Search
Close this search box.

Apakah Sifilis dapat Disembuhkan? Ini Faktanya!

Faktanya, banyak orang masih belum mengetahui apakah Infeksi Menular Seksual (IMS) sifilis dapat disembuhkan secara total atau tidak.

Tentua saja penyakit menular seksual selalu menjadi perhatian serius bagi banyak orang, salah satu penyakit menular seksual yang menjadi perhatian utama adalah sifilis.

Sifilis adalah penyakit yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius jika tidak diobati dengan tepat.

Definisi Sifilis

Sifilis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Penyakit ini dapat terjadi melalui kontak langsung dengan luka terbuka yang disebabkan oleh sifilis atau melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi.

Sifilis dapat menular melalui kontak langsung dengan tubuh bagian yang terinfeksi, termasuk alat kelamin, mulut, atau anus. 

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan pengaman seperti kondom saat berhubungan seksual untuk mencegah penularan penyakit ini.

Penyebab Utama Sifilis

Penderita Sifilis
Ilustrasi Penderita Sifilis

Penyebab dari penyakit sifilis merupakan infeksi bakteri Treponema pallidum.  Bakteri ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka atau melalui kontak langsung dengan seseorang yang terinfeksi. 

Aktivitas seksual yang tidak aman, termasuk hubungan seksual tanpa pengaman, adalah salah satu penyebab utama penyebaran sifilis. Selain itu, penggunaan jarum suntik yang tidak steril juga dapat menyebabkan infeksi bakteri ini.

Apakah Sifilis dapat Disembuhkan Total?

Jika sifilis didiagnosis dan diobati sesegera mungkin, penyakit ini memiliki peluang besar untuk disembuhkan secara total. 

Pengobatan sifilis biasanya melibatkan pemberian antibiotik, terutama penisilin. Antibiotik ini dapat membunuh bakteri penyebab sifilis dan membantu memulihkan kondisi penderita. 

Namun, pengobatan harus terlaksana sesuai dengan petunjuk dokter dan harus diselesaikan sepenuhnya untuk memastikan eradikasi total dari bakteri penyebab sifilis.

https://www.youtube.com/watch?v=CnCpAWj2QGU&t=94s
TanyaDokter #Eps1 Seputar Penyakit Kelamin Sifilis alias Raja Singa (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Tahap dan Gejala Sifilis

Sifilis adalah penyakit menular seksual dan penyebabnya adalah bakteri Treponema pallidum.

Gejala sifilis dapat berkembang dalam beberapa tahap yang berbeda. Berikut adalah gambaran umum gejala-gejala sifilis:

1. Primer

Gejala pertama biasanya muncul dalam waktu 3 hingga 4 minggu setelah terinfeksi. Ini adalah luka terbuka yang tidak nyeri yang muncul di tempat masuknya bakteri. 

Chancre biasanya terletak di alat kelamin, anus, atau mulut. Ini dapat bertahan selama beberapa minggu dan akan sembuh sendiri, meskipun infeksi tetap berlanjut jika tidak mendapat pengobatan.

2. Sekunder

  • Ruam: Beberapa minggu setelah chancre muncul, seseorang dapat mengalami ruam kulit yang bervariasi, termasuk bercak merah atau cokelat yang muncul di seluruh tubuh, termasuk telapak tangan dan kaki.
  • Sakit Tenggorokan: Gejala seperti flu, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening dapat muncul.
  • Luka-luka di Mulut, Vagina, atau Anus: Luka-luka ini seringkali tidak terasa dan dapat muncul di dalam atau di sekitar alat kelamin, anus, atau mulut.

3. Tersier

  • Kerusakan Organ Internal: Jika tidak mendapat pengobatan, sifilis dapat berkembang menjadi tahap tersier, yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada organ dalam tubuh, termasuk jantung, otak, mata, tulang, dan organ lainnya.
  • Gejala Neurologis: Seseorang dapat mengalami gejala neurologis seperti gangguan keseimbangan, kehilangan pendengaran, kehilangan penglihatan, dan masalah mental.

4. Laten (Tersembunyi)

Setelah tahap sekunder, sifilis dapat masuk dalam tahap laten, di mana tidak ada gejala yang muncul. Ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun.

Artikel Lainnya: Berapa Biaya Pengobatan Sifilis (Raja Singa)? Bisa Disembuhkan!

Diagnosis Sifilis

Diagnosis Sifilis 2
Diagnosis Sifilis dengan Tes Darah

Untuk mendiagnosis sifilis agar dapat disembuhkan, umumnya dokter dapat melakukan tes darah untuk mencari adanya antibodi yang diproduksi oleh tubuh sebagai respons terhadap infeksi bakteri Treponema pallidum. 

Tes ini dapat memberikan hasil yang akurat dalam menentukan apakah seseorang terinfeksi atau tidak. 

Selain tes darah, dokter juga dapat memeriksa luka terbuka atau ruam yang muncul pada kulit untuk mencari tanda-tanda infeksi sifilis.

Baca Juga: 5 Mitos Penyakit Sifilis yang Wajib Diketahui

Cara Mengobati Penyakit Raja Singa

Penyakit sifilis, atau penyakit raja singa, dapat disembuhkan dengan penggunaan suntik antibiotik seperti penisilin. 

Pengobatan sifilis harus terlaksana dengan disiplin dan sesuai dengan petunjuk dokter. 

Terapi antibiotik biasanya berlangsung selama beberapa minggu atau bahkan bulan tergantung pada tahap sifilis. 

Selain pengobatan, penting juga untuk menjaga kebersihan pribadi dan berhenti beraktivitas seksual selama masa pengobatan untuk mencegah penularan penyakit ini kepada pasangan seksual.

Biaya suntik antibiotik sipilis sendiri umumnya bervariasi tergantung beberapa faktor seperti lokasi pengobatan, fasilitas kesehatan, dan lain-lain. 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika Anda mengalami gejala sifilis atau memiliki riwayat kontak seksual dengan seseorang yang terinfeksi sifilis, penting untuk segera mencari bantuan medis. 

Dokter dapat melakukan tes dan mendiagnosis apakah Anda terinfeksi atau tidak. Semakin cepat sifilis mendapatkan diagnosis, semakin baik peluang untuk pengobatan yang sukses dan sifilis dapat disembuhkan secara total.

Untuk mengobati sifilis Anda bisa mengunjungi klinik sifilis Jakarta terbaik milik Klinik Utama Pandawa.

Klinik Utama Pandawa juga merupakan klinik kulit dan kelamin Jakarta yang terbaik serta memiliki tim medis terkemuka dengan pengalaman luas dalam menangani penyakit ini.

Klinik kami juga mempunyai fasilitas medis modern dan teknologi terbaru untuk diagnosis dan perawatan yang akurat. 

Selain itu, klinik kami akan menjaga privasi pasien dengan ketat, memastikan bahwa Anda dapat mengatasi sifilis dengan rasa nyaman dan tanpa khawatir. 

Pengobatan sifilis yang tepat di Klinik Utama Pandawa akan membantu mencegah komplikasi serius, meningkatkan kualitas hidup Anda, serta penyakit sifilis dapat sembuh secara total.

Untuk berkonsultasi online dengan dokter secara gratis, Anda bisa klik link di bawah ini:

Referensi:

Share: