Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Alami Kencing Bernanah? Hati-Hati Penyakit Gonore Mengintaimu

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

kencing nanah atau penyakit gonoreGambaran klinis dan riwayat penyakit pada perempuan berbeda dengan laki-laki. Hal ini disebabkan oleh perbedaan anatomi dan fisiologi alat kelamin laki-laki dan perempuan. Penyakit menular seksual (PMS) atau infeksi menular seksual (IMS), memang sudah lama dikenal. Beberapa PMS sangat populer di Indonesia, salah satunya yaitu penyakit kencing nanah atau gonore. Angka kejadian gonore (kencing nanah) terus mengalami peningkatan di berbagai negara di seluruh dunia. Pengidapnya paling banyak dijumpai pada remaja dan orang dewasa. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan aktivitas seksual pada umur tersebut cukup tinggi. Berikut penjelasan lengkap di bawah ini.

Apa Itu Penyakit Kencing Nanah ?

Kencing nanah atau Gonore disebabkan oleh bakteri (sel hidup yang kecil) disebut Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini cenderung menginfeksi area yang hangat dan lembab di tubuh. Bakteri tersebut bisa hidup pada uterus (rahim), leher rahim, uretra, rektum (anus), tenggorokan dan mata. Siapa pun yang aktif secara seksual dapat dengan mudah mengidap kencing nanah. Gonore adalah salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang dapat terjadi pada laki-laki ataupun perempuan.

Penyebab dan Faktor Gonore?

Penyebab kencing nanah biasanya ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak seksual. Anda bisa mendapatkan infeksi bilamana bersentuhan dengan orang yang terinfeksi melalui air mani atau sperma. Hal ini dapat terjadi melalui seks oral atau kotoran yang terinfeksi, dari vagina atau penis, tenggorokan atau anus.

Gonore atau kencing nanah paling sering menyebar pada bagian kemaluan. Hal ini umumnya disebabkan oleh hubungan seksual tak aman (hubungan seksual tanpa kondom) termasuk seks anal atau oral. Bisa juga terjadi karena berbagi mainan seks yang tidak dicuci dan hanya menutupi mereka dengan kondom baru setiap kali digunakan. Gonore juga dapat ditularkan dari wanita hamil kepada bayinya.

Apa Saja Gejala Penyakit Gonore ?

Sekitar setengah dari wanita dan satu dari sepuluh pria dengan kencing nanah (gonore) genital tidak akan memiliki tanda atau gejala yang jelas. Tanda dan gejala bisa muncul hingga 1–14 hari setelah kontak dengan pengidap gonorrhea berbulan-bulan kemudian. Infeksi yang menyebar ke bagian lain dari tubuh menimbulkan rasa nyeri, bengkak, iritasi dan keluar cairan pada kelamin. Anda dapat memperhatikan hal-hal berikut apabila terjadi keanehan pada alat reproduksi, seperti:

Pada alat kelamin wanita, akan muncul keputihan yang tidak biasa. Umumnya cairan berbentuk tipis atau berair, kuning atau hijau. Keputihan ini menimbulkan nyeri saat buang air kecil, sakit perut bagian bawah atau nyeri tekan. Terkadang juga timbul perdarahan antar haid atau gejala yang lebih berat. Sedangkan pada alat kelamin laki-laki, muncul cairan keputihan yang tidak biasa dari ujung penis. Cairan tersebut berwarna kuning atau hijau dan menimbulkan nyeri saat buang air kecil, atau nyeri pada buah zakar.

Apa bahaya dan komplikasi Penyakit Gonore apabila tidak segera diobati?

Wanita berisiko lebih besar mengalami komplikasi jangka panjang dari infeksi yang tidak diobati. Infeksi kencing nanah (gonore) yang tidak di obati pada wanita dapat menyebar ke saluran reproduksi dan masuk ke dalam uterus, tuba fallopii, dan ovarium. Disebut sebagai penyakit radang panggul (PID) dan dapat menyebabkan sakit parah dan kronis serta merusak organ reproduksi wanita. PID dapat disebabkan oleh penyakit menular seksual lainnya.

Dapat terjadinya infeksi bahkan kerusakan pada bagian parut dan tuba falopi wanita hingga mencegah kehamilan (mandul) di masa depan atau menyebabkan kehamilan ektopik dimana sel telur yang dibuahi berada di luar rahim. Infeksi Gonore juga dapat terjadi pada bayi yang baru lahir selama persalinan sehingga dapat menyebabkan bayi ikut terular dan mengalami kebutaan apabila melewati jalan lahir atau vagina.

Pria mungkin mengalami jaringan parut pada uretra dan menyebabkan kerusakan pada bagian reproduksi, juga dapat mengembangkan abses yang menyakitkan di bagian dalam penis. Infeksi dapat menyebabkan berkurangnya kesuburan atau kemandulan. Pada saat infeksi gonore mulai menyebar pada aliran darah, baik pria maupun wanita dapat mengalami radang sendi, kerusakan katup jantung, radang selaput otak, dan sumsum tulang belakang. Ini adalah kondisi yang jarang terjadi namun adalah hal yang serius.

Apakah pengobatan atau prosedur yang dilakukan terhadap Penyakit Gonore?

Perihal pengobatan penyakit kencing nanah ini membutuhkan penanganan dan pengobatan yang tepat dari tenaga kesehatan yang profesional serta terlatih pada bidangnya. Pengobatan secara medis tidak dapat dilakukan sendiri tanpa pengawasan dokter, oleh karena itu dibutuhkan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut terhadap penyakit agar didapatkan hasil yang akurat dan penanganan yang tepat.

Pengobatan Penyakit Kencing Nanah di Klinik Kulit Kelamin

Bagi Anda yang mengalami beberapa ciri-ciri dan pertanda kencing nanah, segera lakukan penindakan lebih lanjut. Klinik Kulit Kelamin terdepan dalam memberikan solusi pengobatan kencing nanah.

Apabila Anda membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silakan hubungi layanan konsultasi dokter online kami tanpa pungutan biaya melalui Whatsapp / SMS / HP : 0821-1141-0672. Segala rahasia medis Anda terjamin keamanannya.