Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

10 Penyebab Testis Nyeri dan Ciri Testis Sehat, Pria Wajib Tahu!

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

Selain Mr. P yang harus diperhatikan, para pria juga wajib memperhatikan ‘si biji kembar’ alias testis. ‘Si biji kembar’ ini memiliki peranan penting bagi kaum pria, sebab mempunyai tugas utama yaitu memproduksi dan menyimpan sperma serta membuat hormon testosteron. Tapi nyatanya ada saja gangguan seperti testis nyeri. Sama ketika Mr. P nyeri, Sahabat pandawa juga harus tau apa saja penyebab testis nyeri ini. Yuk kita bahas selengkapnya di bawah ini.

penyebab testis nyeri

Testis nyeri dan Ciri Testis Sehat

Testis terasa nyeri pada pria tentu bisa menyebabkan rasa tidak nyaman sepanjang beraktivitas. Apalagi ‘si biji kembar’ ini punya peran penting untuk menghasilkan sperma. Jika terjadi masalah besar maka bisa mengganggu kesehatan sperma yang dihasilkan dan mempengaruhi terhambatnya memiliki momongan.

Lantas, seperti apa ciri testis yang sehat?

Sperma yang sehat dihasilkan oleh testis yang sehat. Berikut ini adalah ciri-ciri testis yang sehat:

  • Kulit / kantong testis berkerut dan mempermudah pengeluaran panas
  • Posisi testis menggantung untuk menjaga suhu testis agar lebih rendah dari suhu tubuh
  • Warna kulit testis lebih gelap daripada kulit perut
  • Saat suhu dingin otot akan menarik testis mendekati tubuh, sedangkan saat suhu panas testis akan turun menjauhi tubuh

Sebenarnya testis tidak selalu sama persis. Bisa salah satu testis cenderung lebih besar dan terletak lebih rendah dibanding testis satunya. Perbedaan ini masih terbilang wajar, hanya saja bila diikuti dengan gejala lain seperti bengkak, nyeri, gatal, sakit perut bagian bawah dan lainnya, maka segera konsultasikan pada dokter andrologi atau kulit kelamin.

BACA JUGA: Testis Bengkak & Nyeri, Waspada Penyakit Radang Testis Bisa Ganggu Kesuburan

Penyebab testis nyeri

Pada beberapa kasus nyeri pada testis tidak bisa didiagnosis secara langsung, butuh pemeriksaan mendalam untuk mengetahui penyebabnya. Namun, dikutip dari Healthline ada beberapa penyebab umun testis nyeri, diantaranya:

  1. Varikokel

Varikokel sedikit mirip dengan gangguan varises pada kaki, hanya saja varikokel menyerang pembuluh darah di dalam kantung zakar atau skrotum. Sehingga pembuluh darah tersebut tersumbat, lalu membengkak dan sedikit menonjol.

Gangguan testis nyeri akibat varikokel ini wajib diwaspadai kaum pria karena berpotensi menyebabkan kemandulan atau infertilitas. Sebab varikokel ini dapat menurunkan kualitas dan kuantitas sperma pada pria.

  1. Hernia inguinalis

Penyebab testis nyeri juga bisa disebabkan oleh karena hernia. Kondisi ini merupakan menonjolnya organ seperti usus dan jaringan yang ada di dalam perut, ke area selangkangan atau inguinal. Gangguan ini bisa disebabkan oleh bawaan lahir alias cacat. Dan bisa diakibatkan karena lemahnya otot-otot dinding perut.

  1. Penyebab testis nyeri waspada Orkitis

Orkitis sendiri merupakan peradangan pada testis yang disebabkan oleh adanya bakteri atau virus yang menjangkiti tubuh. Pada pria yang menderita orkitis akan mengalami demam, kencing sakit, kencing berdarah, sensasi terbakar atau panas saat berkemih.

  1. Spermatokel juga menjadi penyebab testis nyeri

Sahabat pandawa harus waspada dengan keberadaan gangguan testis nyeri akibat spermatokel. Kondisi ini disebabkan oleh kista yang tumbuh di area epididimis yang terletak di belakang testis. Pada pria yang menderita gangguan testis ini bisa merasakan bengkak di testis, testis terasa berat hingga terasa sakit.

  1. Epididimitis

Epididimitis sendiri merupakan gangguan dimana testis mengalami peradangan yang mana disebabkan oleh infekesi bakteri dan ditandai dengan bengkaknya bauh zakar tersebut. Kondisi ini bisa dialami pada pria berbagai usia dengan rata-rata usia 19-35 tahun.

BACA JUGA: Inilah Beberapa Ciri Sperma Sehat, Pria Wajib Tahu!

  1. Hematokel

Kalau tadu spermatokel, hematokel merupakan kondisi terjadinya penumpukan darah pada rongga tubuh. Kondisi ini biasanya terjadi karena adanya benturan keras pada testis yang mengenai pelindung sehingga memicu penumpukan di lapisan tersebut.

  1. Kanker testis Penyebab testis nyeri

10 persen penderita kanker testis mengalami gejala yang cukup menyakitkan, testis terasa tidak nyaman dan berat, bahkan terlihat lebih besar dan bengkak.

  1. Batu ginjal

Testis terasa nyeri bisa disebabkan karean mengalami gangguan di area ginjal seperti batu ginjal. Meski tidak berasal dari testis, tetapi rata-rata pasien bisa merasakan sakit hingga bagian bawah.

  1. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih sendiri mempunyai dua bagian yaitu infeksi saluran kemih atas terjadi di area ginjal dan ureter. Satu lagi, infeksi saluran kemih bagian bawah yang terjadi di bagian kandung kemih dan uretra. Jika ada ganguan pada kandung kemih, kemungkinannya bisa menyebar ke epididimis, dan bisa memicu radang testis, bengkak hingga nyeri testis.

  1. Infeksi menular seksual (IMS) Penyebab Testis Nyeri

Infeksi menular seksual beragam jenisnya diantaranya seperti gonore, sifilis, herpes, kutil kelamin, trikomoniasis, klamidia, dll.

Tentunya semua penyakit tersebut sangat mudah menular melalui aktivitas seksual yang tak aman (tanpa pengaman), berganti pasangan seks, dan kontak langsung baik melalui vaginal, anal, maupun oral.

Rata-rata penyakit tersebut bisa menginfeksi area vital termasuk buah zakar atau testis. Sehingga tak jarang pada pria yang terinfeksi IMS merasakan gejala gatal di testis, bengkak pada testis, testis nyeri, susah dan nyeri saat berkemih dan keluar cairan nanah.

Untuk penanganan penyakit akibat IMS ini perlu pemeriksaan mendalam dan pengobatan yang tuntas. Beberapa IMS bisa disebabkan oleh bakteri, kuman hingga virus. Jika mengalami penyakit atau gejala tersebut jangan tunggu parah, segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan.

BACA JUGA: Gatal dan Muncul Benjolan di Kemaluan, Waspada Kutil Kelamin

Kapan harus berobat?

Tentu saja jika Sahabat Pandawa menemukan keanehan, perubahan di area kelamin dan tubuh lainnya dengan risiko yang sama disebutkan di atas, jangan tunggu parah. Cepat lakukan pemeriksaan dan pengobatan agar terhindar dari bahaya komplikasi.

Sebab itu bila mengalami keluhan tersebut jangan ragu kunjungi Klinik Pandawa dan lakukan pengobatan segera. Hubungi layanan konsultasi dokter online gratis Klinik Pandawa via CHAT/SMS/ TLP 0821-1141-0672 (Rahasia terjamin).