Search
Close this search box.

Mengenal Penyakit HIV AIDS yang Sangat Mematikan: Bisa Jadi Terkena Infeksi Menular Seksual Lainnya

mengenal penyakit hiv aidsMengenal Penyakit HIV AIDS – Halo Sahabat Pandawa semua! Gimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian dan juga semua Sahabat Pandawa di mana pun berada selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa ya! Saat ini negara Indonesia sedang dilanda oleh badai pandemi virus corona. Virus ini memang sangat mematikan karena sudah menelan banyak sekali korban di seluruh dunia.

Berbicara mengenai virus, patogen kecil ini memang mempunyai banyak jenis. Umumnya penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus memang lebih sulit ditaklukan daripada bakteri. Hal itu dikarenakan virus lebih sering bermutasi sehingga membutuhkan usaha lebih untuk menemukan vaksin yang tepat.

Bahkan, ada virus yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya. Virus tersebut ialah HIV (Human imunnodeficiency virus) yang bisa menjadi AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Penularan penyakit ini lebih cenderung melalui hubungan seksual yang tidak menggunakan kondom.

HIV AIDS sangat mematikan di mata masyarakat. Selain karena belum ditemukan obatnya, virus ini umumnya tidak menunjukkan gejala yang signifikan pada beberapa tahun awal setelah infeksi terjadi. Banyak pengidapnya yang tidak menyadari mereka sudah terinfeksi sejak beberapa tahun silam.

Sahabat Pandawa, kami akan terus memberikan informasi dan artikel kesehatan untuk seluruh Sahabat Pandawa, khususnya artikel mengenai kesehatan kulit, kelamin, edukasi seks, dan juga tips trik kecantikan (estetika).

Nah, pada kesempatan kali ini Klinik Pandawa akan membahas tentang HIV AIDS mulai dari mengenal penyakit HIV AIDS, gejalanya, penyebabnya, dan juga faktor risikonya. Oleh karena itu, simak artikel ini sampai habis supaya kamu mendapat informasi yang bermanfaat ya. Daripada berlama-lama, langsung saja disimak yuk Sahabat Pandawa!

Mengenal penyakit HIV AIDS

HIV AIDS adalah penyakit menular seksual yang menyerang sistem imunitas tubuh. Human immunodeficiency virus atau HIV merupakan virus yang merusak sistem imun tubuh manusia dengan cara menginfeksi dan merusak sel CD4. Semakin banyak sel CD4 yang dirusak olehnya, kekebalan tubuh pengidapnya akan semakin melemah sehingga sangat rentan terserang berbagai penyakit.

Infeksi virus HIV yang dibiarkan tanpa penanganan bakal berkembang menjadi kondisi lebih serius yang disebut dengan Acquired Immune Deficiency Syndrome atau AIDS. AIDS merupakan tingkatan akhir dari infeksi virus HIV. Pada fase ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi penyakit sudah hilang sepenuhnya.

Sampai saat ini ilmuwan belum menemukan obat untuk menangani HIV dan AIDS. Meski demikian, ada obat untuk menghambat perkembangan penyakit tersebut dan bisa meningkatkan usia harapan hidup pengidapnya.

Gejala penyakit HIV AIDS

Gejala penyakit HIV terbagi dalam beberapa fase. Fase pertama adalah fase infeksi akut yang terjadi pada beberapa bulan pertama setelah individu terinfeksi virus ini. Pada tahap akut, sistem imunitas tubuh pengidapnya akan membentuk antibodi untuk melawan virus HIV. Fase awal umumnya tidak menunjukkan gejala yang signifikan, hanya berupa gejala penyakit ringan seperti flu, demam, ruam kulit, muntah, dan sebagainya yang bisa hilang dan kambuh.

Setelah beberapa bulan, infeksi HIV memasuki fase laten. Infeksi di fase ini bisa terjadi hingga beberapa tahun ataupun dekade. Pada tahap ini virus semakin berkembang dan merusak imunitas tubuh.

Gejala infeksi HIV pada fase laten bisa bervariasi. Beberapa penderita tidak merasa ada gejala apa pun selama tahap ini. Namun, beberapa penderita lainnya mengalami gejala seperti berikut ini:

  • Berat badan turun.
  • Berkeringat di malam hari.
  • Demam.
  • Diare.
  • Mual dan muntah.
  • Herpes zoster.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening.
  • Sakit kepala.
  • Tubuh terasa lemah.

Penanganan HIV pada tahap laten yang terlambat akan membuat virus HIV semakin berkembang. Keadaan ini membuat infeksi HIV memasuki tahap terakhir, yaitu AIDS. Saat penderita berada di fase ini, sistem kekebalan tubuh benar-benar rusak sehingga menyebabkan pengidapnya lebih mudah terserang infeksi lain.

Gejala AIDS meliputi:

  • Berat badan turun tanpa diketahui sebabnya.
  • Berkeringat di malam hari.
  • Muncul bercak putih di lidah, mulut, area intim, dan anus.
  • Demam lebih dari 10 hari.
  • Diare kronis.
  • Gangguan saraf.
  • Infeksi jamur.
  • Mudah memar atau berdarah tanpa sebab.
  • Mudah marah dan depresi.
  • Ruam atau bintik di kulit.
  • Sesak napas.
  • Tubuh selalu terasa lemah.

Penyebab penyakit HIV AIDS

Selain mengenal penyakit HIV AIDS dan juga gejalanya, kamu juga harus mengetahui penyebabnya. AIDS disebabkan oleh infeksi virus HIV yang sudah sangat parah. Virus HIV yang masuk ke dalam tubuh akan merusak sel CD4. Sel CD4 ini adalah bagian dari sel darah putih bertugas melawan infeksi. Semakin sedikit sel CD4 dalam tubuh maka akan semakin lemah pula sistem imunitas tubuh seseorang.

Penularan HIV AIDS hanya terjadi melalui pertukaran cairan tubuh seperti cairan kelamin dan darah. Umumnya infeksi menyebar lewat hubungan seksual tanpa menggunakan kondom. Selain itu, HIV juga bisa menular melalui penggunaan jarum suntik bersama dan juga transfuse darah dari pengidap penyakit ini. Cara penularan lain ialah lewat ibu hamil kepada bayinya ketika proses persalinan.

HIV AIDS bisa menjadi pertanda kamu terjangkit penyakit menular seksual lainnya

Sekarang kamu sudah mengenal penyakit HIV AIDS. Infeksi ini termasuk ke dalam penyakit menular seksual. Jadi, apabila kamu sudah terjangkit HIV AIDS bisa jadi kamu juga terkena infeksi menular seksual lainnya seperti kencing nanah, sifilis, dan juga herpes. Hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja karena jika kamu mengidap HIV AIDS dan juga terkena penyakit menular seksual lain bisa sangat berbahaya dampaknya.

Segeralah konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin jika kamu memiliki penyakit menular seksual. Kami merekomendasikan kamu melakukan pengecekan di KLINIK PANDAWA karena fasilitas klinik yang lengkap sangat menunjang pemeriksaan sampel penyakit.

Bila kamu membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai pengobatan maka kamu dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami. Silakan klik tautan ini “KONSULTASI ONLINE GRATIS”. Kamu juga dapat menghubungi kami secara langsung lewat Whatsapp atau nomor berikut 0821-1141-0672/ 021-62313337. Segala rahasia medis terjamin.

Share:

Satu pemikiran pada “Mengenal Penyakit HIV AIDS yang Sangat Mematikan: Bisa Jadi Terkena Infeksi Menular Seksual Lainnya”

Komentar ditutup.