Search
Close this search box.

Penyebab Ketiak Hitam & Cara Mengobatinya | Klinik Kulit Kelamin

Masalah pada kulit beragam mulai dari yang tidak berbahaya sampai yang berbahaya. Namun baik itu yang berbahaya atau tidak, masalah kulit sama-sama akan memberikan rasa tidak nyaman bagi banyak orang.

Salah satu masalah kulit yang kerap membuat orang terganggu adalah masalah ketiak hitam.

Ada cukup banyak penyebab ketiak hitam yang dialami banyak orang. Untungnya, ada sejumlah cara yang bisa Anda pelajari untuk membuat ketiak kembali putih bersih. Lantas apa saja penyebab ketiak hitam dan bagaimana cara mengobatinya?

Apa itu Ketiak Hitam?

Ketiak Anda secara alami harus memiliki warna yang sama dengan bagian kulit Anda yang lain. Kadang-kadang, kulit ketiak bisa menjadi gelap.

Biasanya ketiak gelap atau hitam bukanlah sebuah pertanda yang serius. Tapi buat sebagian orang, ketiak hitam adalah masalah kulit yang memalukan, terutama jika orang tersebut suka menggunakan pakaian terbuka di bagian ketiak.

Menggelapnya bagian kulit di ketiak disebabkan oleh kondisi kulit yang disebut acanthosis nigricans (AN).

Nantinya lipatan-lipatan di sekitar tubuh akan menggelap dan membuat kulit menebal. Area yang umumnya bisa mengalami penggelapan meliputi:

  • ketiak
  • belakang leher
  • selangkangan
  • siku
  • lutut
  • Kulit Anda mungkin juga gatal atau berbau busuk di area tersebut.

Menurut statistik, tujuh hingga 74% orang mengalami sejumlah bentuk AN menurut sebuah jurnal yang dirilis tahun 2014 dikutip dari Healthline. Kemungkinan faktor yang menyebabkan AN bisa jadi karena faktor kesehatan, riwayat keluarga, dan ras.

Artikel Lainnya: 13 Jenis Penyakit Kulit: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab Ketiak Hitam

Penyebab Ketiak Hitam 2
Seorang Wanita Memiliki Ketiak Hitam

Warna kulit anda biasanya ditentukan oleh sel pigmen yang bernama melanosit. Ketika sel tersebut berkembang menjadi banyak, warna kulit bisa menjadi lebih gelap.

Siapapun bisa mengembangkan AN, namun sejumlah orang punya risiko yang lebih besar. Orang dengan kulit gelap cenderung mengalami penggelapan di bawah lengan mereka daripada orang yang punya kulit lebih terang.

AN bisa jadi diwariskan dari keluarga lewat gen yang rusak. Kamu sangat mungkin memiliki bercakp gelap di kulit jika memiliki saudara kandung, orang tua, atau kerabat lain dengan kondisi tersebut.

Meski AN bersifat genetic atau terkait dengan kondisi yang mendasarinya, sejumlah bukti menunjukan bahwa mencabut rambut di ketiak atau bagian tubuh lain bisa menyebabkan penggelapan.

Iritasi akibat pencukuran atau pencabutan berulang bisa merangsang produksi melanosit yang berlebih.

Untuk menghindari kondisi ketiak hitam, Anda bisa melumasi kulit dengan sabun lembut atau krim cukur sebelum bercukur. Oleskan krim pelembab tanpa pewangi sesudahnya. Selain itu, beberapa penyebab ketiak hitam yang lain antara lain:

1. Obesitas

Memiliki berat ekstra membuat tubuh Anda lebih tahan terhadap efek insulin. Hormon ini membantu mengatur gula darah Anda. Tingkat insulin yang tinggi dalam darah Anda dapat menyebabkan peningkatan produksi sel pigmen kulit.

Mayoritas orang dewasa yang punya berat badan berlebihan bisa mengalami penggelapan ketiak dan lipatan kulit lainnya.

2. Diabetes Tipe 2

Obesitas juga merupakan faktor risiko diabetes tipe 2, penyakit gula darah tinggi. Orang dengan diabetes tipe 2 punya peningkatan risiko AN

3. Masalah Hormon

Beberapa kondisi yang mengganggu kadar insulin dapat menyebabkan AN termasuk sindrom ovarium polikistik, sindrom cushing, akromegali, hipotiroidisme atau kelenjar tiroid yang kurang aktif.

4. Karena Obat

Obat-obatan tertentu yang meningkatkan kadar insulin Anda bisa menyebabkan ketiak gelap. Selain itu kortikosteroid seperti prednisone (rayos), pil KB, dan niacin dosis tinggi (niacor) juga bisa menjadi penyebab penggelapan kulit.

5. Kanker

Dalam kasus yang jarang terjadi, penggelapan kulit secara tiba-tiba bisa menjadi tanda kanker. Ketika ini terjadi, kesehatan di bagian hati, usus besar, dan perut akan terpengaruh.

Tumor tersebut nantinya membuat peningkatan kadar faktor pertumbuhan yang membuat sel pigmen kulit terangsang.

AN yang disebabkan kanker disebut akantosis nigrikans ganas. Selain itu Anda akan melihat bercak gelap di sekitar mulut anda.

Baca Juga: Kenali Hiperhidrosis atau Keringat Berlebih & Cara Mengatasinya

Cara Mengobati Ketiak Hitam

Orang yang terganggu dengan ketiak hitam mungkin akan datang ke Klinik Kulit terdekat untuk mengatasi masalah tersebut. Ini bisa menjadi langkah jitu untuk mengobatinya karena dengan melalui pengobatan yang intensif dari tenaga ahli, masalah ini bisa diatasi tanpa perlu khawatir.

Meskipun ketiak gelap biasanya tidak berbahaya, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter kulit terutama jika Anda merasa memiliki kondisi seperti diabetes atau kelenjar tiroid yang kurang aktif.

Promo Dermalinfusion Dan Chemical Peeling

Jika Anda tiba-tiba melihat bercak hitam di bawah lengan dan di area kulit lainnya, segera temui dokter kulit atau dokter perawatan primer. Hal ini bisa menjadi tanda penyakit serius seperti kanker.

Anda bisa datang ke Klinik Kulit terpercaya seperti Klinik Utama Pandawa untuk mengobati masalah ketiak hitam dan berbicara dengan tenaga medis berpengalaman untuk lebih jelasnya soal penyebab ketiak hitam.

Anda bisa melakukan konsultasi dengan Dokter Spesialis Estetika & Anti Aging berpengalaman.

Di Klinik Utama Pandawa ada prosedur Dermalinfusion & Chemical Peeling yaitu prosedur untuk mengangkat sel kulit mati dan melisiskan sel-sel pigmen kulit sehingga Nampak cerah.

Anda juga bisa mendapatkan DISC 50% di Promo Ramadan untuk mendapatkan prosedur ini dan mengembalikan kulit ketiak cerah kembali.

Referensi:

Share: