Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Waspada Jika Kamu Mengalami Pembengkakan Testis, Bisa Jadi Tanda Terkena Penyakit Berbahaya!

Table of Contents

testis bengkak

Testis Bengkak – Ada banyak sekali gangguan dan masalah yang bisa menimpa daerah intim dan organ vital di sekitarnya. Contohnya seperti infeksi menular seksual, peradangan kepala penis (balanitis), dan juga testis yang membengkak.

Menyinggung soal testis bengkak, gangguan ini memang nyata adanya dan seringkali menimpa kaum adam dari segala usia, baik usia muda sampai dengan pria lanjut usia. Bengkaknya buah zakar akan sangat menganggu aktivitas para pria, terutama ketika sedang melakukan aktivitas seksual dengan pasangan intimnya.

Ada banyak sekali penyebab testis bengkak, mulai dari peradangan pada testis itu sendiri, peradangan saluran di dekat testis, trauma atau cedera, dan juga berbagai faktor lainnya. Maka dari itu kamu perlu mengetahui macam-macam penyebab bengkaknya testis.

Testis yang bengkak sendiri ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, terutama apabila pembengkakan sudah terjadi sangat besar dan juga testis terasa keras ketika disentuh. Bisa jadi kamu mengalami beberapa gangguan reproduksi yang berbahaya. Sebaiknya kamu segera mengonsultasikannya kepada dokter andrologi.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai testis bengkak, mulai dari pengertian, penyebab, sampai dengan cara mengatasinya. Oleh karena itu sebaiknya kamu membaca artikel ini sampai akhir supaya informasi yang kamu tangkap dapat bermanfaat. Daripada kelamaan, langsung aja yuk kita simak artikelnya Sahabat Pandawa!

 

Testis bengkak

Testis atau yang dikenal juga dengan sebutan buah zakar adalah organ reproduksi pada pria yang terletak di bawah pangkal penis. Testis ini sendiri mempunyai fungsi yang sangat penting karena bertanggung jawab atas produksi sel sperma yang diperlukan oleh pria untuk berhasil membuahi sel telur pada wanita. Oleh karena itu, cukup wajar bila laki-laki sangat khawatir saat mengalami hal aneh yang terjadi pada testis mereka.

Salah satu yang paling sering terjadi adalah testis yang membengkak. Lalu, apakah hal ini dapat membahayakan atau bahkan berdampak buruk pada kesuburan laki-laki? Sebelum melangkah lebih jauh, kamu pun harus mengetahui beberapa faktor penyebab yang membuat testis bengkak.

 

Penyebab testis bengkak

Apabila buah zakar kamu ukurannya semakin besar dan mengeras, maka sebaiknya kamu harus segera mengunjungi dokter ahli untuk melakukan konsultasi. Terutama bila pembengkakan testis ini disertai dengan berbagai gejala semisal rasa sakit, pinggang nyeri, ataupun sulit buang air kecil.

Penanganan yang semakin cepat pasti akan berdampak lebih baik. Hal ini dikarenakan ada beberapa kasus testis bengkak yang bisa berdampak buruk dan mengakibatkan berbagai komplikasi. Biasanya penyebab testis bengkak merupakan hal-hal yang sepele dan ringan, akan tetapi terkadang penyebabnya juga pula bahaya. Lantas, apa yang menjadi penyebab testis bengkak?

 

  1. Trauma dan cedera

Testis bengkak bisa terjadi akibat mengalami cedera atau luka. Contohnya seperti pernah mengalami kecelakaan sehingga organ bawah di sekitar testis terbentur. Karena laki-laki cenderung beraktivitas lebih banyak seperti berolahraga, kemungkinan terjadinya cedera pada laki-laki lebih besar.

 

Selain itu, bisa jadi testis bengkak adalah efek samping bila kamu sebelumnya pernah menjalani operasi bedah di area kelamin seperti vasektomi. Hal ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya.

 

  1. Radang testis (Orchitis)

Orchitis merupakan peradangan yang terjadi pada jaringan testis. Dampak yang ditimbulkana dalah bengkaknya testis. Penyebab tersering orchitis ialah adanya infeksi bakteri ataupun juga penyakit menular seksual (pada pria yang aktif secara seksual). Namun terkadang orchitis pun dapat disebabkan oleh infeksi virus, biasanya pada anak-anak.

 

  1. Radang saluran epididimis (Epididimitis)

Epididimitis merupakan peradangan di saluran epididimis sehingga membuat testis tampak lebih membesar. Ciri utama dari gangguan ini adalah bila diraba akan terasa semacam ada benjolan kecil yang sakit saat ditekan.

Gejala dari epididimitis bakal mirip dengan orchitis, akan tetapi selain itu epididimitis pun dapat mengakibatkan adanya darah dalam sperma saat ejakulasi.

 

  1. Torsio testis

Torsio testis adalah kondisi ketika buah zakar “terpelintir” sehingga mengakibatkan aliran darah ke testis terhenti. Hal ini sangatlah darurat dan berbahaya. Gejala dari torsio testis termasuk munculnya rasa nyeri yang parah secara tiba-tiba serta pembengkakan pada testis yang terpuntir. Penanganan dan juga perawatan sesegera mungkin sangat diperlukan untuk menyembuhkan buah zakar.

 

  1. Kanker testis

Pada beberapa kasus yang serius, testis bengkak merupakan salah satu gejala dari kanker testis. Meskipun demikian, kasus kanker testis sangat langka terjadi, cuma sekitar 1% saja dari kasus kanker pada pria dan umumnya tidak menyebar. Penyakit ini seringkali menyerang para pria yang berusia 15-44 tahun.

 

Periksakan testis bengkak di Klinik Pandawa Jakarta

Kamu telah mengetahui berbagai penyebab testis yang membesar. Masalah ini tidak boleh dibiarkan begitu saja karena bisa jadi hal ini merupakan pertanda dari penyakit-penyakit berbahaya. Oleh karena itu segera konsultasikan keluhan kamu ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Kamu bisa mengunjungi KLINIK PANDAWA untuk mengonsultasikan keluhan kamu dengan dokter kami. Klinik kami memiliki dokter ahli yang sudah berpengalaman dalam mengatasi masalah testis bengkak dan gangguan pada pria lainnya.

Bila ingin berkonsultasi mengenai masalah kamu maka dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami. Silakan klik tautan ini “KONSULTASI ONLINE GRATIS”. Kamu juga bisa mengontak kami secara langsung lewat Whatsapp atau nomor berikut 0821-1141-0672/ 021-62313337. Segala rahasia medis terjamin.

Tag