Filler Injection: Pengertian dan Kegunaannya untuk Wajah

Filler Injection merupakan salah satu jenis prosedur kosmetik non bedah yang bisa dilakukan.

Filler Injection bisa mengobati kerutan, garis halus, dan mengembalikan volume di wajah anda. Biasanya filler injection dilakukan dengan cara menguntikan zat tepat di bawah kulit Anda.

Orang-orang memilih melakukan filler injection untuk meningkatkan fitur wajah mereka atau membuat penampilan mereka lebih muda.

Biasanya prosedur kosmetik ini bisa memakan waktu kurang dari setengah jam dengan waktu pemulihan yang minimal.

Hasil dari prosedur kosmetik ini bisa bertahan selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, dan biasanya langsung terlihat hasilnya setelah selesai operasi.

Mengapa Filler Injection Digunakan?

Seiring usia bertambah, tubuh mulai kehilangan kolagen. Perlu diketahui jika kolagen adalah zat penting di seluruh tubuh termasuk kulit, tulang, otot, dan jaringan ikat. Berkurangnya jumlah kolagen di kulit bisa membuat kulit kendur dan kehilangan volume.

Akhirnya kulit menjadi tipis, kendur, serta kehilangan elastisitasnya. Fungsi lengkapnya kurang lebih sebagai berikut:

  • Menjadikan fitur wajah lebih simetris
  • Menggemukan bibir dan pipi
  • Menambah volume pada kulit yang kendur
  • Menghaluskan kerutan di wajah

Apakah Filler Injection Umum?

Filler Injection cukup umum di dunia kecantikan. Setiap tahun di Amerika Serikat, lebih dari tiga juta orang melakukan prosedur kesehatan ini.

Tipe-tipe Filler Injection

Filler Injection
Seorang Wanita sedang Filler Injection

Ada beberapa jenis filler injection. Selain filler siap pakai yang menggunakan bahan sintetis dan zat yang secara alami ada di tubuh Anda, prosedur kesehatan ini kerap menggunakan lemak dari tubuh anda.

Sistem ini disebut pencangkokan lemak autologus yaitu lemak dari satu bagian tubuh dihilangkan dan disuntikan ke wajah anda.

Adapun tipe-tipe filler injection antara lain:

1. Asam hialuronat (HA)

Ini adalah asam alami di kulit Anda. Nantinya asam ini bisa memberikan volume kulit Anda dan membuatnya terhidrasi. Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda berhenti membuat asam hialuronat. Hasil dari suntikan HA biasanya bertahan selama enam bulan sampai satu tahun.

2. Kalsium hidroksilapatit (CaHA)

Ini merupakan filler yang biasanya terdiri dari zat di tulang Anda. Hasil dari prosedur ini bisa bertahan sampai satu tahun. Penggunaan prosedur ini biasanya untuk mengatasi kerutan yang lebih dalam dari biasanya.

3. Asam poli-L-laktat (PLLA)

Ini merupakan zat yang membantu tubuh anda menciptakan kolagennya sendiri. Zat ini biasanya digunakan untuk menghaluskan kerutan yang dalam di wajah Anda. Untuk hasilnya, prosedur ini bisa bertahan selama dua tahun atau lebih.

4. Polymethylmethacrylate (PMMA)

Ini biasanya terdiri dari kolagen dan bola yang sangat kecil untuk tetap berada di kulit anda setelah disuntiikan. Bola tersebut bisa memberikan volume pada kulti anda dan menjaganya tetap kencang.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan prosedur, melakukan diskusi dengan dokter dan Klinik Kulit terpercaya wajib sekali hukumnya agar bisa tahu mana penanganan yang tepat.

Keuntungan Filler Injection Apa?

Usai dilakukan prosedur, biasanya Anda akan langsung melihat hasilnya. Suntikan biasanya memakan waktu kurang dari satu jam dan waktu pemulihannya minimal. Hasilnya juga beragam karena masing-masing prosedur punya daya tahan yang berbeda-beda.

Faktor yang Mempengaruhi Pemulihan

Waktu pulih setiap orang-orang berbeda-beda dan ini tergantung pada beberapa hal seperti:

  • Jenis filler yang Anda dapatkan
  • Kesehatan Anda secara keseluruhan

Biasanya orang kebanyakan bisa melakukan aktivitas yang mereka sukai setelah melakukan filler injection. Anda juga biasanya direkomendasikan untuk istirahat dari olahraga berat atau aktivitas fisik selama satu atau dua hari.

Dampak dari Filler Injection

Soal filler injection, komplikasi serius jarang terjadi karena beberapa efek samping dari prosedur ini hanya bersifat sementara. Seperti halnya prosedur bedah kosmetik lain, ada risiko dari prosedur ini termasuk:

  • Penampilan menjadi asimetris
  • Kemerahan, memar, nyeri, bengkak, dan pendarahan
  • Infeksi yang bisa menyebabkan nekrosis pada kasus yang parah.
  • Kebas
  • Ruam dan gatal

Jika ada beberapa gejala yang dirasa lebih parah, maka Anda wajib berkonsultasi dengan dokter kulit atau Klinik Kulit yang sudah sangat terpercaya untuk meminimalkan dampak tersebut.

Memilih Klinik Kulit juga tidak boleh sembarangan.

Untuk melakukan filler injection dengan aman anda bisa datang ke Klinik Pandawa yang sudah berpengalaman untuk melakukan prosedur filler dengan aman. Selain alat yang bagus dan canggih, Klinik Utama Pandawa juga memiliki dokter serta staf medis yang profesional.

Ayo dapatkan PROMO FILLER INJECTION, DISKON UP TO 50% konsultasikan dengan Dokter Spesialis Estetika & Anti Aging di Klinik Utama Pandawa.

Referensi:

Share: