8 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Selain menjumpai bibir kering dan pecah-pecah pada orang yang sedang berpuasa, ada satu gangguan lain yaitu aroma bau mulut. Kondisi tersebut sebenarnya wajar terjadi tetapi bisa mengganggu kenyamanan dan percaya diri menurun. Tubuh yang sedang berpuasa tidak makan dan minum selama 12 jam tentu membuat gangguan bau mulut muncul. Kondisi ini lantas jangan Anda biarkan, Anda perlu mencari cara menghilangkan bau mulut saat puasa di bawah ini ya…

cara menghilangkan bau mulut saat puasa

Penyebab bau mulut saat puasa

Tak hanya kondisi mulut kering karena berpuasa tidak makan dan minum ada beberapa penyebab bau mulut saat puasa.

Kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut tentu menjadi pemicunya terlebih bila jarang menyikat gigi ataupun membersihkan lidah.

Selain itu, penyebab bau mulut saat puasa juga bisa dipengaruhi bila memiliki gigi berlubang, penyakit gusi, infeksi stomatitis, dan sariawan.

Faktor risiko yang dapat membuat Anda mengalami bau mulut saat berpuasa saat memiliki penyakit asam lambung tinggi, diabetes, penyakit ginjal, infeksi jamur pada mulut, gangguan hati maupun infeksi saluran pernapasan.

Begitu juga bila Anda perokok aktif, penikmat kopi, peminum alcohol, menyirih, sangat memungkinkan mulut memiliki aroma tak sedap.

Jika sudah mengalami gangguan mulut ini, tidak ada salahnya berkonsultasi pada dokter ahli dan mencoba cara menghilangkan bau mulut dengan aman.

BACA JUGA: 8 Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa Layak Dicoba!

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa

Pada dasarnya, bau mulut tidak menyerang saat orang berpuasa saja tapi bisa kapan pun. Gangguan ini tentu mengganggu komunikasi dan percaya diri menurun.

Meski sedang berpuasa, bukan berarti kita tidak dapat menghilangkan aroma tak sedap dari mulut. Anda bisa mencoba cara menghilangkan bau mulut saat puasa berikut ini.

Sikat gigi dengan rutin

Rutin sikat gigi selain pagi dan malam saat sahur, tidak ada salahnya melakukan sikat gigi di siang hari. Hal ini bisa menjadi cara menghilangkan bau mulut saat puasa karena membuat mulut segar dan menghempas bakteri berkembang biak.

Tak lupa juga, untuk turin mengganti sikat gigi setiap dua atau tiga bulan sekali untuk menghindari pertumbuhan bakteri.

Gunakan cairan pembersih mulut

Setelah sikat gigi tidak ada salahnya Anda berkumur lagi dengan obat kumur atau mouthwash. Pilihlah mouthwash tanpa alcohol dan pastikan memiliki antibacterial mulut. Anda juga bisa membawa dan memakainya kapan pun ketika dibutuhkan. Cara menghilangkan bau mulut saat puasa dengan berkumur ini sangat membantu. Penapasan dan bau mulut Anda lebih segar dan percaya diri.

Membersihkan lidah agar terhindar bau mulut

Bila merasa napas menjadi kurang sedap dan bau mulut, Anda bisa mencoba cara menghilangkan bau mulut saat puasa dengan sikat pembersih lidah. Beberapa alat ini terkadang sudah ada yang tergabung dalam sikat gigi maupun terpisah tanpa sikat gigi.

Saat memakai sikat pembersih lidah, Anda tidak perlu gunakan pasta gigi untuk membersihkan lidah. Perlu diingat, pastikan sikat pembersih lidah Anda harus selalu dalam keadaan higienis.

Hindari minuman berkafein

Saat berbuka puasa atau sahur hindari minuman berkafein seperti kopi maupun teh. Pasalnya, kedua jenis minuman ini memiliki efek diuretic yang dapat membuat mulut cepat kering. Jadi, sebaiknya utamakan berbuka dengan air mineral.

BACA JUGA: Masturbasi Saat Hamil, Yes or No? Simak Penjelasannya

Hindari makanan tinggi gula dan garam

Hindari mengonsumsi makanan yang tinggi akan garam dan gula untuk menghindari dehidrasi selama berpuasa. Sebaiknya, konsumsilah makanan yang dapat menutrisi cairan tubuh sehingga terhindar dari mulut kering. Seperti perbanyak minum air mineral, 8 gelas setiap hari dan buah-buahan.

Manfaatkan jus buah penuh vitamin

Jus buah seperti nanas, dipercaya efektif sebagai cara mengatasi bau mulut saat puasa. Buah nanas memiliki kandungan yang dapat mengatasi masalah radang dalam tubuh. Selain itu, ada pula senyawa bromelain yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan masalah infeksi akibat bakteri.

Selain buah nanas Anda juga bisa mencoba menu buah lain sebagai menu berbuka. Seperti buah timun suri yang mana menyegarkan dan memanjakan lidah ketika berbuka. Timun suri juga mampu mengganti cairan tubuh yang hilang.

Bau mulut hilang dengan hindari makanan beraroma menyengat

Hindari makanan beraroma menyengat ketika sahur, misalnya jengkol, pete, bawang atau bawang bombai. Sebab, hal tersebut dapat memicu bau napas tidak sedap.

Penuhi Kebutuhan cairan tubuh

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa maupun tidak berpuasa, Anda bisa mencoba dengan perbanyak minum air mineral. Tubuh yang kekurangan cairan lantas membuat mulut kering. Kondisi ini mampu memicu bibir kering dan pecah-pecah. Sebab itu, kondisi ini jangan Anda biarkan, ya.

BACA JUGA: Penyebab Bau Badan yang Bisa Bikin Kamu Gak Pede!

Kapan harus ke dokter?

Jika sahabat pandawa, merasakan bau mulut disebabkan oleh infeksi jamur atau gangguan lainnya. Jangan tunggu parah, segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan sebelum terlambat. Hubungi layanan konsultasi Kami via SMS/TLP/ CHAT di nomor 0821-1141-0672 atau klik KONSULTASI GRATIS. Rahasia terjamin.

Tim Medis Klinik Utama Pandawa
Share: