sementara, proses penyunatan pada anak-anak, remaja atau pria dewasa bisa sampai satu jam dan untuk waktu masa pemulihan tergantung dengan kondisi masing-masing.

Metode sunat laser

Sunat laser sendiri merupakan metode sunat yang menggunakan alat kauter ataupun bedah listrik guna memotong kulup penis.  Alat tersebut nantinya akan memotong kulit kulup yang sama caranya seperti konvesional hanya saja sunat laser sangat minim perdarahan. Hal tersebut terjadi sebab alat laser memiliki sifat panas dan langsung membekukan darah yang keluar pada kulit tersebut.

BACA JUGA: Jangan Ragu, 5 Alasan Ini Menjelaskan Kenapa Kamu Harus Sunat!

Manfaat dan Kerugian Sunat

Sunat yang merupakan hal wajib karena anjuran agama, juga memiliki manfaat atau kelebihannya. Ada beberapa manfaat sunat, diantaranya;

  • Mengurangi risiko penyakit menular seksual.
  • Mengurangi risiko kanker leher rahim (cancer serviks) pada pasangan seks wanita dan menurunkan risiko kanker penis.
  • Menjaga kebersihan ujung penis lebih mudah
  • Mencegah terjadinya radang kepala penis dan kulup (balanoposthitis),
  • Mencegah terjadinya peradangan glans (balanitis).

Sementara, ada kerugian tidak melakukan sunat:

Para pria sudah sepatutnya mewaspadai beberapa kerugian atau risiko apabila tidak melakukan sunat, diantaranya seperti:

  • Mudah mengalami iritasi atau gangguan kulit kelamin
  • Masih berisiko membawa penyakit kelamin
  • Mengalami Balanitis
  • Mudah mengalami fimosis dan parafimosis
  • Mengalami gangguan kencing atau infeksi saluran kemih, dll

Kekurangan dan Kelebihan Sunat Laser

Saat ini dunia telah berkembang dan sudah ditemukan alat-alat canggih salah satunya alat sunat dengan metode laser, yaitu sunat yang menggunakan laser. Dengan Metode ini tidak lagi menggunakan pisau bedah untuk membuang kulup pada penis. Peneliti sudah membuktikan bahwa sunat menggunakan laser memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan sunat laser, yaitu:

Kelebihan sunat laser dibanding metode sunat lainnya

  • Perdarahan lebih minim menggunakan alat laser dibandingkan dengan teknik konvensional menggunakan pisau bedah pada umumnya.
  • Sunat laser diperkirakan lebih cepat sembuh karena sistem lem atau jahitan pada jaringan yang digunakan lebih unggul dari pada penggunaan jahitan bagian tepi luka pada metode menggunakan pisau bedah.
  • Waktu untuk proses pengerjaannya jauh lebih singkat dibandingkan dengan sunat menggunakan pisau bedah pada umumnya.
  • Dari hasil penampilan lebih baik dibandingkan sunat dengan pisau bedah.
  • Meskipun banyak kelebihanya, biaya sunat laser sama dengan menggunakan pisau bedah.

Kekurangan sunat Laser

Selain kelebihan sunat laser, Adapun kekurangan yang perlu diperhatikan. Diantaranya;

  • Risiko penis terjepit dan glandstergores
  • Bisa Menimbulkan luka bakar yang menyebabkan pembengkakan
  • Timbul rasa panas di area yang terpotong
  • Adanya rasa nyeri wajar setelah sunat

Dari kekurangan sunat laser ini sebenarnya jarang ditemui atau dialami oleh pasien. Kemungkinan kekurangan sunat laser ini bisa terjadi apabila pasien tidak mengindahi atau mengikuti anjuran dokter ahli. Kemungkinan lain juga terjadi apabila dilakukan oleh bukan profesional.

Sebab itu sebelum melakukan sunat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli. Anda bisa jelaskan riwayat Anda dan beberapa risiko sunat yang akan dijelaskan oleh dokter.

BACA JUGA: Masih Nggak Mau Sunat? Inilah 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat!

Setelah Sunat Laser

Setelah pasien sudah melakukan sunat laser, umumnya dokter atau tenaga medis sudah mempersiapkan celana dalam yang khusus. Sementara itu, untuk menghindari infeksi atau cidera, jaga kebersihan penis saat berkemih, BAB atau mandi.

Kurangi aktivitas atau olahraga berat dahulu hingga benar-benar pulih, mengonsumsi obat anjuran dokter, dan berisitirahat cukup. Selain itu, Anda juga diperbolehkan untuk berkonsultasi lanjutan dengan dokter sunat Anda.

Melihat dari kelebihan sunat laser, Anda tidak perlu lagi menunda-nunda sunat hanya karena khawatir dengan pisau bedah, sebab sudah ada metode laser yang dirasa lebih nyaman, steril dan cepat.

Tunggu apalagi? Jangan sampai risiko Anda tidak sunat di atas, Anda alami juga, ya, Sahabat Pandawa. Anda bisa lakukan sirkumsisi/ khitan/ atau sunat laser di Klinik Pandawa. Kami menyediakan promo menarik dengan kualitas terjamin. Sahabat Pandawa juga dapat menghubungi kami lewat nomor 0821-1141-0672 (KONSULTASI ONLINE GRATIS) Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

 

 

 

penulis: AN/berbagaisumber

 

Share: