Search
Close this search box.

Kutil Kelamin | Penyebab dan Cara Pengobatannya

Gonore | Klinik Kulit | Klinik Kelamin | Info Kesehatan

Ada banyak ancaman infeksi menular seksual yang menyerang pria maupun wanita. Salah satunya adalah kutil kelamin atau yang biasa pula disebut kutil genitalis serta genital warts. Penderitanya bakal menjumpai adanya benjolan atau kutil pada area sekitar kelamin.

Benjolan akibat genital warts bis timbul di beberapa area, termasuk di antaranya adalah:

  • Penis

  • Skrotum

  • Paha

  • Selangkangan

  • Anus, baik bagian dalam atau area di sekitarnya

Gejala Genital Warts

Benjolan yang terjadi akibat genital warts beda kalau dibandingkan dengan kutil biasa. Benjolan tersebut akan terlihat memiliki warna yang berbeda dengan kulit di sekitarnya, bisa berwarna pink cokelat, atau merah daging. Selain itu, Anda juga akan mendapati benjolan yang terlihat mengumpul menjadi satu sehingga sekilas akan mirip seperti kembang kol.

Selain area di sekitar kelamin, tidak menutup kemungkinan Anda akan menjumpai genital warts di mulut atau tenggorokan. Kondisi tersebut bisa saja terjadi ketika seseorang melakukan seks oral dengan penderita kutil kelamin.

mencegah kutil kelamin

Penyakit ini memang tidak menimbulkan komplikasi yang berbahaya. Hanya saja, kutil genitalis dapat menular dengan sangat mudah melalui aktivitas seksual. Ditambah lagi, penyakit ini juga dapat menimbulkan rasa tak nyaman, gatal, serta sakit di area yang terinfeksi.

Catatan penting, benjolan genital warts bisa saja memiliki bentuk yang sangat kecil. Oleh karena itu, tak jarang penderitanya bakal tak menyadari keberadaannya. Apalagi, benjolan tersebut bisa saja muncul di area yang sulit Anda lihat sendiri.

Benjolan tersebut bisa berkembang sangat pesat ketika terjadi infeksi HPV pada orang yang mempunyai sistem imun rendah. Pada situasi tersebut, kutil akan berkembang dan terlihat seperti membentuk sebuah koloni.

Penyebab Terjadinya Kutil Kelamin Pada Pria

Munculnya benjolan yang merupakan gejala dari genital warts terjadi karena infeksi oleh human papilomavirus (HPV). Hal yang perlu Anda ketahui, ada banyak jenis HPV, dan hampir 90 persen kasus genital warts disebabkan oleh HPV tipe 6 dan 11 yang memiliki risiko rendah. Ada beberapa fakta penting yang perlu Anda ketahui terkait HPV, yaitu:

  • Ada sekitar 30-40 jenis HPV yang secara dapat mempengaruhi area kelamin. Hanya saja, tidak semua jenis HPV tersebut adalah penyebab terjadinya kutil genitalis.

  • HPV dapat menular dengan sangat cepat melalui kontak langsung pada kulit. karena itu, penyakit ini termasuk dikategorikan sebagai infeksi menular seksual.

  • HPV merupakan virus yang banyak ditemukan pada tubuh manusia, dan hal ini cukup normal. Meski begitu, keberadaannya tidak serta merta menimbulkan kutil kelamin. Fakta di lapangan, mayoritas virus tersebut hilang dengan sendirinya dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan apapun.

Cara Pengobatan

Kutil genitalis memang bukan penyakit berbahaya. Anda bisa saja memilih untuk membiarkannya. kutil tersebut dibiarkan saja, sangat berisiko menular ke pasangan dan bahkan menyebar ke area lain. Anda pun bakal merasa sangat tidak nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas.

Meski tidak berbahaya, tidak menutup kemungkinan kalau kutil yang muncul di area kelamin adalah sel kanker. Oleh karena itu, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan apakah kutil tersebut termasuk sel kanker atau tidak.

Ada banyak cara pengobatan yang bisa Anda pilih untuk mengatasi kutil genitalis. Beberapa metode pengobatan tersebut di antaranya adalah:

  • Electrocautery. Metode ini memanfaatkan aliran listrik untuk membakar kutil yang ada di area kelamin. Proses menggunakan alat khusus tenaga medis yang terampil.

  • Freezing. Ada pula solusi pengobatan genital warts dengan melakukan pembekuan. Proses pembekuan benjolan dengan memanfaatkan nitrogen.

  • Laser. Berikutnya adalah cara pengobatan menggunakan laser. Dalam metode ini, tenaga medis akan menggunakan cahaya laser untuk menghancurkan pembuluh darah berukuran kecil yang ada dalam benjolan. Tujuannya adalah untuk memutus suplai darah ke benjolan tersebut.

  • Salep oles. pengobatan menggunakan salep. Pemberian salep tersebut berguna untuk menghentikan aliran darah menuju benjolan.

  • Bedah. Terakhir, ada pula solusi penanganan melalui operasi bedah. Solusi ketika benjolan berukuran cukup besar dan metode lain tidak memberikan hasil yang optimal.

Cara Pencegahan

Alih-alih melakukan pengobatan, Anda dapat memilih untuk melaksanakan tindakan preventif. Caranya adalah dengan mengikuti vaksinasi HPV. Vaksinasi tersebut dapat membantu Anda dalam memberi perlindungan terhadap beberapa jenis HPV, termasuk di antaranya adalah HPV penyebab kutil kelamin serta beberapa jenis kanker tertentu.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai kutil kelamin pada pria. Gangguan penyakit ini dapat menyerang siapa saja, khususnya pada mereka yang aktif secara seksual. ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan biar tidak menular ke orang lain.

Sebagai tambahan, pertimbangkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Apalagi, saat ini ada layanan konsultasi online dari Klinik Pandawa yang praktis. Lewat layanan ini, Anda dapat melakukan konsultasi kesehatan dari mana saja tanpa harus mengganggu pekerjaan.

Sumber artikel:

Benjolan Kecil atau Kutil Kelamin, Apakah Berbahaya?

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/4209-genital-warts

https://www.healthline.com/health/std/genital-warts#causes

Share: