Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Apa Itu Penyakit Orchitis? Benarkah Bisa Menyebabkan Kemandulan? Berikut Penjelasannya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

apa itu penyakit orchitisApa Itu Penyakit Orchitis – Hai Sahabat Pandawa semuanya! Gimana kabar kalian hari ini? Semoga saja kamu beserta semua Sahabat Pandawa di mana pun berada tetap diberikan kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa ya, baik kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani.

Sahabat Pandawa, sistem reproduksi manusia sangatlah berperan penting bagi tubuh. Selain berguna untuk menghasilkan keturunan, sistem reproduksi juga memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan biologis manusia akan hasrat seksual. Jadi, jika ada gangguan pada sistem reproduksi maka akan menyebabkan masalah yang lebih serius lagi.

Ada banyak sekali gangguan reproduksi manusia, baik bagi pria ataupun wanita. Masalah reproduksi pada pria memang cenderung tidak sekompleks wanita, akan tetapi masalah yang ditimbulkan bisa lebih serius apabila tidak segera ditangan dengan baik.

Pada pria, biasanya gangguan reproduksi menimpa pria yang sudah berusia matang atau lanjut usia, meski tidak menutup kemungkinan kaum muda bisa terkena masalah yang sama. Gangguan ini umumnya terjadi pada beberapa bagian kejantanan seperti penis dan testis. Terdapat satu penyakit yang seringkali menyerang testis, yaitu orchitis.

Orchitis merupakan sebuah peradangan pada testis pria yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Penyakit ini bisa saja adalah perkembangan lebih lanjut dari penyakit epididimitis (peradangan saluran epididimis).

Sahabat Pandawa, seperti biasa kami bakal selalu memberikan informasi dan artikel kesehatan untuk semua Sahabat Pandawa berada. Artikel kesehatan yang kami bahas seputar kesehatan kulit, kesehatan kelamin, sex education, dan juga tips trik kecantikan (estetika).

Pada kesempatan kali ini kami bakal mengupas tuntas mengenai apa itu penyakit orchitis mulai dari pengertian, gejala, penyebab, bahaya komplikasi, hingga dengan cara mengobatinya. Oleh karena itu sebaiknya kamu memerhatikan artikel ini sampai selesai agar bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat. Yuk langsung aja disimak ya Sahabat Pandawa!

Apa itu penyakit orchitis?

Kamu harus terlebih dulu mengenal apa itu penyakit orchitis. Orchitis merupakan peradangan yang terjadi pada testis akibat adanya infeksi bakteri atau virus. Kondisi ini dapat terjadi pada salah satu ataupun kedua testis sekaligus. Gangguan ini pada anak paling umumnya disebabkan oleh penyebaran infeksi virus pada parotis atau gondongan.

Selain itu, penyakit orchitis juga terjadi akibat perkembangan penyakit epididimitis yang sudah semakin parah karena tidak ditangani dengan tepat. Epididimitis sendiri adalah peradangan pada saluran sperma yang berada di belakang testis.

Jika dibiarkan begitu saja tanpa penanganan yang tepat, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada testis yang berujung pada kemandulan. Akan tetapi, komplikasi tersebut tentu bisa dicegah dengan mengikuti metode pengobatan yang dianjurkan oleh dokter andrologi.

Gejala penyakit orchitis

Kamu sudah mengetahui apa itu penyakit orchitis. Setelah itu kamu pun harus mengetahui gejala penyakit ini. Gejala orchitis biasanya muncul secara mendadak. Meski ada beberapa gejala penyakit umum seperti demam, mual, dan muntah, penyakit ini juga memiliki gejala yang bisa dideteksi oleh kita. Gejala khas orchitis seperti nyeri pada testis, testis terasa berat, dan juga testis mengalami pembengakakan.

Berikut adalah gejala lengkap dari penyakit ini:

  • Demam
  • Mual dan muntah
  • Tubuh mudah lelah
  • Bengkak pada satu atau kedua testis
  • Testis terasa berat
  • Nyeri di area selangkangan
  • Nyeri pada testis
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Nyeri saat berhubungan ini dan ejakulasi
  • Terdapat darah pada sperma

Penyebab penyakit orchitis

Setelah memahami apa itu penyakit orchitis dan gejalanya, kamu juga mesti tahu apa yang menjadi penyebab penyakit ini. Orchitis disebabkan oleh adanya infeksi bakteri atau virus. Berikut adalah pembagian jenis orchitis menurut penyebabnya:

Orchitis bakteri

Terdapat beberapa jenis bakteri yang bisa menyebabkan orchitis, berikut di antaranya:

  • Escherichia coli
  • Staphylococcus
  • Streptococcus

Ketiga jenis bakteri ini juga seringkali menjadi bakteri penyebab infeksi pada saluran kemih, penyakit epididimitis, dan penyakit menular seksual lainnya. Antibiotik cukup berguna untuk melawan bakteri-bakteri tersebut.

Orchitis virus

Orchitis akibat virus paling banyak terjadi karena adanya infeksi virus penyebab gondongan yang disebut paramyxoviruses. Orchitis virus kerapkali menimpa anak laki-laki yang berusia 10 tahun ke bawah. Orchitis virus umumnya terjadi sekitar 4–6 hari setelah terkena gondongan.

Selain disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, penyakit ini juga terkadang dapat muncul tanpa adanya alas an yang pasti. Meski demikian, kasus ini cukup jarang terjadi.

Faktor risiko penyakit orchitis

Terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan seseorang terkena penyakit orchitis:

  • Berusia lebih dari 45 tahun
  • Tidak pernah vaksin MMR
  • Mengidap infeksi saluran kemih yang berulang
  • Mengalami pembesaran prostat jinak
  • Lahir dengan saluran kemih yang tak normal
  • Memakai kateter pada saluran kemih dalam waktu yang cukup lama
  • Pernah operasi kelamin atau saluran kemih
  • Pernah atau menderita penyakit menular seksual

Risiko penyakit ini juga bisa meningkat bila sering melakukan hubungan seks tidak aman seperti bergonta-ganti pasangan, tidak mengenakan kondom ketika berhubungan badan, atau berhubungan badan dengan pengidap penyakit menular seksual.

Pengobatan orchitis di Klinik Pandawa Jakarta

Kamu sudah memahami tentang apa itu penyakit orchitis mulai dari pengertian, gejala, penyebab, dan faktor risikonya. Jika kamu mengalami gejala-gejala yang sudah disebutkan tadi maka sebaiknya kamu segera menghubungi dokter andrologi untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Salah satu klinik yang mempunyai dokter andrologi adalah KLINIK PANDAWA. Klinik Pandawa mempunyai dokter andrologi yang berpengalaman dalam menangani penyakit orchitis dan juga penyakit pria lainnya seperti epididimitis dan impotensi. Sudah banyak pasien yang berhasil sembuh.

Bila kamu membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai pengobatan maka kamu dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami. Silakan klik tautan ini “KONSULTASI ONLINE GRATIS”. Kamu juga dapat menghubungi kami secara langsung lewat Whatsapp atau nomor berikut 0821-1141-0672/ 021-62313337. Segala rahasia medis terjamin.