Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

6 Ciri-ciri Penyakit Kulit yang Sering Dijumpai, Awas Ada yang Menular!

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

Sebagai organ tubuh paling luar, kulit paling mudah mengalami beberapa gangguan baik iritasi, meradang atau pun infeksi. Bahkan tak banyak gangguan pada kulit bisa menjadi pertanda kita sedang mengalami kondisi kesehatan yang menurun. Begitu juga dengan penyakit kulit yang beragam. Nah, ada beberapa ciri-ciri penyakit kulit yang sering kita jumpai dan sebaiknya tidak boleh kita remehkan.

 ciri-ciri penyakit kulit

Seberapa umum gangguan atau penyakit kulit?

Gangguan atau penyakit kulit sendiri sebenarnya merupakan masalah yang sangat umum terjadi. Masalah kulit bisa menyerang siapa saja dari usia belia, muda dan dewasa sekalipun. Penyebab penyakit kulit pun beragam, ada faktor genetik, faktor kebersihan, faktor imun, begitu juga dengan pemicunya seperti virus, bakteri, maupun jamur.

Bahkan tidak sedikit pula penyakit kulit bisa menular. Seperti kutu air, impetigo, kusta, bisul, kurap, cacar air, kutil hingga herpes kulit. Sementara untuk penyakit kulit tidak menular seperti jerawat, vitiligo, psoriasis, dermatitis, ataupun eksim.

Diantara semuanya ciri-ciri penyakit kulit tersebut tentu berbeda-beda. Sebab itu jika ada keanehan atau perubahan di area kulit, jangan anggap remeh. Segera cari tahu penyebabnya dengan berkonsultasi pada dokter ahli kulit.

BACA JUGA: Gatal dan Muncul Benjolan di Kemaluan, Waspada Kutil Kelamin

Ciri-ciri Penyakit kulit

Seperti yang disebutkan di atas, tentunya semua masalah kulit tersebut mempunyai gejala atau ciri-ciri penyakit kulit berbeda-beda.

  1. Pustula

Munculnya pustula di kulit merupakan gejala penyakit kulit yang cukup umum. Pustula merupakan benjolan kecil berisi nanah. Benjolan kecil ini terlihat berwarna putih atau kekuningan di tengah dengan pinggiran yang berwarna merah.

Benjolan bernanah ini bisa mengindikasikan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, atau virus. Tetapi, ada pula beberapa kondisinya yang disebabkan oleh penyakit peradangan kulit. Salah satunya seperti bisul.

Benjolan bisul yang mengandung nanah muncul sebagai hasil infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini masuk dan menginfeksi folikel rambut hingga akhirnya menyebabkan benjolan. Benjolan bisul terasa keras dan nyeri saat disentuh.

  1. Papula

Papula adalah jaringan kulit tidak normal atau lesi yang muncul akibat penumpukan kulit berlebih. Papula biasanya berukuran kecil, hanya sekitar kurang dari satu sentimeter. Papula bisa berupa benjolan, tetapi bisa juga membentuk area datar di atas kulit dan sering disangka kutil.

Meski kebanyakan benjolan papula pada kulit dapat sembuh dengan cepat, papula juga bisa menandakan penyakit yang serius. Apalagi bila berada di area kelamin.

BACA JUGA: Penyakit Eksim: Pengertian, Gejala, Penyebab, Pengobatan

  1. Ciri-ciri penyakit kulit benjolan berisi air atau lentingan

Lentingan atau benjolan berisi air bisa menjadi ciri-ciri penyakit kulit serius. Contonya seperti herpes kulit ataupun impetigo yang sama-sama bisa menular. Umumnya, benjolan ini bisa tersebar merata di area tubuh.

Selain itu juga kerap disertai nyeri di area sekitar benjolan, gatal, hingga demam tinggi. Rata-rati bejolan berisi air ini mengandung cairan nanah. Ketika pecah akan muncul kerak kekuningan serta rasa perih.

Jika mengalami penyakit kulit ini sebaiknya segera diatasi. Apalagi benjolan berisi air atau lentingan ini juga bisa mengancam area vital atau disebut dengan penyakit herpes kelamin, yang mana disebabkan oleh virus herpes simplex.

  1. Ruam-ruam merah

Banyak sekali gangguan atau penyakit kulit yang diawali dengan munculnya ruam-ruam kemerahan. Berbagai masalah kulit yang ditandai dengan ruam seperti kurap, rosacea, dan eksim.

Ruam-ruam merah ini kerap diiringi rasa gatal, bentol, lecet hingga bercak merah. Seiring waktu, ruam ini juga bisa berkembang dan membuat kulit kering, bersisik hingga luka berair.

Ciri-ciri penyakit kulit ini juga tidak boleh sembarangan obat, Anda harus konsultasikan pada dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat untuk masalah kulit ini.

  1. Ciri-ciri penyakit kulit: bersisik

Bersisik dan kulit mengelupas juga perlu Anda waspadai. Umumnya kondisi ini muncul pada penyakit eksim, psoriasis atau panu sekalipun. Kulit bersisik muncul akibat kulit yang terlalu kering atau karena tumpukan sel kulit mati di atasnya.

Untuk masalah psoriasis, sisik biasanya berwarna putih perak dan sedikit mengelupas dari kulit. Kulit bersisik cukup tebal akibat produksi sel kulit baru yang tak terkendali. Saking keringnya, kulit orang yang punya eksim dan psoriasis sering pecah-pecah sampai berdarah. Namun begitu, kedua masalah kulit ini sama sekali tidak menular.

  1. Ciri-ciri penyakit kulit: Gatal

Ciri-ciri lain yang paling mudah dikenal dari penyakit kulit adalah rasa gatal tak tertahankan. Sebagian besar penyakit kulit ditandai dengan rasa gatal dari mulai kurap, kutu air, kudis, cacar air, psoriasis, eksim, panu, dan dermatitis.

Kulit sendiri pada dasarnya berisi sel-sel khusus dari sistem imun yang berfungsi melindungi tubuh dari virus, bakteri, dan ancaman lainnya. Ketika sel-sel ini mendeteksi serangan benda asing, sistem imun akan memunculkan reaksi yang menyebabkan peradangan.

BACA JUGA: Penyakit Psoriasis, Gangguan Kulit Kering Bersisik yang Mirip dengan Eksim

Kapan harus berobat?

Apabila sahabat pandawa menemukan keanehan, perubahan, gangguan kulit mengarah pada ciri-ciri penyakit kulit seperti di atas, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan.

Dokter akan mendengarkan keluhan Anda dan memberikan diagnosis setelah melakukan pemeriksaan fisik. Tak kala, pada beberapa penyakit kulit, dokter membutuhkan pemeriksaan darah ataupun pengambilan sampel.

Pengobatan penyakit kulit akan disesuaikan dengan penyebabnya. Apabila disebabkan oleh virus maka dokter akan memberikan obat antivirus. Demikian juga bila disebabkan oleh jamur, dokter akan memberikan obat antijamur.

Punya masalah seputar kulit dan kelamin? Hubungi layanan konsultasi dokter online gratis Klinik Pandawa via CHAT/SMS/ TLP 0821-1141-0672 (Rahasia terjamin).