Search
Close this search box.

Masturbasi Saat Hamil, Yes or No? Simak Penjelasannya

Meski masih tabu, masturbasi pada wanita sebenarnya hal yang lumrah. Pasalnya, masturbasi merupakan aktivitas seks yang dilakukan sendiri untuk kepuasan sendiri. Tapi, bagaimana bila keinginan masturbasi saat hamil timbul? Amankah atau adakah manfaat masturbasi saat hamil? Mari kita bahas bersama di bawah ini ya, Sahabat pandawa.

aman, inilah manfaat masturbasi saat hamil

Banyak isu atau rumor beredar mengenai aman atau tidaknya masturbasi saat hamil. Akibatnya, banyak ibu hamil yang tidak berani atau ragu “bermain”. Aktivitas seks atau masturbasi saat hamil yang dilakukan dengan aman dapat memberikan manfaat kesehatan bumil, seperti menurunkan stress hingga melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

 

Amankah masturbasi saat hamil?

Pasalnya, seks atau masturbasi sekalipun merupakan aktivitas yang aman dan telah menjadi kebutuhan seseorang untuk dilakukan. Bahkan, beberapa tenaga medis dan dokter ahli menganjurkan karena seks atau masturbasi saat hamil mampu memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Bagi wanita hamil, akan ada perubahan hormon dan perubahan bentuk tubuh. Kondisi ini tentu mempengaruhi mood bagi wanita hamil. Tubuh yang berisi atau ‘montok’ dan pengaruh hormon gairah yang ikut meningkat maka memicu keinginan untuk mencurahkan hasrat seks.

Sehingga bumil tidak perlu khawatir atau ragu bila hasrat tersebut muncul. Bumil juga bisa berkonsultasi dengan dokter ahli seputar seks saat hamil. Beberapa kondisi ibu hamil yang berisiko tidak dianjurkan namun apabila risiko rendah, aktivitas ini cukup aman dilakukan.

 

BACA JUGA: Cara Merontokan Kutil Kelamin, Ampuh Tanpa Efek Samping!

Manfaat masturbasi saat hamil

Seks atau masturbasi saat hamil dapat meredakan sejumlah keluhan yang sering muncul, seperti nyeri punggung bagian bawah, mual dan muntah, hingga kaki bengkak saat hamil.

Saat melakukan aktivitas seks ini, tubuh Bumil akan menghasilkan hormon endorfin yang mampu memperbaiki suasana hati atau mood, serta meringankan rasa nyeri atau tidak nyaman.

Selain beberapa manfaat di atas, berikut ini adalah manfaat masturbasi saat hamil:

  • Meredakan sakit kepala
  • Meningkatkan imunitas
  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi
  • Meredakan stres dan rasa cemas
  • Membuat tidur menjadi lebih nyenyak
  • Mencegah vagina kering dan sakit saat berhubungan seks
  • Melancarkan persalinan

Terkadang, masturbasi atau seks sekalipun bisa menimbulkan kram ringan saat Bumil mencapai orgasme. Namun, ini bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan karena kram tersebut akan hilang dengan sendirinya.

BACA JUGA: Masturbasi Sebabkan Disfungsi Ereksi (Impotensi), Benarkah?

Kondisi Apa Saja yang Membuat Masturbasi Saat Hamil Tidak Dianjurkan?

Ibu hamil yang menjalani kehamilan berisiko tinggi dianjurkan berkonsultasi dengan dokter  terlebih dahulu, untuk memastikan amankah atau boleh dilakukan atau tidak.

Bumil juga perlu berhati-hati sebelum memutuskan untuk memuaskan hasrat ini, terlebih bila memiliki kondisi, seperti:

  • Kelainan pada serviks atau leher rahim
  • Riwayat keguguran atau prematur pada kehamilan sebelumnya
  • Gangguan pada plasenta, seperti plasenta previa
  • Kehamilan kembar
  • Riwayat perdarahan berat sebelumnya
  • Pecahnya ketuban lebih dini
  • Perdarahan atau keputihan berlebih

Apabila Bumil memiliki kondisi-kondisi di atas, sebaiknya tanyakan ke dokter terlebih dahulu sebelum beraktivitas seks saat hamil.

BACA JUGA: Masih Suka Masturbasi? Lihat Beberapa Dampak Buruk Masturbasi Berlebihan!

Kapan harus ke dokter?

Jika sahabat pandawa, menemukan keluhan setelah seks atau masturbasi saat hamil, seperti keluar bercak darah, nyeri pinggul, jangan ragu konsultasikan pada dokter ahli.

Begitu juga ibu hamil dianjurkan untuk rutin melakukan pemeriksaan kandungan atau skrining penyakit menular seksual. Pasalnya, sering ditemukan ibu hamil terkontaminasi atau terinfeksi penyakit kelamin tanpa gejala.

Ada beberapa penyakit kelamin atau menular seksual yang rentan dan memberikan bahaya bagi kesehatan janin ibu hamil. Diantaranya seperti herpes, gonore, klamidia, HIV/AIDS, HPV, dan sebagainya.

Apabila sahabat pandawa membutuhkan informasi atau pengobatan lebih lanjut, silakan berkonsultasi dengan layanan kami secara gratis di melalui 0821-1141-0672 atau dapat mengklik link KONSULTASI GRATIS.

 

 

 

penulis: MP/SF/berbagaisumber

Referensi:

MedicalNewsToday. Is it ok to masturbate during pregnancy? 

Sex during pregnancy. (n.d.).
https://www.upmc.com/patients-visitors/education/womens-health/sex-during-pregnancy

Hellodoctor.com. Masturbation During Pregnancy: Is It Safe to Try Out?

Share: