Search
Close this search box.

7 Penyebab Jerawat Batu di Hidung dan Obati dengan Buah

Apakah Anda pernah mengalami jerawat batu di hidung? Masalah ini tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga menimbulkan rasa tidak nyaman yang cukup mengganggu.

Jika Anda ingin tahu cara menghilangkan jerawat batu di hidung, simak ulasan berikut ini.

Penyebab Jerawat Batu di Hidung

Jerawat Batu Di Hidung 2
Jerawat Batu di Hidung

Jerawat batu, juga dikenal sebagai nodul atau kistik, merupakan jenis jerawat yang lebih dalam dan lebih parah dibandingkan dengan jerawat biasa. Berikut adalah beberapa penyebab umum dari jerawat batu di hidung:

1. Perubahan Hormonal

Perubahan hormon, terutama selama masa pubertas, menstruasi, dan kehamilan, dapat merangsang produksi minyak berlebih dan memicu munculnya jerawat batu.

2. Produksi Minyak Berlebih

Kulit yang menghasilkan minyak berlebih cenderung lebih rentan terhadap jerawat batu karena minyak tersebut dapat menyumbat pori-pori dan menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang.

3. Peradangan

Jika terjadi peradangan pada jerawat biasa, bisa jadi itu berubah menjadi jerawat batu. Peradangan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari cedera, stres, hingga infeksi.

4. Genetika

Faktor genetik juga berperan dalam risiko terjadinya jerawat batu. Jika orang tua Anda memiliki sejarah jerawat batu, Anda mungkin juga berisiko.

5. Pola Makan

Konsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat dapat mempengaruhi produksi minyak kulit dan berpotensi memicu jerawat batu.

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

6. Stres

Meskipun stres tidak secara langsung menyebabkan jerawat, tetapi bisa memperburuk kondisi jerawat yang ada. Ketika stres, tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat merangsang kelenjar minyak.

7. Kebiasaan Buruk

Memencet jerawat atau menggunakan produk kosmetik yang tidak cocok bisa memperparah kondisi jerawat dan berpotensi menyebabkan jerawat batu.

Dengan mengetahui apa saja penyebab jerawat batu, Anda bisa mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat dan menyesuaikan gaya hidup Anda untuk menghindari jerawat batu di hidung dan bagian lain dari wajah Anda.

Cara Menghilangkan Jerawat Seketika (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Cara Mengobati Jerawat Batu di Hidung dengan Buah

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat batu di hidung. Cara-cara ini dirancang untuk membantu mengeringkan jerawat, mengurangi peradangan, dan mencegah munculnya jerawat di masa depan.

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah salah satu jenis buah-buahan yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan jerawat.

Selain itu, asam alpha hidroksi dalam jeruk nipis dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Untuk menggunakan jeruk nipis sebagai penghilang jerawat batu di hidung, Anda bisa mencampurkan jus jeruk nipis dengan madu atau air mawar untuk membuat masker. Oleskan pada area yang berjerawat, tunggu 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Tomat

Tomat adalah buah lain yang efektif untuk mengatasi jerawat. Buah ini kaya akan vitamin C dan asam alpha hidroksi yang bisa membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengangkat sel kulit mati.

Cara menggunakannya hampir sama dengan jeruk nipis. Anda bisa mencampurkan jus tomat dengan madu atau air mawar, kemudian aplikasikan sebagai masker. Tunggu 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Pepaya

Pepaya adalah buah yang kaya akan vitamin dan enzim yang bisa membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Enzim papain dalam pepaya bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori.

Gunakan pepaya yang sudah matang, haluskan, dan oleskan sebagai masker. Biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas.

Baca Juga: 7 Penyebab Bopeng dan Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah

4. Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung asam alpha hidroksi yang bisa membantu membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati. Anda bisa mengeringkan kulit jeruk, lalu tumbuk hingga halus dan campurkan dengan air untuk membuat masker.

5. Buah-buahan lainnya

Selain buah-buahan yang disebutkan di atas, Anda juga bisa mencoba buah-buahan lain seperti pisang, strawberry, dan kiwi. Buah-buahan ini kaya akan vitamin dan antioksidan yang bisa membantu mengatasi jerawat.

6. Kentang

Kentang adalah bahan alami lain yang bisa Anda coba di rumah untuk mengatasi jerawat. Sayuran ini kaya akan vitamin C yang bisa membantu mengeringkan jerawat dan mengurangi nyeri.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mengoleskan jus kentang pada area yang berjerawat dan bilas setelah 15-20 menit.

7. Perawatan Medis

Jika cara-cara di atas belum berhasil, mungkin Anda perlu beralih ke perawatan medis. Beberapa opsi yang mungkin disarankan oleh dokter Anda meliputi penggunaan obat topikal, antibiotik, atau bahkan prosedur medis seperti peeling kimia atau laser.

Efek Samping dan Pencegahan Jerawat Batu di Hidung

Pada beberapa orang, penggunaan bahan-bahan alami bisa menimbulkan efek samping seperti iritasi atau alergi.

Oleh karena itu, selalu lakukan tes patch terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan bahan-bahan ini ke seluruh wajah Anda. Selain itu, hindari memencet jerawat karena ini bisa memperburuk peradangan dan meninggalkan bekas jerawat.

Sebagai langkah pencegahan, penting untuk menjaga kulit Anda tetap bersih dan terhidrasi. Selalu cuci wajah Anda dua kali sehari, gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda, dan selalu gunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan.

Ingatlah, konsultasikan selalu dengan dokter atau ahli kulit jika jerawat Anda parah atau tidak merespon terhadap pengobatan rumahan.

Jerawat batu di hidung memang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Namun, dengan pemahaman yang tepat tentang penyebab dan pengobatan yang efektif, jerawat batu ini bisa Anda atasi.

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, sehingga apa yang bekerja untuk satu orang mungkin tidak bekerja untuk orang lain. Oleh karena itu, penting untuk mencoba berbagai metode dan menemukan apa yang paling efektif untuk Anda.

Baca Juga: Contoh Ruam Sifilis dan Perbedaan dengan Ruam Kulit Jerawat

Kapan Harus ke Dokter?

Ketika Anda mengalami masalah ini, Anda bisa datang ke Klinik Kulit Jakarta milik Klinik Utama Pandawa. Adapun Klinik Utama Pandawa merupakan Klinik Kulit Kelamin yang memiliki tenaga medis berpengalaman dan terpercaya.

Pertanyaan Terkait Jerawat Batu di Hidung

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan terkait jerawat batu di hidung. Beberapa pertanyaan yang umumnya orang tanyakan antara lain:

Jerawat batu di hidung berisi apa?


Penyakit kulit ini biasanya muncul di area hidung dan terasa keras. Jerawat batu ini berisi kotoran, minyak, dan bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori kulit.

Ketika jerawat batu ini pecah, bisa menyebabkan peradangan dan bekas hitam yang sulit hilang. Oleh karena itu, perawatan yang tepat sangat penting untuk mengatasi jerawat batu agar kulit tetap sehat dan bebas dari masalah jerawat. 

Apakah jerawat batu bisa hilang dengan sendirinya?


Banyak orang bertanya-tanya apakah jerawat batu bisa hilang dengan sendirinya. Sayangnya, jerawat batu ini tidak akan hilang dengan sendirinya.

Dalam beberapa kasus, jerawat batu membutuhkan perawatan medis seperti pengobatan topikal atau intervensi dokter seperti pemberian suntikan kortikosteroid.

Penting bagi kita untuk tetap menjaga kebersihan kulit dan konsultasi dengan dokter jika mengalami jerawat batu yang persisten. 

Apa obat jerawat batu di hidung?


Untuk mengobati jerawat batu di hidung, terdapat beberapa obat yang bisa digunakan. Salah satunya adalah obat topikal yang mengandung bahan aktif seperti asam salisilat atau benzoil peroksida.

Selain itu, penggunaan antibiotik oral juga dapat membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat batu.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat-obatan ini untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit individu. 

Referensi:

Share: