Search
Close this search box.

Apakah Gangguan Hormon Bisa Disembuhkan?

Ketidakseimbangan hormon memberikan berbagai dampak yang dirasakan tubuh, sehingga tak jarang membuat khawatir. Hal ini membuat banyak orang ingin mengetahui apakah gangguan hormon bisa disembuhkan menggunakan cara medis maupun perawatan tradisional.

Hormon sendiri merupakan zat kimia di dalam tubuh manusia yang memiliki peranan penting, mulai dari kesehatan hingga reproduksi.

Lalu, apa langkah yang harus diambil apabila seseorang mengalami gangguan hormon? Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Mengenal Gangguan Hormon dan Penyebabnya

Mengenal Gangguan Hormon Dan Penyebabnya
Ilustrasi Gangguan Hormon dan Penyebabnya

Kelenjar endokrin pada manusia memproduksi beberapa jenis hormon yang masuk aliran darah ke seluruh tubuh.

Setiap jenis hormon memiliki fungsi yang bervariasi, seperti mempengaruhi tingkat kesuburan, membuat otot tegang, hingga memperbaiki sistem pencernaan.

Hormon juga bisa mengalami ketidakseimbangan yang memberikan dampak tidak nyaman bagi tubuh.

Gangguan hormon ini juga disebabkan oleh berbagai penyebab, antara lain tumbuhnya tumor, mengalami cedera, akibat konsumsi obat-obatan tertentu, gangguan mental, dan stres.

Tubuh sangat bergantung pada keseimbangan hormon agar seluruh sistem dapat bekerja secara baik. Gangguan hormon tertentu, seperi hipertiroidisme dan diabetes bisa menimbulkan ketidakseismbangan sistem lainnya di dalam tubuh yang penting diwaspadai.

Artikel Lainnya: 10 Ciri Gangguan Hormon dan Cara Mengatasinya

Gejala Gangguan Hormon

Gangguan hormon dapat dikenali secara mandiri karena terdapat beberapa gejala tertentu yang akan terlihat.

Gejala ketidakseimbangan hormon sendiri dapat dibedakan menjadi 3 kategori, yaitu masalah menstruasi, kesuburan, dan awal akhir siklus reproduksi.

Selanjutnya, gejala gangguan hormon terkait masalah menstruasi, yakni saat wanita mengalami haid tidak teratur dengan kondisi lebih sedikit atau banyak dari sebelumnya. Sedangkan gejala gangguan hormon lainnya, yaitu ketika seseorang mengalami menstruasi terlalu muda atau tua.

Menstruasi yang tidak teratur ketika remaja juga bisa menjadi tanda gejala perkembangan hormonal tidak lengkap. Hal tersebut membuat rahim tidak memperoleh kejelasan sinyal terkait apa yang akan dilakukan.

Wanita Perlu Tahu, Iniloh Tanda-tanda Polycystic Ovarian Syndrome!! (Source: Youtube/Klinik Pandawa)

Baca Juga: Perbedaan Hamil dan Gangguan Hormon

Pengobatan Gangguan Hormon

Gangguan hormon ternyata dapat disembuhkan melalui beberapa cara agar sistem di dalam tubuh dapat kembali seimbangan.

Simak ulasan berikut ini mengenai berbagai cara sebagai solusi untuk mengatasi apakah gangguan hormon bisa disembuhkan.

1. Gaya Hidup Sehat

Cara pertama mengatasi gangguan hormon adalah mulai menerapkan gaya hidup sehat. Salah satu hal yang bisa dilakukan, yaitu menjaga pola makan dengan mengkonsumsi gizi seimbang. Anda bisa mulai mengkonsumsi biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan.

Selain itu, cobalah untuk menjalani olahraga secara teratur yang berguna untuk menghilangkan gejala kecemasan dan stress agar gangguan hormon bisa menurun. Olahraga ini bisa dilakukan setiap hari dengan durasi sekitar 30 menit.

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menerapkan gaya hidup sehat, yakni tidur selama 6 sampai 8 jam setiap hari. Satu lagi gaya hidup sehat yang bisa dilakukan adalah diet berkualitas tinggi dengan mengkonsumsi cukup lemak dan protein.

2. Penggunaan Obat-Obatan

Berikutnya, ketidakseimbangan hormon dapat diatasi menggunakan obat-obatan sesuai dengan resep dari dokter ahli. Obat-obatan ini bisa disebut juga sebagai terapi hormon karena dapat merangsang atau berfungsi sebagai pengganti zat kimia tersebut.

Obat untuk menyeimbanga hormon esterogen dan progestin pada wanita berguna untuk meningkatkan kesuburan dan mengurangi gejala hot flashes. Ada juga suplemen testosteron yang bisa membantu pria untuk mengatasi kehilangan otot dan kelelahan.

Gangguan hormon sebenarnya memiliki berbagai jenis obat yang bisa dipilih, mulai dari insulin untuk mengatasi diabetes tipe I dan II. Obat-obatan untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon bisa berbentuk krim tropical, patch, pil, dan injeksi yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Terapi Hormon Pria dan Wanita – Manfaat, Jenis, & Prosedur

3. Perawatan Bedah

Satu lagi cara ampuh untuk mengatasi gangguan hormon adalah menggunakan perawatan bedah dari dokter ahli. Langkah ini bisa diambil apabila penerapan gaya hidup sehat dan konsumsi obat-obatan tertentu tidak memberikan dampak yang maksimal.

Perawatan bedah ini dilakukan untuk mengangkat tumor atau meredakan permasalahan penyebab gangguan hormon lainnya. Anda bisa menggunakan bantuan dokter ahli untuk berkonsultasi terkait apakah gangguan hormon bisa disembuhkan menggunakan langkah yang tepat.

Bagi Anda yang ingin mengatasi permasalahan tersebut dengan mengunjungi klinik gangguan hormon atau klinik andrologi jakarta. Klinik Pandawa bisa menjadi pilihan yang tepat karena menyediakan perawatan terbaik dari dokter yang sudah ahli.

Klinik Pandawa mempunyai klinik gangguan hormon dan klinik Kulit dan kelamin terbaik yang ada di Indonesia. Anda juga bisa konsultasi dokter online secara gratis di Klinik Pandawa dengan jaminan kerahasiaan privasi.

Referensi:

Share: