Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Apa Itu Freckles? Pengertian, Ciri-ciri, Penyebab, dan Cara Menghilangkannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

apa itu freckles

 

Apa Itu Freckles? – Hai Sahabat Pandawa, bagaimana kabar hari ini nih? Semoga Sahabat Pandawa sekalian selalu diberikan kesehatan ya! Kulit adalah bagian yang memerlukan perawatan ekstra. Hal ini disebabkan kulit dapat terkena berbagai permasalahan mulai dari penyakit hingga gangguan lainnya.

Seperti yang umum diketahui, standar kecantikan orang Indonesia adalah langsing, tinggi ideal, dan juga memiliki kulit yang putih bersih. Mengenai kulit bersih, yang dimaksud adalah tidak adanya hal mengganggu pada kulit tersebut semacam jerawat, kerutan, ataupun bintik-bintik cokelat.

Bintik-bintik cokelat tersebut biasanya terdapat di bagian wajah seperti di hidung, pipi, dan bahu. Bagi sebagian orang gangguan ini dapat mengganggu kecantikan walaupun banyak pula yang tidak mempermasalahkannya.

Seperti biasanya, Klinik Pandawa akan memberikan informasi-informasi seputar kesehatan kulit, kelamin, dan juga estetika atau kecantikan. Pada kesempatan kali ini Klinik Pandawa bakal membahas tentang gangguan bintik-bintik cokelat atau yang disebut dengan freckles mulai dari pengertian, penyebab, sampai cara menghilangkannya. Maka dari itu, simak terus artikel ini ya Sahabat Pandawa untuk penjelasan lebih lengkapnya. Yuk disimak!

Apa itu freckles?

Freckles adalah bintik-bintik cokelat yang terdapat pada kulit. Kadang, bintik-bintik yang muncul bisa beragam dalam tampilan dan juga bentuknya. Misalnya berwarna kemerahan, kekuningan, kecokelatan, cokelat muda, hingga hitam.

Kondisi ini bisa tampak secara lebih jelas saat diterpa paparan sinar matahari. Bercak-bercak ini seringkali muncul berkelompok. Paling sering ditemukan di hidung, pipi, lengan, serta bahu bagian atas.

Beberapa orang lebih rentan mengalami freckles ketimbang individu-individu lainnya. Hal ini tergantung pada warna kulit serta jenis gen yang ada di dalam tubuh.

Kondisi ini umumnya tidak membahayakan bagi kesehatan kamu. Akan tetapi, dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, bintik-bintik pada kulit kamu mungkin dapat berpotensi berubah menjadi kanker kulit apabila tidak segera ditangani dengan baik.

Terdapat dua jenis bintik-bintik kulit, yaitu bintik-bintik yang normal dan juga bintik-bintik sunburnSunburn freckles akan terlihat lebih gelap dan besar. Sunburn timbul di bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari dalam waktu lama seperti punggung bagian atas dan juga bahu atas.

Apakah freckles merupakan kondisi yang umum?

Freckles atau bintik-bintik cokelat adalah kondisi yang cukup umum terjadi. Kondisi ini bisa ditemukan pada anak-anak berumur 1 – 2 tahun.

Kondisi ini lebih sering menimpa orang-orang yang berkulit dan berambut terang (bule) ketimbang dengan orang-orang yang berkulit lebih gelap. Hal tersebut disebabkan adanya perbedaan pada produksi hormon di dalam tubuh.

Gangguan bintik-bintik pada kulit atau freckles ini merupakan kondisi yang bisa ditangani dengan cara mengendalikan faktor-faktor risiko yang ada. Untuk mengetahui info lebih lanjut tentang kondisi ini, kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter kulit.

Ciri-ciri freckles

Ciri-ciri utama freckles ialah adanya bintik-bintik kecil di area kulit. Bintik-bintik tersebut umumnya berwarna lebih gelap daripada area di sekitarnya. Ketika kulit terpapar sinar matahari langsung, bintik-bintik tersebut akan semakin tampak lebih jelas. Beberapa ahli menyebut bahwa paparan sinar matahari dapat meningkatkan jumlah freckles pada kulit.

Penyebab freckles

  • Paparan sinar matahari

Bintik-bintik kulit atau freckles merupakan sel-sel kulit yang mengandung warna kulit, yaitu melanin. Melanin ialah zat kimia yang cukup serius, sama seperti melanosit.

Paparan sinar matahari berpotensi membahayakan kulit kamu karena bisa memperparah bintik-bintik pada kulit. Terlalu banyak sinar matahari yang masuk juga bisa mengakibatkan kulit kamu terbakar, menghitam, dan belang.

Maka dari itu, kulit manusia bergantung pada pelindung utamanya, yaitu melanin. Melanin bertugas untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV (ultraviolet) matahari dengan cara memantulkan sinar tersebut atau malah menyerapnya.

  • Faktor genetik

Selain paparan sinar matahari, faktor genetik juga sangat berperan dalam timbulnya freckles pada kulit. Melanin terdiri atas pheomelanin dan eumelanin. Eumelanin bisa melindungi kulit dari radiasi sinar UV pada matahari, sedangkan pheomelanin tidak bisa melindungi kulit.

Orang-orang dengan warna kulit, rambut, dan juga mata yang gelap umumnya memproduksi eumelanin lebih banyak ketimbang orang yang berkulit dan berambut terang.

Selain itu, orang-orang yang memiliki rambut warna merah, pirang, ataupun cokelat terang serta berkulit putih lebih banyak menghasilkan pheomelanin di dalam tubuh mereka.

  • Luka bakar matahari

Luka bakar akibat sengatan matahari bisa menambah buruk freckles. Kondisi itu akan mendorong sel melanosit untuk menghasilkan lebih banyak melanin.  Hal ini sebagai respon alami dari tubuh untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sengatan sinar matahari.

Cara mengatasai freckles di Klinik Pandawa Jakarta

Setelah membaca artikel ini Sahabat Pandawa telah mengetahui apa itu freckles. Memang adanyanya bintik-bintik cokelat pada wajah dapat mengganggu kecantikan kamu. Oleh karena itu, jika kamu ingin menghilangkan freckles kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter yang memahami tentang kulit dan kecantikan.

Salah satu klinik yang memiliki dokter dan peralatan lengkap adalah KLINIK PANDAWA. Klinik Pandawa mempunyai peralatan kecantikan yang lengkap. Tentunya juga dokter yang berpengalaman dalam menangani masalah freckles. Kamu bisa melakukan treatment DERMALINFUSION untuk wajah yang dapat menghilangkan freckles dan mempercantik kulit wajah.

Jika Sahabat Pandawa perlu informasi lebih lanjut maka dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami lewat link berikut ini KONSULTASI ONLINE GRATIS.Sahabat Pandawa juga dapat menghubungi kami lewat nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.