Search
Close this search box.

Apa itu Mikrodermabrasi? Ini Manfaat, Prosedur, dan Harga

Saat ini, semakin banyak orang beralih ke treatment kecantikan yang efektif, dan salah satu yang semakin populer adalah mikrodermabrasi. 

Menginginkan kulit yang sempurna dan bersinar adalah keinginan banyak orang. 

Namun, faktor-faktor seperti paparan lingkungan dan penuaan alami dapat mengurangi pesona kulit kita.

Mikrodermabrasi adalah pintu menuju kulit yang lebih cerah, muda, dan cantik. Dengan manfaat yang signifikan dan prosedur yang tidak invasif, semakin banyak individu yang menemukan keajaiban treatment ini.

Apa itu Mikrodermabrasi?

Mikrodermabrasi 2
Seorang Wanita Melakukan Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi merupakan prosedur kosmetik minim invasif yang bertujuan untuk memperbaiki tekstur kulit dan memberikan hasil kulit yang lebih cerah dan halus. 

Dalam prosedur ini, lapisan atas kulit yang kering dan mati dibuang secara lembut menggunakan alat khusus. Hasilnya adalah kulit yang lebih muda, segar, dan memikat.

Mikrodermabrasi adalah pintu menuju kulit yang lebih cerah, muda, dan cantik. 

Dengan manfaat yang signifikan dan prosedur yang tidak invasif, semakin banyak individu yang menemukan keajaiban mikrodermabrasi.

Artikel Lainnya: 9 Treatment Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur perawatan kulit yang semakin populer, dan tidaklah mengherankan mengingat manfaat dan keuntungannya yang luar biasa. 

Berikut adalah beberapa manfaat utama yang bisa Anda dapatkan dengan menjalani mikrodermabrasi:

1. Peningkatan Tekstur Kulit 

Mikrodermabrasi membantu mengangkat lapisan kulit terluar yang kering dan mati, sehingga merangsang regenerasi kulit baru. Hasilnya adalah kulit yang lebih halus dan lebih sehat.

2. Pemudaran Garis Halus dan Kerutan 

Dengan merangsang produksi kolagen, perawatan kulit ini dapat mengurangi tampilan garis halus dan kerutan. Kulit Anda akan terlihat lebih muda dan lebih segar.

3. Penyamaran Noda dan Bintik Hitam 

Mikrodermabrasi dapat membantu mengurangi tampilan noda, bintik hitam, dan hiperpigmentasi. Kulit Anda akan terlihat lebih merata dan bersinar.

4. Meremajakan Kulit 

Proses eksfoliasi yang terjadi selama mikrodermabrasi membantu mempercepat peremajaan kulit. Kulit baru yang muncul setelah prosedur ini umumnya lebih cerah dan lebih muda.

5. Penyerapan Produk Perawatan Kulit 

Setelah lapisan kulit terluar telah diangkat, kulit menjadi lebih mampu menyerap produk perawatan kulit dengan lebih efektif. Ini berarti manfaat dari produk-produk tersebut dapat lebih optimal.

Keuntungan lain dari mikrodermabrasi adalah prosedur ini tidak menyebabkan rasa sakit yang berarti dan umumnya tidak memerlukan waktu pemulihan yang lama. 

Anda bisa kembali ke aktivitas sehari-hari Anda hampir seketika setelah menjalani sesi perawatan kulit ini.

Wajah Glowing dalam Sekejap dengan Dermalinfusion (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Prosedur Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur perawatan kulit yang efektif untuk memperbaiki tekstur kulit dan memberikan hasil yang lebih cerah. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam prosedur mikrodermabrasi:

1. Pembersihan Kulit 

Sebelum prosedur dimulai, kulit akan dibersihkan secara mendalam untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa-sisa makeup. Langkah ini penting agar hasil mikrodermabrasi lebih efektif.

2. Penyiapan Alat Mikrodermabrasi 

Sebuah alat khusus akan dipersiapkan dengan ujung yang mengandung kristal mikro atau kepala berlapiskan berlian. Ini adalah bagian yang akan digunakan untuk mengelupas lapisan atas kulit.

3. Pelaksanaan Mikrodermabrasi 

Profesional medis atau ahli kecantikan akan menggerakkan alat mikrodermabrasi dengan lembut di seluruh wajah atau area yang ingin mendapatkan treatment. Alat ini akan mengangkat sel-sel kulit mati dan menghaluskan permukaan kulit.

4. Sedot Vakum

Alat mikrodermabrasi umumnya dilengkapi dengan sistem sedotan vakum yang lembut. Sedotan vakum membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang telah dikelupas oleh alat.

5. Pemulihan dan Perawatan Lanjutan 

Setelah prosedur mikrodermabrasi selesai, kulit mungkin terasa kemerahan atau sedikit sensitif. Ahli akan memberikan perawatan lanjutan seperti pelembap khusus dan tabir surya untuk melindungi kulit yang baru terungkap.

Mikrodermabrasi adalah prosedur yang relatif cepat dan umumnya tidak memerlukan waktu pemulihan yang lama. 

Setelah sesi pertama, Anda mungkin akan melihat perubahan pada kulit Anda, tetapi hasil yang lebih optimal mungkin memerlukan beberapa sesi.

Baca Juga: 9 Cara Efektif Samarkan Kerutan di Wajah, Kamu Wajib Tahu

Harga Treatment Mikrodermabrasi

Harga mikrodermabrasi dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi klinik atau pusat kecantikan, tingkat permasalahan kulit, serta jumlah sesi yang Anda pilih.

Di Indonesia, biaya perawatan kulit ini biasanya berkisar ratusan ribu rupiah per sesi.

Namun, penting untuk diingat bahwa biaya tersebut hanya perkiraan dan bisa berbeda dari satu tempat ke tempat lain. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi biaya prosedur mikrodermabrasi:

1. Lokasi Klinik atau Pusat Kecantikan 

Biaya mikrodermabrasi mungkin lebih tinggi di kota besar atau daerah dengan biaya hidup yang lebih tinggi.

2. Pengalaman dan Kualifikasi Ahli 

Biaya juga dapat dipengaruhi oleh pengalaman dan kualifikasi ahli yang melakukan prosedur. Ahli yang lebih berpengalaman mungkin menawarkan harga yang lebih tinggi.

3. Jenis Permasalahan Kulit 

Tingkat keparahan permasalahan kulit Anda juga dapat mempengaruhi biaya. Perawatan yang lebih intensif atau untuk masalah kulit yang lebih kompleks mungkin memerlukan biaya yang lebih tinggi.

4. Jumlah Sesi 

Beberapa klinik mungkin menawarkan paket dengan harga lebih rendah jika Anda memilih untuk menjalani beberapa sesi sekaligus. Namun, biaya total akan lebih tinggi jika Anda memilih lebih banyak sesi.

5. Fasilitas Tambahan 

Beberapa klinik mungkin menawarkan fasilitas tambahan seperti produk perawatan kulit atau layanan pascaperawatan yang dapat mempengaruhi biaya keseluruhan.

Efek Samping dan Risiko Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi 3
Efek Samping dan Risiko Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur perawatan kulit yang umumnya dianggap aman dan efektif. 

Namun, seperti halnya dengan banyak prosedur medis, ada beberapa efek samping yang mungkin muncul setelah menjalani mikrodermabrasi. Berikut adalah beberapa efek samping potensial yang perlu Anda ketahui:

1. Kemerahan dan Sensitivitas Kulit

 Setelah mikrodermabrasi, kulit Anda mungkin terasa sedikit kemerahan dan lebih sensitif dari biasanya. Ini adalah reaksi normal dan biasanya akan mereda dalam beberapa jam hingga beberapa hari.

2. Kulit Terkelupas 

Beberapa hari setelah prosedur, Anda mungkin mengalami pengelupasan ringan pada kulit yang telah diolah. Ini adalah bagian dari proses regenerasi kulit dan sebaiknya tidak diusik.

3. Perubahan Warna Kulit Sementara 

Pada beberapa individu dengan warna kulit lebih gelap, mikrodermabrasi dapat menyebabkan perubahan warna kulit sementara. Ini biasanya akan kembali normal dalam beberapa minggu.

4. Peningkatan Sensitivitas terhadap Suhu 

Setelah prosedur, kulit Anda mungkin menjadi lebih sensitif terhadap suhu panas atau dingin. Hindari paparan langsung terhadap suhu ekstrem untuk sementara waktu.

5. Infeksi Kulit 

Meskipun jarang terjadi, ada kemungkinan infeksi kulit terjadi setelah mikrodermabrasi. Penting untuk menjaga area yang dirawat tetap bersih dan mengikuti instruksi perawatan yang diberikan oleh ahli.

6. Reaksi Alergi 

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap produk atau alat yang digunakan selama prosedur. Pastikan untuk memberi tahu profesional jika Anda memiliki riwayat alergi.

7. Bengkak Ringan 

Pada beberapa kasus, kulit yang dirawat mungkin sedikit membengkak. Ini biasanya bersifat sementara dan akan mereda dalam beberapa hari.

8. Perubahan Sensasi Kulit 

Setelah mikrodermabrasi, Anda mungkin merasakan perubahan sensasi pada kulit, seperti kesemutan atau kebas. Ini adalah reaksi umum dan akan hilang seiring waktu.

9. Peningkatan Risiko Paparan Matahari 

Kulit yang baru terungkap setelah mikrodermabrasi lebih rentan terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari. Penting untuk menggunakan tabir surya dengan SPF yang tepat dan menghindari paparan berlebihan.

Baca Juga: 7 Penyebab Bopeng dan Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah

Kapan Harus Melakukan Perawatan Mikrodermabrasi?

Mikrodermabrasi dapat menjadi pilihan yang baik untuk mereka yang mencari perawatan kulit non-bedah yang dapat memberikan hasil yang lebih segar dan bersinar. 

Namun, konsultasikan terlebih dahulu dengan profesional kesehatan kulit sebelum menjalani prosedur ini untuk memastikan bahwa ini adalah pilihan yang tepat untuk kulit Anda.

Jika menginginkan hasil yang maksimal, Anda tentu harus mengunjungi klinik estetika Jakarta terbaik dan terpercaya, yaitu Klinik Utama Pandawa.

Klinik Utama Pandawa yang juga merupakan klinik kulit dan kelamin terbaik di Indonesia, menawarkan beragam jenis treatment kecantikan yang akan membantu Anda mendapatkan wajah dan tubuh yang ideal lewat fasilitas treatment yang lengkap, inovatif, dan modern, serta dokter dan beauty therapist yang profesional dan tepercaya di bidangnya.

Untuk melakukan konsultasi online dengan dokter secara gratis, silahkan klik link di bawah ini.

Pertanyaan-Pertanyaan Terkait Mikrodermabrasi

Berikut adalah beberapa pertanyaan terkait dengan treatment ini:

Mikrodermabrasi cocok untuk kulit seperti apa?


Mikrodermabrasi cocok untuk kulit yang memiliki tekstur kasar, bekas jerawat, dan noda ringan.

Apakah dermabrasi bisa menghilangkan jerawat?


Ya, dermabrasi dapat membantu mengurangi penampilan bekas jerawat dengan mengangkat lapisan kulit atas yang rusak.

Apakah Mikrodermabrasi Menyakitkan?


Tidak, mikrodermabrasi umumnya tidak menyebabkan rasa sakit. Sensasi yang mungkin Anda rasakan selama prosedur adalah sedikit perih atau menggelitik.

Berapa Lama Waktu Pemulihan Setelah Mikrodermabrasi?


Tidak ada waktu pemulihan yang signifikan setelah mikrodermabrasi. Beberapa kemerahan mungkin terjadi setelah prosedur, tetapi biasanya mereda dalam beberapa jam.

Kapan Saya Akan Melihat Hasilnya?


Anda mungkin melihat hasil yang lebih halus dan bersinar setelah sesi pertama, tetapi hasil yang optimal biasanya terlihat setelah beberapa sesi.

Referensi:

Share: