Klinik Pandawa - Tanya Dokter, Cek Lab Terpercaya
Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Ruam Timbul Pada Lipatan Siku Atau Lutut Inikah Penyebabnya?

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

Gonore | Klinik Kulit | klinik Kelamin | Info Kesehatan

Kulit memang sering kali mudah mengalami gangguan, sebut saja seperti gatal-gatal, ruam merah akibat biang keringat atau bentol setelah digigit serangga atau terkena partikel zat kimiawi. Area yang sering terjadi ruam timbul pada lipatan siku atau lutut, sela-sela jemari kaki atau tangan, leher, dan sebagainya. Tentunya sangat meresahkan dan mengganggu penampilan. Lantas apa sebenarnya penyebab ruam timbul pada lipatan siku atau lutut? Mari kita bahas infeksi kulit selengkapnya di bawah ini ya.

Ruam timbul pada lipatan siku dan lutut

Penyebab ruam timbul pada lipatan siku atau lutut

Ruam ruam yang sering menyerang ini tentu mengganggu karena diiringi rasa gatal yang akut. Seringnya gatal ini menyebabkan luka lecet yang bisa munculkan koreng hingga bekas luka menghitam.

Jika sudah menghitam dan menimbulkan bekas luka tentu mengganggu penampilan. Gangguan kulit ini bisa terjadi oleh siapapun tidak mengenal usia dan jenis kelamin.

Beberapa penyebab ruam timbul juga bisa dikarenakan faktor lingkungan, suhu, maupun faktor keluarga dengan riwayat penyakit gatal-gatal.

Berikut ini ada sejumlah penyebab ruam timbul pada lipatan siku atau lutut yang perlu Anda waspadai, diantaranya:

Dermatitis atopic atau eksim.

Kondisi ini bisa terjadi pada siapapun & penyebab pastinya belum diketahui, namun salah satunya bisa dibawa dari riwayat keluarga. Eksim atau dermatitis atopic ini bisa muncul apabila terjadi gatal-gatal karena sesuatu hal dan adanya pengaruh lingkungan, infeksi kulit, faktor genetik sehingga memicu gangguan kulit eksim.

Penyakit ini juga dikenal sebagai penyakit multifaktoral akibat banyak yang bisa memicu timbulnya eksim. Umumnya eksim atau dermatitis atopic ini ditandai dengan muncul gatal-gatal, kemudian ruam timbul pada lipatan siku atau lutut dan area lainnya, lalu memicu kulit kering dan berisik, ketika digaruk mengeluar cairan luka atau infeksi hingga memicu berdarah.

Ketika mengalami gatal-gatal sebaiknya hindari untuk menggaruknya. Hal tersebut dikarenakan semakin digaruk maka bisa memicu infeksi akibat luka garukan, ruam-ruam tambah membesar, luka garukan terinfeksi bakteri, jamur ataupun virus yang mana mampu berdampak infeksi kulit menular.

Dermatitis kontak iritan atau alergi.

Jika kamu punya alergi dan cenderung kulit sensitif maka harus siap-siap dengan ruam timbul pada lipatan siku atau lutut, tangan atau kaki, wajah ataupun seluruh badan.

Karena ada banyak macam alergi seperti alergi pada cahaya matahari, alergi debu, alergi suhu dingin atau panas, alergi pada bahan pakaian, alergi makanan, alergi zat dalam kandungan sabun, alcohol, detergen, parfum dan sebagainya.

Memiliki gangguan dermatitis kontak iritan memang sangat meresahkan karena dalam keseharian kita tidak bisa lepas dari namanya debu, cahaya matahari, tanaman dan sebagainya.

infeksi bakteri.

Bakteri mampu sebabkan infeksi kulit karena adanya luka terbuka di kulit yang menjadi pintu masuk bakteri. Ketika ruam timbul pada lipatan siku atau lutut, dan tergaruk maka memicu infeksi luka kulit dan menjadi gerbang utama bakteri keluar masuk.

Infeksi bakteri di kulit yang sering menginfeksi manusia yakni bakteri Streptococcus beta hemolyticusStaphylococcus aureus, serta bakteri Mycobacterium tuberculosis (sebabkan penyakit TBC kulit), dan Mycobacterium leprae (sebabkan penyakit kusta).

Jika sudah terjadi maka dibutuhkan perawatan kulit khusus dan intensif bersama ahlinya.

Infeksi jamur tinea corporis

Tinea Corporis atau kurap tubuh merupakan infeksi jamur kulit yang sering timbulkan ruam-ruam melingkar kemerahan atau keperakan di kulit. Kemunculannya bisa diarea tubuh manapun dan dengan spesifikasi area lembap, hangat, dan nyaman untuk jamur berkembang.

Jika kamu berpotensi mudah berkeringat, kerap berolahraga, memiliki obesitas, menderita diabetes, dan sering berbagi pakaian, handuk, seprei maka sangat mudah terkontaminasi jamur ini.

Kemunculannya bisa ditandai dengan ruam-ruam merah, kulit bersisik, kulit keperakan, terasa gatal dan muncul luka lepuhan di sekitar ruam.

Ketika terjadi luka lepuhan atau gatal sebaiknya hindari menggaruk dan segeralah cuci tangan dan cuci area kurap tersebut.

Infeksi virus pada kulit

Ruam timbul pada lipatan siku atau lutut, dan bagian tubuh lainnya bisa disebabkan oleh infeksi virus, misalnya varicella (cacar air), herpes zoster (cacar api).

Biasanya ditandai dengan demam tinggi, badah lemah, muncul lentingan kulit berisi cairan, ketika tergaruk atau pecah maka keluarkan nanah dan membuat bekas luka yang sangat perih.

Tentunya virus ini mampu menular sehingga disarankan untuk tidak boleh kemana-mana dan tetap menjaga lentingan tersebut agar tidak pecah.

Pada kasus yang parah, ruam bisa menutupi seluruh tubuh dan lentingan berisi air tersebut bisa muncul di tenggorokan, mata, selaput lendir uretra, anus, hingga organ vital. Jika sudah terjadi, maka sebaiknya segera larikan ke dokter terkait untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Psoriasis bisa sebabkan ruam timbul pada lipatan siku atau lutut

Selain infeksi kulit di atas, psoriasis sebagai penyakit kulit kronis ini bisa sebabkan ruam timbul pada lipatan siku atau lutut, ataupun pada area tubuh lainnya.

Infeksi kulit psoriasis awalnya ditandai dengan kulit gatal akut, ditambah kulit kering, bersisik, menebal, kemerahan hingga mengelupas. Apalagi, kulit yang gatal dan juga kering tersebut bisa alami pengelupasan hingga luka berdarah.

Gejala penyerta lainnya yakni area kulit yang terinfeksi rentan terluka meski hanya tergores, perubahan warna kuku jari tangan dan kaki, kuku mudah terlepas, dan plak bersisik seperti ketombe di kulit kepala.

BACA JUGA: Ruam Disertai Kutil Pada Area Kelamin, Pertanda Bahayakah?

Segera dapatkan perawatan kulit dari kepala hingga kaki bersama Klinik Pandawa Jakarta. Jika sahabat pandawa menemuka gejala kulit gatal, benjolan di kulit, timbul kutil di kelamin atau lainnya, segera konsultasikan bersama dokter ahlinya.

Semakin cepat penanganan maka semakin cepat pemulihannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sahabat pandawa semua, ya.

Bila ada pertanyaan atau reservasi hubungi nomor 0821-1141-0672 (WA/SMS/TLP) atau klik layanan konsultasi bersama dengan dokter Kami.

 

 

 

Ditinjau oleh dr.Agusmawi

Mayo Clinic. Chickenpox – Symptoms and causes.

Klikdokter. Infeksi kulit. Diakses pada 2022.

Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Diseases & Conditions. Heat rash.

EmedicineHealth. Diakses pada 2022. Heat Rash.

Web MD. What You Should Know About Ringworm.