Search
Close this search box.

Botox Wajah – Manfaat, Prosedur, dan Efek Samping

Botox wajah merupakan salah satu treatment yang banyak orang-orang lakukan untuk mendapatkan wajah yang lebih sehat, muda, dan cerah. Namun meski begitu, banyak orang yang masih belum mengetahui sepenuhnya soal botox wajah.

Oleh sebab itu kita bakal membahas seputar botox wajah. Dengan begini Anda bisa mengetahui lebih dalam dan detail mengenai treatment botox wajah, berikut ulasan lengkapnya.

Apa itu Botox Wajah?

Facial Botox, juga biasa orang kenal sebagai Botox Cosmetic, adalah perawatan kosmetik non-bedah yang melibatkan penyuntikan racun saraf yang bernama toksin botulinum tipe A ke dalam otot-otot wajah tertentu.

Racun saraf ini untuk sementara melumpuhkan atau mengendurkan otot-otot yang menjadi target, yang mengarah pada pengurangan munculnya kerutan dan garis-garis halus.

Botox berasal dari bakteri Clostridium botulinum dan bekerja dengan memblokir sinyal saraf ke otot, mencegahnya berkontraksi.

Ini terutama menargetkan kerutan dinamis, akibat gerakan otot yang berulang, seperti garis kerutan di antara alis, garis dahi, dan kerutan di sekitar mata.

Prosedur ini biasanya bisa dilakukan oleh profesional kesehatan yang berkualifikasi, seperti dokter kulit atau ahli bedah plastik.

Cara Awet Muda?? Botox Filler Untuk Anti Aging, Berapa Harganya? (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Mereka menggunakan jarum yang sangat halus untuk menyuntikkan Botox dalam jumlah kecil ke otot yang menjadi target.

Perawatannya relatif cepat, biasanya hanya memakan waktu beberapa menit, dan umumnya dapat Anda toleransi dengan baik oleh kebanyakan orang.

Efek Botox wajah tidak langsung dan biasanya terlihat dalam beberapa hari hingga seminggu setelah injeksi. Hasilnya umumnya bertahan selama tiga hingga enam bulan, tergantung pada individu dan area yang dirawat.

Artikel Lainnya: Iniloh 6 Tanda Kamu Butuh Suntik Botox!

Manfaat Botox Wajah

Ada beberapa manfaat botox wajah yang bisa Anda dapatkan. Beberapa manfaat botox wajah antara lain sebagai berikut ini:

  • Pengurangan kerutan dan garis halus
  • Non-bedah dan invasive minimal
  • Prosedur cepat dan waktu pemulihan minimal
  • Hasil yang bisa Anda sesuaikan dan Nampak alami
  • Efek jangka panjang
  • Perawatan untuk berbagai kondisi

Penting untuk dicatat bahwa pengalaman dan hasil individu dapat bervariasi, dan kesesuaian Botox sebagai pilihan perawatan harus didiskusikan dengan tenaga medis ketika Anda melakukan konsultasi.

Prosedur Botox Wajah

Botox Wajah
Botox Wajah

Prosedur treatment ini biasanya melibatkan beberapa langkah. Lantas apa saja prosedur treatment tersebut? Berikut pembahasan lengkapnya:

1. Konsultasi

Langkah pertama adalah menjadwalkan konsultasi dengan profesional kesehatan yang berkualifikasi, seperti dokter kulit atau ahli bedah plastik, yang berpengalaman dalam memberikan Botox.

Selama konsultasi, Anda akan membahas kekhawatiran Anda, hasil yang Anda inginkan, riwayat kesehatan, dan potensi kontraindikasi atau risiko yang terkait dengan perawatan.

2. Persiapan

Pada hari prosedur, profesional perawatan kesehatan akan membersihkan area perawatan dan mungkin mengoleskan anestesi topikal atau kompres es untuk membuat area tersebut mati rasa dan meminimalisir rasa tidak nyaman.

3. Proses Injeksi

Dengan menggunakan jarum yang sangat halus, profesional perawatan kesehatan akan menyuntikkan Botox dalam jumlah kecil ke otot-otot wajah yang menjadi target.

Jumlah suntikan dan area spesifik yang mendapatkan perawatan akan bergantung pada kebutuhan dan tujuan pribadi Anda.

4. Perawatan pasca-treatment

Setelah injeksi, Anda mungkin mengalami sedikit kemerahan atau bengkak di tempat suntikan, tetapi ini biasanya mereda dengan cepat.

Tenaga medis bisa memberikan instruksi khusus mengenai perawatan pasca perawatan, seperti menghindari olahraga berat, paparan panas yang berlebihan, atau berbaring selama beberapa jam setelah prosedur.

5. Hasil dan Tindak Lanjut

Efek Botox tidak langsung dan biasanya terlihat dalam beberapa hari hingga seminggu setelah penyuntikan. Seiring waktu, otot yang Anda targetkan akan mengendur, dan munculnya kerutan dan garis akan berkurang.

Perlu Anda catat bahwa detail yang tepat dari prosedur Botox wajah dapat bervariasi berdasarkan teknik profesional perawatan kesehatan dan kebutuhan spesifik individu.

Kapan Perlu Perawatan Botox Wajah?

Perawatan Botox wajah dapat dipertimbangkan dalam berbagai situasi, tergantung pada kebutuhan dan tujuan individu. Beberapa hal yang memungkinkan Anda melakukan perawatan botox wajah antara lain:

  • Wajah mengalami kerutan
  • Tindakan pencegahan
  • Pengurangan kerutan
  • Pengangkatan alis
  • Keringat berlebih
  • Manajemen migraine

Penting untuk Anda catat bahwa keputusan untuk menjalani perawatan Botox harus dilakukan dengan berkonsultasi dengan profesional perawatan kesehatan yang berpengalaman serta terpercaya.

Jika Anda ingin melakukan botox wajah, Anda bisa datang dan konsultasi ke Klinik Face Contouring di Klinik Utama Pandawa untuk mendapatkan botox treatment yang tepat.

Klinik Pandawa memiliki layanan treatment kulit dan Klinik Pandawa merupakan Klinik Botox Jakarta dan Klinik Kulit dan Kelamin yang terbaik di Indonesia. Silahkan konsultasi dokter online secara gratis tentang botox wajah di Klinik Pandawa (Rahasia Terjamin).

Pantangan Setelah Botox Wajah

Ada beberapa pantangan setelah treatment ini, beberapa pantangannya wajib Anda ketahui agar hasilnya bisa maksimal dan Anda terhindar dari berbagai hal yang tidak Anda inginkan:

  • Hindari menyentuh atau menggosok area yang terkena treatment
  • Menahan diri dari aktivitas fisik berat
  • Hindari berbaring dalam waktu lama
  • Tetap dalam posisi tegak setelah prosedur
  • Lebih selektif dalam memilih skincare

Ingat, rekomendasi ini adalah panduan umum, dan sangat penting untuk berkonsultasi dengan tenaga medis untuk mendapatkan saran yang bagus mengenai hal ini.

Efek Samping Suntik Botox Wajah

Sementara injeksi treatment tersebut umumnya dianggap aman bila diberikan oleh tenaga medis terpercaya dan berpengalaman, ada potensi efek samping yang dapat terjadi.

Efek samping ini dapat bervariasi dalam tingkat keparahan dan durasi di antara individu.

Sejumlah efek samping yang mungkin bisa terjadi antara lain sebagai berikut:

  • Memar
  • Bengkak
  • Rasa sakit atau tidak nyaman
  • Sakit kepala
  • Kelopak mata atau alis terkulai
  • Mata kering atau air mata berlebihan
  • Gejala mirip flu

Penting untuk dicatat bahwa efek samping yang serius dari suntikan Botox jarang terjadi. Namun, jika Anda mengalami efek samping yang parah atau terus-menerus, sangat penting untuk segera mencari pertolongan medis.

Pertanyaan Terkait Botox Wajah

Ada sejumlah pertanyaan terkait botox wajah yang biasa orang tanyakan. Beberapa pertanyaannya antara lain sebagai berikut:

Botox Wajah Apakah Aman?


Botox wajah aman dilakukan selama yang melakukan adalah tenaga medis yang sudah berpengalaman serta terpercaya

Berapa Harga Suntik Botox di Wajah?


Harga suntik botox di wajah beragam tergantung klinik tempat Anda melakukan treatment dan tergantung dari hal lainnya seperti biaya dokter dan obatnya.

Berapa Lama Botox Bisa Bertahan?


Hasilnya biasanya bertahan selama tiga hingga enam bulan, tergantung pada individu dan area yang dirawat.

Referensi:

Share: