Search
Close this search box.

Bahaya Gonore pada Pria dan Wanita – Klinik Pandawa

Gonore merupakan sebuah infeksi menular seksual yang umum Anda temui. Gonore kebanyakan tidak menimbulkan gejala terutama pada wanita. Sebagai salah satu penyakit yang menular, gonore akan menimbulkan bahaya pada diri Anda.

Anda membutuhkan perawatan sesegera mungkin untuk mencegah masalah jangka panjang. Lantas apa saja bahaya gonore yang wajib Anda ketahui? Berikut pembahasan lengkapnya.

Apa itu Gonore?

Gonore atau kencing nanah adalah infeksi menular seksual (IMS) umum akibat bakteri yang bernama Neisseria gonorrhoeae (N. gonorrhoeae). Penyakit ini juga banyak tenaga medis sebut sebagai The Clap. Penyakit gonore dapat menyebar melalui cairan seksual, termasuk air mani dan cairan vagina.

Penyebab gonore karena hubungan seksual, seks anal, seks oral, atau berbagi mainan seks dengan orang yang terinfeksi penyakit tersebut. Pada dasarnya, gonore tidak menimbulkan gejala.

Hal ini membuatnya mudah untuk terinfeksi pasangan tanpa sadar. Sering-seringlah Anda melakukan tes dan menerapkan praktik seks yang lebih aman akan mengurangi risiko Anda terinfeksi.

Artikel Lainnya: Gonore Tenggorokan: Gejala, Penyebaran, dan Pengobatan

Siapa Saja yang Bisa Kena Gonore?

Siapapun yang aktif secara seksual dari segala rentang usia atau jenis kelamin punya kesempatan besar terkena gonore dan menularkannya ke pasangan mereka. Bahkan Anda bisa menularkan infeksi ke anak Anda yang baru lahir ketika melahirkan.

  • Selain itu, Anda berisiko lebih besar terkena infeksi jika Anda:
  • Berusia di bawah 25 tahun.
  • Memiliki riwayat IMS.
  • Berhubungan seks dengan satu atau lebih pasangan yang belum dites negatif gonore.
  • Adalah orang dengan penis yang berhubungan seks dengan orang lain dengan penis (laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki/LSL).
TanyaDokter #Eps3 Ciri-Ciri Penyakit Gonore atau Kencing Nanah (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Apakah Gonore Umum?

Gonore adalah IMS paling umum kedua akibat bakteri setelah klamidia. Infeksi gonore dan klamidia sering terjadi bersamaan. Sekitar 1,14 juta infeksi gonore baru terjadi di Amerika Serikat setiap tahun. Sekitar setengah dari infeksi ini terjadi pada orang berusia 15 hingga 24 tahun.

Apa yang Tidak Membuat Gonore Menular?

Gonore menular dan menyebar dengan mudah selama aktivitas seksual. Namun, tidak semua berhubungan intim atau adanya pertukaran cairan tubuh membuat Anda berisiko menderita gonore.

Sebaliknya, Anda juga harus tahu jika gonore tidak menular atau tidak bisa menular lewat:

  • Berciuman, berpelukan atau berpegangan tangan.
  • Berbagi makanan, minuman, atau perak.
  • Menggunakan toilet setelah orang lain.
  • Menghirup droplet setelah seseorang mengalamin bersin atau batuk.

Gejala Gonore

Ada beberapa gejala gonore yang bisa Anda ketahui. Ketika Anda merasa cocok dengan gejala tersebut Anda harus waspada. Pasalnya, bisa jadi Anda terkena penyakit ini. Beberapa gejala gonore antara lain sebagai berikut:

  • Keputihan yang tidak biasa (putih atau kuning).
  • Nyeri di perut bagian bawah atau pada panggul (perut).
  • Nyeri saat berhubungan seksual (dispareunia).
  • Merasakan seperti terbakar atau nyeri saat buang air kecil (disuria).
  • Perdarahan antar periode.

Di atas adalah beberapa gejala gonore yang wajib Anda ketahui. Dengan mengetahuinya, Anda bisa melakukan pengobatan sesegera mungkin.

Baca Juga: Kisah Penderita Gonore

Bahaya Gonore

Bahaya Gonore 1
Seorang Dokter Menjelaskan Bahaya Gonore

Orang yang mendapatkan pengobatan gonore segera dan mengikuti petunjuk pengobatan kencing nanah dengan hati-hati dapat melanjutkan kehidupan dengan normal.

Pasalnya, ketika tidak Anda obati, maka bahaya gonore akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan jangka panjang. Gonore bahkan bisa mengancam jiwa tanpa perawatan yang tepat. Lantas seperti apa bahaya gonore?

1. Bahaya Gonore pada Pria

Sedangkan bahaya dari penyakit ini pada pria antara lain sebagai berikut:

  • Infertilitas.
  • Bekas luka di uretra.
  • Peradangan pada testis.
  • Nyeri dan pembengkakan prostat.

Masalah lain jika penyakit gonore sudah menyebar ke seluruh tubuh, termasuk persendian penderita gonore menjadi nyeri dan bengkak, radang hati, serta kerusakan katup jantung dan pada otak.

2. Bahaya Gonore pada Wanita

Pada wanita, beberapa bahaya gonore yang bisa Anda ketahui antara lain sebagai berikut:

  • Penyakit gonore dapat menyebar ke organ reproduksi lainnya, termasuk saluran tuba dan rahim, serta menyebabkan penyakit radang panggul. PID dapat menyebabkan kehamilan ektopik dan kemandulan, yang dapat mengancam jiwa ibu kandung dan bayi didalam kandungan.
  • Menyebabkan masalah kesehatan mata pada bayi yang lahir dari orang tua kandung yang belum melakukan pengobatan, yang bisa menyebabkan kebutaan.
  • Penyakit kencing nanah ini dapat menyebar ke bagian tubuh yang lainnya, menyebabkan persendian mengalami nyeri dan bengkak, radang hati, serta kerusakan otak dan katup jantung.

Itulah beberapa bahaya gonore yang bisa terjadi pada wanita. Oleh sebab itu, penyakit ini harus Anda obati dan tangani sesegera mungkin.

Pada ibu hamil, bayi yang lahir dari orang tua yang melahirkan dengan gonore yang tidak terobati berisiko mengalami komplikasi seperti berat badan lahir rendah dan kebutaan.

Pengobatan Gonore

Pengobatan Gonore Kencing Nanah
Ilustrasi Pengobatan Gonore

Anda memerlukan antibiotik untuk mengobati gonore. Pasangan Anda juga akan membutuhkan perawatan sampai benar-benar sembuh sepenuhnya. CDC saat ini merekomendasikan suntikan Ceftriaxone, dengan dosis berdasarkan berat badan Anda:

  • 500 miligram Ceftriaxone jika berat badan Anda kurang dari 150 kilogram (sekitar 330 pon).
  • 1 gram Ceftriaxone jika berat badan Anda lebih dari 150 kilogram.

Jika Anda alergi terhadap Cetriaxone, tenaga medis mungkin bakal memberi Anda suntikan Gentamicin (240 miligram) dengan tambahan 2 gram Azitromisin. Anda akan meminum Azitromisin melalui mulut (secara oral).

Dokter atau tenaga medis mungkin meresepkan obat tambahan, seperti doksisiklin, untuk membersihkan koinfeksi dengan klamidia. Ikuti instruksi tenaga medis Anda tentang obat apa yang harus Anda minum dan kapan.

Sayangnya, perlu Anda catat jika perawatan atau pengobatan tidak bisa melakukan beberapa hal seperti di bawah ini:

  • Membatalkan kerusakan pada tubuh Anda yang mungkin karena infeksi sebelum perawatan.
  • Melindungi Anda dari infeksi gonore di masa depan.

Baca Juga:

Gonore Tetap Bisa Diobati

Ya. Pengobatan yang tepat dapat menyembuhkan gonore. Minumlah semua obat seperti yang diinstruksikan oleh dokter, bahkan ketika gejala Anda membaik dan Anda mulai merasa lebih baik. Juga, jangan pernah minum obat orang lain untuk mengobati penyakit Anda.

Mengetahui secara detail terkait pengobatan tersebut sejak awal akan sangat membantu. Anda bisa melakukan konsultasi di Klinik Gonore Jakarta terbaik seperti Klinik Utama Pandawa untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Klinik Pandawa memiliki layanan untuk menyembuhkan gonore. Selain itu, Klinik Pandawa merupakan Klinik Kulit dan Kelamin yang terbaik di Indonesia. Silahkan konsultasi dokter kelamin secara gratis di Klinik Pandawa (Rahasia Terjamin).

Referensi:

Share: