Mengenal Apa Itu Hymenoplasty atau Operasi Selaput Dara

Apa itu Hymenoplasty? – Halo Sahabat Pandawa, apa kabar? Semoga Anda sehat selalu ya! Norma dan adat adalah sebuah hal yang relatif dan tidak selalu sama di setiap tempat, daerah, ataupun negara. Hal ini dikarenakan perbedaan budaya dan kultur yang ada. Salah contohnya adalah keperawanan.

Kewanitaan
Mengembalikan “keperawanan” dengan hymenoplasty

Di beberapa negara, termasuk Indonesia salah satunya, keperawanan menjadi salah satu simbol bahwa wanita masih “suci”. Banyak masyarakat yang menganggap bahwa salah satu ciri keperawanan adalah masih utuhnya selaput dara. Namun, kenyataannya selaput dara bukanlah satu-satunya indikasi bahwa wanita tersebut masih perawan. Hal ini karena terdapat banyak faktor yang bisa membuat selaput dara menjadi robek.

Jangan khawatir dan panik apabila selaput daramu sudah robek meskipun belum pernah berhubungan seksual sebelumnya. Tetapi, jika kamu memang ingin mengembalikan “keperawanan” alias selaput dara seperti semula ada caranya kok. Semakin berkembangnya zaman maka terdapat penemuan-penemuan yang hebat, seperti metode hymenoplasty untuk mengembalikan selaput dara. Apa itu hymenoplasty? Kita akan bahas di bawah ini ya Sahabat Pandawa, simak terus artikel ini!

Apa itu hymenoplasty?

Hymen atau yang dikenal juga dengan selaput dara merupakan selaput tipis yang berada di bagian tengah liang Ms. V dan melapisi bukaan Ms. V. Bentuk selaput dara tiap perempuan pada umumnya berbeda. Hal itu juga sama dengan elastisitas dan ketebalannya.

Ketika selaput dara ini sobek, umumnya seorang perempuan bakal mengalami perdarahan sementara dan sedikit rasa sakit di vagina.  Sobekan pada selaput dara seringkali dianggap sebagai salah satu indikasi bahwa seorang perempuan sudah tidak perawan lagi. Pada kenyataannya, ada banyak hal selain hubungan seksual yang dapat mengakibatkan selaput dara menjadi sobek.

Untuk mengembalikan selaput dara tersebut, ada sebuah metode yang dikenal dengan hymenoplasty. Hymenoplasty atau operasi selaput dara merupakan prosedur bedah plastik yang berguna untuk memperbaiki atau merekonstruksi ulang selaput dara yang telah sobek. Dalam istilah kedokteran, prosedur ini dikenal juga dengan sebutan hymenorrhaphy.

Mengapa selaput dara bisa sobek?

Sobeknya selaput dara memang bisa terjadi kerena melakukan hubungan seksual yang melibatkan Mr. P saat melakukan penetrasi ke dalam Ms. V. Tetapi, keutuhan selaput dara tidak selalu bisa menjadi tolok ukur keperawanan seorang wanita. Hal ini dikarenakan selaput dara juga bisa sobek akibat beberapa penyebab lain seperti berikut ini:

  • Olahraga atau aktivitas fisik berat. Contohnya seperti terjatuh dari kendaraan bermotor, saat bersepeda, ataupun menunggang kuda.
  • Menggunakan tampon.
  • Masturbasi dengan menggunakan jari atau sex toy terlalu dalam.
  • Pemeriksaan kewanitaan dengan menggunakan alat khusus (seperti spekulum) yang dimasukkan ke dalam Ms. V.

Pada beberapa kasus, selaput dara sangat elastis, sehingga penetrasi seksual normal belum tentu dapat membuatnya sobek. Bahkan, ada pula wanita yang terlahir tanpa selaput dara. Oleh karena itu, tidak keluarnya darah ketika penetrasi seksual pertama kali dilakukan bukan menjadi penentu bahwa seorang wanita sudah tidak perawan.

Lagi pula, sebenarnya definisi keperawanan yang sesungguhnya adalah seorang wanita yang belum pernah atau tidak pernah melakukan hubungan seksual secara penetratif (memasukkan Mr. P ke dalam Ms. V).

Jadi secara medis, operasi hymenoplasty tidak bisa mengembalikan “keperawanan” seorang perempuan. Akan tetapi, prosedur ini bisa membantu memperbaiki organ intim perempuan agar terlihat seperti belum pernah berhubungan seks.

Apa manfaat melakukan hymenoplasty?

Perempuan yang ingin mengembalikan struktur asli selaput dara mereka dapat menjalani metode ini. Berikut ini merupakan alasan umum para perempuan yang ingin melakukan operasi selaput dara:

  • Mendapatkan status dan tanda “keperawanan” saat menikah. Umumnya, alasan ini didesak oleh tuntutan sosial serta kehormatan diri dan keluarga.
  • Memperbaiki selaput dara yang sobek akibat kekerasan seksual atau pemerkosaan. Prosedur ini diharapkan bisa memberikan “kelegaan emosional” serta psikologis bagi korban.
  • Memperbaiki selaput dara yang rusak karena cedera saat bersepeda, menunggang kuda, ataupun terjatuh dari motor.
  • Memberikan kepuasan kepada pasangan dengan adanya sensasi keluar darah seolah-olah masih perawan.

Bagaimana cara melakukan hymenoplasty?

Setelah Sahabat Pandawa membaca beberapa hal seputar metode hymenoplasty, mungkin Anda ingin mengembalikan selaput dara karena faktor-faktor di atas tadi. Anda juga bisa merekomendasikan cara ini kepada teman atau rekan sejawat yang memerlukannya. Namun, tidak boleh asal dalam memberikan rekomendasi tempat yang bisa melakukan operasi ini.

Salah satu klinik yang melayani operasi hymenoplasty adalah KLINIK PANDAWA . Kami telah berpengalaman dalam melakukan operasi dan masalah kewanitaan lainnya. Oleh karena itu, Klinik Pandawa bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk Anda yang ingin menjalani metode hymenoplasty ini.

Apabila kamu membutuhkan informasi lebih lanjut maka bisa melakukan KONSULTASI ONLINE GRATIS dengan dokter kami lewat link berikut bit.ly/rollkonsul. Kamu juga dapat menghubungi kami lewat nomor nomor  0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Share:

Satu pemikiran pada “Mengenal Apa Itu Hymenoplasty atau Operasi Selaput Dara”

Komentar ditutup.