Search
Close this search box.

Biaya Operasi Labiaplasty di Jakarta 2023 – Klinik Pandawa

Labiaplasty adalah prosedur pembedahan untuk mengurangi ukuran labia minora, lipatan kulit yang mengelilingi ureta dan vagina Anda.

Selain alasan rasa ketidaknyamanan, seseorang melakukan labiaplasty biasanya untuk alasan kosmetik dan sebagai bagian dari operasi pengesahan gender.

Ada banyak hal yang menarik untuk diketahui soal labiaplasty, salah satunya adalah mengenai biaya labiaplasty di Jakarta, Indonesia. Penasaran? Berikut pembahasan lengkapnya.

Pengertian Labiaplasty

Labiaplasty adalah prosedur pembedahan untuk memperkecil atau memperbesar ukuran labia. Operasi labiaplasty untuk memperbaiki penampilan labia, mengurangi rasa tidak nyaman fisik, atau sebagai bagian dari operasi pengesahan gender.

Buat yang belum tahu, labia adalah lipatan kulit di sekitar lubang vagina Anda. Setidaknya Anda punya dua lipatan kulit. Lipatan luar disebut labia mayora yang berfungsi melindungi organ genital luar Anda.

Sedangkan lipatan bagian dalam atau labia minora yang berfungsi melindungi pembukaan uretra (tempat kencing keluar dari tubuh) dan vagina.

Artikel Lainnya: 3 Jenis Operasi Vagina yang Harus Diketahui

Alasan Melakukan Labiaplasty

Ada dua alasan yang membuat Anda mungkin harus melakukan labiaplasty. Dua alasan tersebut adalah secara kosmetik dan medis. Berikut alasan melakukan labiaplasty baik dari sisi kosmetik dan medis:

1. Labiaplasty Secara Medis

  • Untuk memperkecil ukuran labia minora agar tidak menonjol keluar dari tepi labia mayora. Ketika ini terjadi, rasa tidak nyaman bisa terjadi dan mengganggu saat latihan.
  • Untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan karena kelebihan jaringan bisa mempersulit pembersihan dan menampung bakteri yang menyebabkan berkembangnya infeksi saluran kemih.

2. Labiaplasty Secara Kosmetik

  • Mengembalikan penampilan yang lebih muda usai melahirkan atau saat mengalami penuaan.
  • Mengurangi bentuk yang tidak rata saat labia minora atau labia mayora berbeda satu sama lain.
  • Untuk meningkatkan rasa percaya diri dan menghilangkan garis visual, tonjolen, saat mengenakan celana atau legging yang sesuai dengan tubuh.
  • Untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kenyamanan khususnya saat berhubungan intim.

Berapa Biaya Operasi Labiaplasty?

Biaya operasi labiaplasty di Jakarta berbeda-beda tergantung dengan dokter atau Klinik Kulit dan Kelamin tempat Anda melakukan konsultasi serta operasi.

Sebagai contoh, di Inggris, biaya labiaplasty sekitar £2.000 hingga £4.000. Ini masih belum termasuk ke dalam perawatan lanjutan serta konsultasi.

Di Indonesia, Anda bisa mendapatkan harga terjangkau untuk operasi labiaplasty di Klinik Utama Pandawa. Klinik ini merupakan klinik terbaik dan terpercaya di Indonesia untuk labiaplasty. Silahkan konsultasi dokter online gratis di sini terkait harga operasi labiaplasty (Rahasia Terjamin):

Namun satu yang pasti, sebelum melakukan operasi labia minora atau labiaplasty, Anda wajib melakukan konsultasi secara detail dengan dokter atau Klinik Kulit dan Kelamin terpercaya agar mendapatkan hasil terbaik yang memuaskan.

Dapatkan promo labiaplasty disini: Promo Labiaplasty

Untuk lebih jelas tentang harga labiaplasty, Anda bisa langsung melakukan konsultasi dengan Klinik Utama Pandawa.

Klinik Pandawa merupakan Klinik Ginekologi Jakarta dan Klinik Kulit dan Kelamin yang memiliki dokter terpercaya dan berpengalaman, staf medis yang ramah serta cekatan, dan fasilitas serta teknologi canggih.

Untuk mendapatkan detail biaya operasi labiaplasty di Jakarta, Anda bisa langsung konsultasi di Klinik Utama Pandawa atau datang langsung ke Klinik Utama Pandawa di Gedung Baja Tower B, Lt. GF2, Jl. Pangeran Jayakarta No.55, RT.1/RW.9, Mangga Dua, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Source: Youtube / Klinik Utama Pandawa

Apakah Operasi Labiaplasty Menyakitkan?

Ketika operasi dilakukan, Anda biasanya akan mengalami rasa tidak nyaman, sedikit nyeri, dan pembengkakan. Namun tidak perlu khawatir karena efek ini bisa ditangani dengan obat-obatan dari dokter.

Melakukan kompres juga bisa menjadi solusi untuk mengembalikan kembali rasa tidak nyaman Anda. Selain itu Anda mungkin bakal diberikan resep antibiotik oral atau antibiotik topikal untuk dioleskan pada luka operasi untuk mencegah infeksi.

Di samping itu, mengenakan celana dan pakaian dalam yang longgar ketika masa penyembuhan juga bisa membantu. Celana atau celana dalam yang ketat bisa menyebabkan gesekan pada luka hingga memperlambat penyembuhan.

Berapa Lama Anda Sembuh Pasca Operasi?

Labiaplasty mengharuskan Anda untuk beristirahat hingga dua minggu agar pemulihan bisa maksimal. Selain itu, butuh waktu beberapa bulan supaya kulit bisa pulih sepenuhnya. Yang perlu Anda perhatikan terkait penyembuhan labiaplasty adalah sebagai berikut:

  • Menjaga area vagina tetap bersih dan bebas dari infeksi
  • Menggunakan pakaian dalam dan pakaian longgar untuk mencegah gesekan
  • Hindari aktivitas seks selama sekitar 6 minggu
  • Hindari aktivitas fisik selama 6 hingga 12 minggu
  • Gunakan pembalut yang bukan tampon selama beberapa minggu

Baca Juga: Operasi Labiaplasty, Solusi Bibir Miss V Tampil Sexy & Kencang

Jenis-jenis Operasi Labiaplasty

Operasi Labiaplasty
Ilustrasi Operasi Labiaplasty Jakarta

Ada beberapa jenis operasi labiaplasty yang bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi Anda. Beberapa jenis tersebut juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut adalah jenis-jenis labiaplasty yang bisa Anda ketahui:

1. Trim (Linear) Technique

Trim adalah metode umum labiaplasty dan merupakan teknik yang paling lama digunakan dibandingkan teknik lainnya.

Teknik yang satu ini sangat terkenal dan relative bebas risiko. Metode yang satu ini bisa mengurangi ukuran labia bagian dalam, meningkatkan kesimetrisan lahial, dan mencerahkan labia yang gelap.

2. Wedge Technique

Metode Wedge adalah teknik labiaplasty terbaru yang semakin populer karena hasilntya terlihat alami. Prosedur yang satu ini telah digunakan sejak tahun 1990-an dan dipraktikan baik oleh sebagian besar ahli bedah plastik.

Metode ini memiliki keunggulan untuk mempertahankan tepi luar alami labia. Selain itu teknik ini juga menghindari sayatan di dekat klitoris dan rasa tidak nyaman yang timbul.

3. De-Ephithelialization Technique

Metode yang satu ini juga berfungsi untuk mempertahankan bagian luar alami labia namun dengan menghilangkan jaringan dan bagian dalam di dalam labia.

Manfaat dari labia tepi luar labia bisa tetap utuh, bekas luka juga hanya berada di dalam labia saja bukan di tepi atau dinding luar.

Baca Juga: Vaginoplasty, Solusi Miss V Kembali Kencang Pasangan Makin Nempel!

Pertanyaan Terkait: Operasi Labiaplasty

Labiaplasty Apa Artinya?


Labiaplasty merupakan prosedur operasi untuk mengurangi ukuran labia minora dan tidak boleh dilakukan pada anak perempuan di bawah 18 tahun karena labia biasanya berkembang terus usai pubertas sampai awal masa dewasa.

Berapa Lama Penyembuhan Labiaplasty


Penyembuhannya membutuhkan waktu sekitar dua minggu sehingga ketika Anda melakukan operasi ini, Anda disarankan untuk cuti selama dua minggu. Khusus untuk aktivitas fisik berat dan berolahraga, Anda disarankan rehat sejenak selama enam sampai 12 minggu.

Berapa Biaya untuk Operasi Plastik?


Biaya untuk operasi plastik berbeda-beda tergantung dengan dokter dan tempat Anda melakukan operasi tersebut. Selain itu konsultasi sesudah dan sebelum operasi dilakukan juga memiliki tariff yang berbeda-beda.

Referensi:

Share: