Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Ruam Disertai Kutil Pada Area Kelamin, Pertanda Bahayakah?

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

Organ vital pria dan wanita merupakan organ yang sensitive. Areanya yang tersembunyi dan mudah lembap sangat rentan dengan beberapa gangguan kulit dan kelamin. Misalnya saja seperti timbul ruam disertai kutil pada area kelamin. Yup, kutil ternyata juga bisa hinggap di area kelamin loh. Masalah tersebut biasanya menyerang pada seseorang yang telah aktif secara seksual dan menyimpang. Seperti apa yang dimaksud ruam disertai kutil pada area kelamin? Kita bahas bersama di bawah ini, ya.

ruam disertai kutil pada area kelamin

Timbul ruam disertai kutil pada area kelamin, umumkah?

Semua orang pasti mengharapkan kondisi kesehatan vital atau area kelamin sehat, bersih dan bebas masalah. Tapi seperti yang disebut di atas, lokasinya yang sering tertutup dan mudah lembap sangat rentan dengan berbagai masalah termasuk infeksi kelamin.

Infeksi kelamin bisa dialami seseorang terlebih orang tersebut sudah aktif secara seksual, melakukan aktivitas seks tak aman dan menyimpang, berganti pasangan seks dan pelaku seks komersial. Dengan risiko ini seseorang sangat berpeluang mengalami dan tertular infeksi kelamin atau infeksi menular seksual.

Dari sebutannya infeksi menular seksual sudah dipastikan mudah menyebar dan menular melalui aktivitas seks yang tak aman tadi. Ada berbagai penyakit infeksi menular seksual yang menyerang pria maupun wanita. Diantaranya seperti gonore, sifilis, herpes kelamin, klamidia, kandidiasis, hpv, kutil kelamin hingga HIV.

Diantara penyakit infeksi menular seksual tersebut penyebab dan gejalanya tentu berbeda-beda. Penyebab IMS ini ada yang disebabkan oleh infeksi bakteri kelamin, kuman, parasit, jamur hingga virus. Sebab itu penanganan dan cara mengobati infeksi menular seksual disesuaikan dengan penyebabnya dan harus dituntaskan.

Jika kamu memiliki faktor risiko terserang infeksi menular seksual, gejala ruam disertai kutil pada area kelamin bisa berbahaya. Ada dua penyakit kelamin yang memiliki gejala tersebut, yaitu Sifilis (Raja Singa) dan Kutil kelamin. Yuk kita lihat kedua penyakit ini seperti apa…

Sifilis

Sifilis atau Raja singa merupakan salah satu penyakit kelamin atau infeksi menular seksual berbahaya. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri kelamin bernama Treponema P. Bakteri ini bisa berpindah melalui aktivitas seks yang tak aman dan menyimpang, mulai dari vaginal, oral, maupun anal.

Bahkan pada ibu hamil, sifilis bisa menganggu kesehatan janin yang dikandung sehingga mengalami ketidaknormalan, bahkan bisa sebabkan kematian.

Bakteri sifilis tak hanya menyerang dan berdiam di area kelamin saja, tetapi dia bisa menyebar ke organ tubuh lainnya. Seperti leher, tenggorokan, mulut, sekujur kulit di tubuh, anus atau bokong, saluran kemih, persendian, hingga saraf otak maupun jantung.

BACA JUGA: Sifilis Bisa Sebabkan Ruam disertai Kutil Pada Area Mulut?

Gejala sifilis timbul ruam disertai kutil pada area kelamin

Gejala sifilis sendiri memilki beberapa tahapan yang dimana bisa dilihat pula tingkat keparahannya. Sementara gejala ruam disertai kutil pada area kelamin berada ditahapan sifilis sekunder. Sebelum kita jelaskan seperti apa gejala sifilis sekunder, ada gejala awal sifilis atau sifilis primer.

Di awal gejala sifilis primer ini, ciri-ciri seseorang terserang bakteri Treponema adalah muncul luka kecil (chancre) yang tidak terasa saskit. Luka kecil ini biasanya menjadi lokasi bakteri masuk ke dalam tubuh dan berada di area kelamin, dubur/ bokong maupun mulut.

Luka kecil ini tak hanya di luar saja, tapi bisa berada di dalam Miss V, anus, atau tenggorokan seseorang. Oleh karena luka sifilis yang tidak sakit banyak salah mengartikan sehingga tidak menyadari terkena sifilis atau raja singa.

Bila di tahap awal ini tidak dilakukan penindakan atau pengobatan infeksi bisa berkembang menjadi tahap sekunder. Pada tahap sekunder, kelenjar getah bening merespon adanya infeksi sehingga membengkak. Sehingga tak jarang pada kasus ini, pasien mengeluhkan benjolan di leher atau di selangkangan.

Pada tahap sifilis sekunder, setelah gejala awal menghilang, muncullah ruam-ruam di tubuh. Bahkan juga ditemui ruam disertai kutil pada area kelamin maupun di mulut. Selain itu ada gejala lain seperti demam, nyeri oto, sakit tenggorokan, rambut rontok hingga turun berat badan.

Sama pada tahap awal, tanpa pengobatan yang tepat dan tuntas, infeksi ini bisa berlanjut pada tahap laten atau tersier. Dimana tahap ini sudah bisa mengganggu organ tubuh dan bisa berdampak fatal pada kesehatan.

BACA JUGA: Gatal dan Muncul Benjolan di Kemaluan, Waspada Kutil Kelamin

Kutil kelamin

Selain sifilis, gejala ruam disertai kutil pada area kelamin bisa ditemukan pada penyakit kutil kelamin. berbeda dengan sifilis yang dipicu oleh bakteri, kutil kelamin dipicu oleh virus bernama Human papilloma virus.

Termasuk dalam infeksi menular seksual, kutil kelamin juga mudah menular melalui vaginal, anal maupun oral. Begitu juga termasuk adanya kontak lansung seperti menyentuh kelamin sendiri lalu menyentuh kelamin pasangannya.

Selain itu, kutil kelamin juga bisa menyebar ketika berbagi alat bantu seks atau menggunakannya tanpa dibalut kondom lagi. Untungnya, penyakit ini tidak menular melalui ciuman bibir atau toilet duduk.

Kutil di kelamin bisa dimulai dari ukuran kecil dengan warna gelap atau mirip kulit. Kemudian kutil juga bisa berkembang besar dan meluas, ada yang berkelompok, dan besar seperti jengger ayam.

Gejala kutil kelamin pada seseorang bisa berbeda. Pada pria, bisa terasa gatal, nyeri saat berkemih dan saat beraktivitas seks. Kutil kelamin pada pria bisa ditemukan di area batang Mr.P, testis, bokong atau sekitar anus, dan area selangkangan.

Sementara gejala kutil kelamin pada wanita, diikuti rasa gatal, muncul ruam disertai kutil pada area kelamin, mulut, Miss V terasa panas dan nyeri saat beraktivitas seks. Pada wanita, virus HPV sangat berbahaya dan berisiko memicu kanker serviks. Sehingga apa bila mengalami gangguan atau perubahan di area Miss V jangan tunggu parah, segera lakukan pemeriksaan pada klinik kulit dan kelamin.

BACA JUGA: Luka Muncul di Area Mulut Pertanda Sifilis?

Kapan harus berobat?

Tentu saja jika kamu menemukan keanehan, perubahan di area kelamin dan tubuh lainnya dengan risiko yang sama disebutkan di atas, jangan tunggu parah. Cepat lakukan pemeriksaan dan pengobatan agar terhindar dari bahaya komplikasi.

Beberapa penderita bisa menderita lebih dari satu penyakit kelamin dan ajaklah pasanganmu untuk melakukan pemeriksaan atau skrining penyakit menular seksual bersama. Semakin cepat dideteksi maka semakin cepat proses pemulihan dan mencegah penularan terjadi.

Sebab itu bila mengalami keluhan tersebut jangan ragu kunjungi Klinik Pandawa dan lakukan pengobatan segera. Hubungi layanan konsultasi dokter online gratis Klinik Pandawa via CHAT/SMS/ TLP 0821-1141-0672 (Rahasia terjamin).