Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Waspadai Berbagai Jenis Penyakit Vagina yang Sering Terjadi

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

penyakit vaginaPenyakit Vagina – Halo Sahabat Pandawa semua! Bagaimana kabar kalian hari ini nih? Semoga kalian semua sehat selalu dan tetap menjaga kebersihan serta kesehatan di mana pun berada. Sahabat Pandawa, terutama para ladies, kalian pernah mengalami masalah atau penyakit pada daerah kewanitaan nggak?

Area kewanitaan, khususnya vagina adalah daerah yang cukup rawan terserang berbagai masalah dan juga penyakit. Oleh karenanya, diperlukan pengetahuan lebih mengenai penyakit vagina dan gangguan yang dapat terjadi di organ tersebut.

Sahabat Pandawa, kami terus berkomitmen untuk mengedukasi dan memberi informasi kesehatan untuk kalian semua, terutama seputar kesehatan kulit, kelamin, sex education, dan juga tips trik tentang kecantikan atau estetika.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyakit-penyakit yang seringkali menginfeksi area kewanitaan seseorang. Maka dari itu, sebaiknya kalian menyimak artikel ini sampai habis agar bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat. Daripada berlama-lama lagi, langsung aja yuk disimak artikelnya!

 

Penyakit vagina

Penyakit vagina atau kelamin wanita dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi hingga kanker. Hati-hati dengan kondisi ini, karena beberapa penyakit pada organ genital wanita tidak bergejala sehingga sering terlambat diobati. Jika demikian, penyakit kelamin wanita berpotensi menimbulkan komplikasi.

Tak sedikit kaum hawa yang mungkin mengalami keputihan, gatal, kemerahan ataupun nyeri di area kewanitaan. Kondisi berbeda ini bisa menjadi tanda gejala awal penyakit kelamin wanita. Jika kamu mengalami hal ini, jangan ragu atau ragu untuk menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan.

 

Jenis penyakit vagina

Tadi sudah sempat disinggung kalau penyakit vagina perlu diketahui dan dipahami agar kalian dapat mengantisipasi bahaya yang ditimbulkan. Terdapat beberapa penyakit kelamin wanita yang sering menginfeksi dan berisiko tinggi terjadi komplikasi.

Berikut ini adalah sejumlah penyakit vagina:

 

  • Infeksi menular seksual

Infeksi menular seksual yang sering menyerang wanita antara lain gonore, klamidia, kutil kelamin, herpes, sifilis, dan trikomoniasis. Seorang wanita berisiko tertular penyakit menular seksual jika dia memiliki lebih dari satu pasangan seksual, tidak menggunakan kondom saat berhubungan seks, atau menggunakan mainan seks (sex toys) dengan orang lain.

Namun, penyakit menular seksual pada wanita terkadang tidak menunjukkan gejala. Oleh karena itu, pemeriksaan kesehatan secara rutin harus dilakukan sebagai bentuk deteksi dini agar penyakit dapat disembuhkan secara dini.

Tes ini juga penting bagi wanita yang memiliki faktor risiko PMS, seperti wanita yang berhubungan seks dengan lebih dari satu pasangan dan jarang menggunakan kondom saat berhubungan.

 

  • Infeksi jamur vagina

Jamur Candida albicans tumbuh secara alami di alat kelamin wanita. Namun jika jumlahnya berlebihan, jamur ini bisa menyebabkan infeksi. Infeksi jamur adalah salah satu penyebab vaginitis.

Salah satu jenis penyakit vagina ini dapat menyebabkan gejala wanita gatal, nyeri saat buang air kecil dan berhubungan seks, keputihan kental atau kekuningan, serta kemerahan, bengkak, dan nyeri pada vagina dan vulva.

 

  • Servisitis

Penyakit vagina selanjutnya adalah servisitis. Servisitis merupakan peradangan yang terjadi pada daerah leher rahim atau yang disebut serviks. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, reaksi alergi terhadap kontrasepsi intrauterine, pembersih wanita, atau ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

Kebanyakan wanita dengan servisitis tidak mengalami gejala. Namun, ada juga yang mengalami gejala seperti keputihan, nyeri saat buang air kecil dan berhubungan seks, serta pendarahan vagina di luar haid atau setelah berhubungan seks.

 

  • Bartholinitis

Kista Bartholin merupakan pembengkakan pada kelenjar Bartholin. Kelenjar ini terletak di dekat lubang vagina. Fungsi kelenjar Bartholin adalah untuk melepaskan pelumas alami vagina saat berhubungan.

Jika saluran Bartholin tersumbat, keputihan akan menumpuk dan menyebabkan pembengkakan. Kista Bartholin ditandai dengan munculnya tumor di dekat lubang vagina. Seiring waktu, penyakit ini bisa mengakibatkan infeksi dan peradangan pada kelenjar Bartholin (Bartholinitis).

Jika terinfeksi dan meradang, penyakit vagina ini dapat menyebabkan gejala ketidaknyamanan pada vagina saat berjalan dan duduk, nyeri saat berhubungan, keluarnya nanah dari benjolan vagina, dan demam.

 

  • Vulvovaginitis

Penyakit vagina yang terakhir ialah vulvovaginitis. Vulvovaginitis adalah peradangan pada vagina dan vulva. Penyakit pada alat kelamin wanita ini umumnya disebabkan oleh vaginosis bakterial dan jamur, alergi terhadap pelumas kondom atau sabun pembersih vagina, dan penurunan kadar hormon estrogen dalam tubuh akibat menopause atau penggunaan alat kontrasepsi.

Gejala vulvovaginitis termasuk rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil dan berhubungan seks, bau tidak sedap dari vagina, dan pembengkakan dan kemerahan pada kulit di sekitar alat kelamin wanita.

 

Pengobatan penyakit vagina di Klinik Pandawa Jakarta

Sekarang, kalian sudah memahami berbagai jenis penyakit vagina yang dapat menginfeksi area kewanitaan kamu. Segera temui dokter yang ahli di bidangnya untuk melakukan konsultasi mengenai tindakan yang harus dilakukan.

Klinik Pandawa Jakarta merupakan salah satu klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin yang tepercaya. Kami memiliki dokter profesional yang ahli dalam mengatasi kasus penyakit kulit dan kelamin. Sudah banyak pasien yang berhasil pulih dan kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Untuk permasalahan yang kalian alami, kalian bisa melakukan konsultasi gratis dengan dokter online kami di 0821-1141-0672 / 021-6231-3337 (telepon / SMS / WA) atau dengan menggunakan link konsultasi. Dapatkan promo menarik untuk berbagai layanan dan pengobatan di Klinik Pandawa setiap bulannya.