Search
Close this search box.

Apa itu Trikomoniasis? Simak Gejala, Penyebab & Cara Mengobati

Selain infeksi jamur kulit yang bisa menyerang area kulit dan kelamin, ada pula infeksi parasit. Parasit ini tidak tampak terlihat secara kasat mata namun perlu dibantu dengan kacamata medis. Infeksi parasit trikomoniasis, sebenarnya umum terjadi pada orang-orang yang telah aktif secara seksual.

Trikomoniasis tergolong dalam Infeksi Menular Seksual (IMS), baik wanita dan pria mudah mengalami ini walau wanita lebih sering. Parasit ini dapat mengganggu kesehatan kewanitaan seperti keputihan tidak normal, bau tidak sedap, bengkak dan nyeri saat buang air kecil.

Terkadang infeksi parasit trikomoniasis tidak memberikan gejala atau mirip dengan kondisi lain, sehingga seringnya diabaikan dan disepelekan. Yuk, kita cari tahu lebih dalam seputar infeksi trikomoniasis selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Trikomoniasis?

Trikomoniasis merupakan salah satu infeksi menular seksual paling umum terjadi yang disebabkan oleh parasit.

Pada wanita, parasit ini dapat mengganggu keseimbangan pH vagina, dan proses keputihan sehingga menjadi tidak normal seperti keluar aroma tidak sedap, menyengat, gatal-gatal pada vagina dan sakit saat berhubungan.

Pria yang memiliki trikomoniasis biasanya tidak memiliki gejala. Kemudian, wanita hamil yang menderita infeksi ini kemungkinan berisiko lebih tinggi melahirkan prematur.

Source: Youtube / Klinik Utama Pandawa

Pengobatan untuk trikomoniasis adalah minum antibiotik. Untuk mencegah terinfeksi kembali, semua pasangan seksual harus diobati pada waktu yang sama. Anda dapat mengurangi risiko infeksi dengan menggunakan kondom setiap kali melakukan hubungan seks.

Melansir dari CDC, diperkirakan ada lebih dari dua juta infeksi trikomoniasis terjadi pada tahun 2018.

Namun, hanya sekitar 30% yang mengalami gejala trichomoniasis. Infeksi parasit ini lebih sering menyerang wanita dibandingkan lelaki. Wanita dewasa lebih mungkin terkena infeksi daripada wanita usia muda.

Orang yang aktif secara seksual bisa terkena infeksi parasit dengan berhubungan seks tanpa kondom dengan pasangan yang terinfeksi.

Pada wanita, infeksi paling sering ditemukan pada saluran kemih atau uretra, mulut rahim ataupun vagina bagian luar. Pada pria, infeksi parasit paling sering terjadi di dalam penis (uretra). 

Dan ketika melakukan hubungan seks, parasit biasanya menyebar dari penis ke vagina, atau sebaliknya. Hal ini juga bisa terjadi penularan antar vagina atau seks sesama jenis.

Umumnya, parasit tidak menginfeksi bagian tubuh lain, seperti tangan, mulut, atau anus. Sampai saat ini belum diketahui alasan dari beberapa orang yang terinfeksi bergejala dan lainnya tidak bergejala. 

Itu mungkin tergantung pada faktor-faktor seperti kondisi usia seseorang atau kesehatan secara keseluruhan. Orang dengan parasit trikomoniasis dapat menularkan infeksi kepada orang lain, meskipun mereka tidak memiliki gejala.

Penyebab Trikomoniasis

Trikomoniasis yakni salah satu penyakit kelamin disebabkan oleh akibat adanya infeksi parasit bernama Trichomonas vaginalis.

Pada wanita, parasit ini terutama menginfeksi vagina dan uretra (saluran pembuangan urin).

Sementara pada pria, infeksi parasit ini paling sering menyerang uretra, tetapi kepala penis atau kelenjar prostat.

Parasit ini biasanya menyebar melalui hubungan seks tanpa menggunakan kondom. Bisa juga disebarkan dengan berbagi mainan seks jika Anda tidak mensterilisasikan atau menutupinya dengan kondom baru sebelum digunakan.

Anda tidak harus memiliki banyak pasangan seksual untuk tertular trikomoniasis. Namun, siapa pun bisa tertular dan menularkannya jika ia aktif secara seksual.

Trikomoniasis kemungkinan tidak menular melalui seks oral atau anal. Namun, parasit trikomoniasis tidak dapat berpindah atau menular melalui;

  • berciuman atau berpelukan
  • berbagi cangkir, piring, atau peralatan makan
  • kursi toilet

Cara terbaik untuk cegah parasit kelamin adalah dengan melakukan aktivitas seks yang aman. Ini berarti selalu menggunakan kondom saat berhubungan seks, menutupi mainan seks y dengan kondom, dan menjaga kebersihan kelamin setelah berhubungan seks.

Artikel Lainnya: Obati Kencing Nanah, Pilih ke Klinik Gonore atau Puskesmas?

Gejala Trikomoniasis

Gejala trikomoniasis rata-rata berkembang dalam waktu kurang satu bulan setelah infeksi. Tetapi hampir setengah banyak orang tidak mengalami gejala apapun (walaupun mereka masih dapat menularkan infeksi kepada orang lain).

Gejala infeksi parasit ini sebenarnya mirip dengan jenis infeksi menular seksual (IMS) lainnya, seperti klamidia, gonore, kandidiasis, sehingga sulit untuk didiagnosa tanpa tes.

Gejala Trikomoniasis pada wanita

Trikomoniasis pada wanita dapat menyebabkan:

  • cairan keputihan cenderung tidak normal, bertekstur terlalu kental, berbusa, menggumpal;
  • keputihan berwarna kuning kehijauan, atau putih ke abu-abuan
  • keluar aroma menyengat
  • pegal, bengkak dan gatal di sekitar vagina 
  • buang air kecil terasa nyeri dan sensasi terbakar
  • tidak nyaman ketika berhubungan seks.

Gejala Trikomoniasis pada pria

Trikomoniasis pada pria dapat menyebabkan:

  • nyeri saat buang air kecil 
  • nyeri saat ejakulasi dan penetrasi
  • frekuensi buang air kecil lebih sering
  • cairan putih aneh dari penis
  • nyeri, bengkak dan kemerahan di sekitar kepala penis 
  • bengkak kepala penis

Faktor Risiko Trikomoniasis

Faktor risiko untuk mendapatkan trikomoniasis termasuk memiliki:

  • memiliki banyak pasangan seks atau sering berganti pasangan
  • Riwayat infeksi menular seksual (IMS) lainnya
  • Riwayat trikomoniasis sebelumnya
  • Seks tanpa kondom

Parasit menginfeksi saluran kelamin bagian bawah. Pada wanita, ini termasuk bagian luar alat kelamin (vulva), vagina, bukaan rahim (serviks) dan lubang urin (uretra). Pada pria, parasit menginfeksi saluran penis.

Waktu antara paparan parasit dan infeksi (masa inkubasi) belum diketahui pasti. Tapi diperkirakan berkisar antara empat minggu hingga 28 hari. Walau tanpa gejala, Anda atau pasangan tetap bisa menyebarkan infeksi parasit, lho.

Komplikasi Trikomoniasis

Berikut ini beberapa yang perlu Anda waspadai terutama bila terjadi pada wanita hamil;

  • Kelahiran lebih dini(prematur)
  • Memiliki bayi dengan berat lahir rendah
  • Infeksi parasit ikut terbawa saat proses persalinan

Memiliki parasit di kelamin maka rentan memicu iritasi yang memudahkan infeksi kelamin lain masuk menginfeksi dan menularkannya ke orang lain. Seperti infeksi bakteri gonore, klamidia ataupun jamur kandidiasis.

Parasit trikomoniasis juga nampaknya membuat lebih mudah virus penyebab acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) alias HIV mengganggu kesehatan Anda.

Trikomoniasis yang parah juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker serviks pada wanita atau kanker prostat pada pria.

Apabila masih tidak tangani dengan tuntas, infeksi parasit kelamin ini bisa berlangsung berbulan-bulan hingga bertahun-tahun dan membuat kualitas hidup Anda berkurang.

Diagnosis Trikomoniasis

Diagnosis Trikomoniasis
Diagnosis Trikomoniasis

Temui dokter atau kunjungi Klinik Kelamin Jakarta terbaik dan terpercaya di Indonesia seperti Klinik Utama Pandawa, bila Anda mengalami salah satu gejala trikomoniasis atau menemukan keanehan disekitar kelamin.

Infeksi parasit Trikomoniasis biasanya dapat didiagnosis setelah pemeriksaan alat kelamin dan tes laboratorium yang dilakukan dengan tes swab atau pengambilan sampel cairan kelaminl dari vagina atau penis.

Selain tes swab dokter juga akan merekomendasi tes urin untuk diuji di laboratorium. Apabila tes menunjukkan positif trikomoniasis, Anda dan pasangan juga harus diuji dan diobati.

Semakin cepat pemeriksaan dan pengobatan maka akan semakin berkurang pula pelua komplikasi atau penularan lebih banyak.

Baca Juga: Keputihan Seperti Nanah dan Berbau Amis?

Kapan Harus ke Dokter?

Anda harus menghubungi dokter spesialis kulit dan kelamin, bila Anda menderita trikomoniasis dan mengalami keluhan di bawah ini;

  • Keputihan yang tidak biasa dari vagina 
  • Keluar cairan aneh dari penis.
  • Kotoran berbau amis dan menyengat.
  • Iritasi atau gatal pada alat kelamin tak kunjung reda.
  • Vagina kemerahan, nyeri atau bengkak.
  • Hubungan seksual terasa sakit dan tak nyaman.

Begitu juga apabila Anda memiliki faktor risiko atau faktor pendukung seperti yang disebutkan di atas. 

Segeralah lakukan pemeriksaan bersama dokter spesialis kulit dan kelamin di Klinik Pandawa.

Anda akan dilayani dokter spesialis profesional, kompeten dan berpengalaman dibidangnya. Pengobatan yang berkualitas, legal dan terpercaya serta fasilitas klinik yang memadai mulai dari ruangan pasien yang nyaman, apotik atau farmasi yang lengkap serta ruang laboratorium yang berizin dan akurat, Siap melayani Anda.

Anda juga tak perlu cemas khawatir data diri Anda tersebar karena Kami memprioritaskan data pasien terjaga kerahasiaanya.

Untuk informasi pengobatan trikomoniasis dan atau skrining penyakit IMS lainnya, Anda bisa konsultasi dokter online GRATIS (Rahasia Terjamin)

Pencegahan Trikomoniasis

Cara terbaik cegah parasit kelamin trikomoniasis yakni dengan melakukan hubungan seks yang aman. Ini berarti selalu menggunakan kondom baik saat seks oral, anal, maupun vaginal.

Langkah-langkah berikut akan membantu mencegah dari infeksi parasit trikomoniasis dan IMS lainnya, termasuk klamidia dan gonore. Pencegahan ini juga akan membantu Anda tidak menyebarkannya ke pasangan:

  • pastikan memakai kondom saat berhubungan seks
  • jika Anda melakukan seks oral, tutupi penis dengan kondom atau alat kelamin wanita dengan kondom
  • hindari berbagi sex toys 
  • konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin

Bila  Anda tidak yakin cara menggunakan kondom dengan benar, Anda dapat membaca tentang cara menggunakan kondom.

Selanjutnya jika dalam diagnosis disebutkan positif trikomoniasis, pastikan Anda dan pasangan Anda tetap melakukan pengobatan sampai tuntas, lakukan pencegahan seperti di atas dan konsultasi kembali ke dokter Anda.

Pengobatan Trikomoniasis

Cara mengobati infeksi menular seksual seperti infeksi trikomoniasis ini perlu ditangani bersama ahlinya. Anda bisa datang dan berkonsultasi dan menjalankan pengobatan di Klinik Pandawa Jakarta.

Trikomoniasis tidak mungkin hilang tanpa pengobatan. Infeksi dapat sembuh sendiri dalam kasus yang jarang terjadi, tetapi masih berisiko menularkan infeksi ke orang lain bila tidak diobati dengan tuntas.

Infeksi Trikomoniasis umumnya diobati dengan cepat dan mudah dengan obat antibiotik.

Obat yang diresepkan dokter kepada Anda atau orang lain kemungkinan bisa berbeda dosis lantaran beda kondisi seperti ringan atau parah, atau sedang dalam keadaan hamil.

Sehingga obat ini tidak bisa dibeli di luar tanpa resep dokter. Anda tak perlu ragu dan khawatir Infeksi kelamin parasit ini dapat sembuh apabila Anda peduli dan tuntas dengan pengobatan Anda.

Selama pengobatan dokter juga akan menyarankan untuk Anda sementara untuk tidak melakukan aktivitas seks hingga benar-benar pulih. Anda bisa datang kembali ke klinik spesialis kulit dan kelamin Anda untuk melihat perkembangan kesembuhan Anda.

Konsultasikan bersama dokter spesialis, profesional dan berpengalaman di Klinik Pandawa Jakarta. Pengobatan yang berkualitas, berizin, dan teruji bisa Anda dapatkan setelah melakukan konsultasi bersama dokter spesialis.

Baca Juga: 5 Penyakit Kelamin yang Perlu ke Klinik Penyakit Kelamin Jakarta

Kesimpulan

Trikomoniasis merupakan infeksi kelamin yang sangat umum dan dapat diobati. Namun jangan juga membuat Anda menyepelekan penyakit ini.

Jutaan orang didiagnosis dengan parasit trikomoniasis setiap tahun. Ini menyebar dengan mudah karena kebanyakan orang tidak memiliki gejala dan tidak sadar bahwa rentan menular.

Perlu diketahui, penyakit IMS dan trikomoniasis masih dapat kambuh apabila Anda tidak mencegahnya dengan melakukan hubungan seks yang aman serta pengobatan yang tuntas.

Pastikan untuk mengikuti petunjuk dokter spesialis saat jalani pengobatan dan perawatan hingga infeksi hilang di Klinik Kulit dan Kelamin. Dan jangan ragu untuk berkonsultasi kembali dan memeriksakan kondisi Anda.

Referensi:

Share: