Search
Close this search box.

Gejala Mycoplasma Genitalium & Komplikasi Penyakit Sebabkan Kemandulan!

Penyakit menular seksual (PMS) yang paling banyak ditakuti adalah HIV/AIDS. Padahal, selain HIV/AIDS, ada banyak penyakit lain yang tak kalah berbahaya. Salah satunya adalah mycoplasma genitalium.

Kalau terinfeksi penyakit mycoplasma genitalium, Anda perlu segera memeriksakan diri ke klinik kelamin Jakarta terdekat.  Berbeda dengan HIV/AIDS, mycoplasma genitalium memang tidak menimbulkan komplikasi yang parah seperti kematian.

Namun, komplikasi penyakit ini bisa memunculkan gangguan kesehatan dan ketidaknyamanan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah risiko terjadinya kemandulan yang sifatnya permanen. 

Apa itu Mycoplasma Genitalium?

Mycoplasma genitalium (MG) merupakan tipe bakteri yang menyebabkan gangguan penyakit menular seksual. Penyakit ini sudah ada sejak lama. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat mengungkapkan kalau MG telah muncul sejak tahun 1980-an. Infeksi MG pun bisa terjadi pada pria maupun wanita. 

Data terkait jumlah penderita MG di seluruh dunia memang sangat minim. Meski begitu, laman WebMD menyebutkan kalau hasil temuan para peneliti mengungkap bahwa bakteri MG dapat ditemukan setidaknya pada 1 dari 100 orang dewasa. 

Artikel Lainnya: Gejala Radang Panggul Wanita Nyeri di Perut Bawah

Gejala Penyakit Mycoplasma Genitalium

Penyakit MG tidak selalu menunjukkan gejala. Pada pria, gejala yang muncul bisa sangat jelas. Namun, lain halnya dengan kasus MG pada wanita. Dalam banyak kejadian, penderita MG wanita tak tahu kalau dirinya terinfeksi bakteri MG. Oleh karena itu, penting bagi Anda melakukan pemeriksaan ke klinik kelamin Jakarta. 

Kalaupun muncul, gejala penyakit MG memiliki kemiripan dengan penyakit menular seksual lain, seperti: 

Gejala MG Pada Pria

  • Keluar cairan dari ujung penis
  • Rasa panas dan nyeri ketika kencing

Gejala MG Pada Wanita

  • Vagina mengeluarkan cairan
  • Muncul rasa sakit saat berhubungan seksual
  • Vagina mengalami pendarahan setelah melakukan hubungan seksual
  • Pendarahan yang terjadi di antara periode
  • Rasa sakit yang berasal dari area panggul
Source: Youtube / Klinik Utama Pandawa

Komplikasi Mycoplasma Genitalium

Penyakit MG termasuk salah satu penyakit menular seksual yang bisa sembuh secara total. Kalau tak segera menjalani pemeriksaan dan pengobatan ke rumah sakit atau klinik kelamin Jakarta, MG berisiko menimbulkan berbagai komplikasi, seperti: 

1. Urethritis

Jenis komplikasi gangguan MG yang pertama adalah urethritis. Komplikasi ini terjadi ketika uretra mengalami peradangan, membengkak, dan terasa gatal. Gangguan komplikasi dalam bentuk urethritis bisa terjadi pada penderita MG pria dan wanita. 

Gejala yang kerap muncul pada penderita urethritis di antaranya adalah: 

  • Muncul rasa ingin buang air kecil yang sangat sering
  • Kesulitan ketika memulai buang air kecil
  • Rasa sakit dan nyeri saat melakukan hubungan seksual
  • Cairan yang keluar dari vagina atau penis
  • Pada pria, terdapat kemungkinan adanya darah yang tercampur urine atau sperma

2. Penyakit Radang Panggul

Selanjutnya, ada pula komplikasi berupa penyakit radang panggul atau pelvic inflammatory disease (PID). Gangguan ini mempengaruhi berbagai jenis organ reproduksi pada wanita, di antaranya adalah serviks, tuba fallopi, uterus, dan ovarium. 

Penyakit radang panggul dapat menimbulkan rasa sakit pada area di bawah perut. Kalau tak segera mendapatkan penanganan medis, PID bisa menimbulkan komplikasi berupa kemandulan. Di Amerika Serikat, ada sekitar 770 ribu kasus penyakit radang panggul setiap tahunnya. 

Beberapa gejala yang bisa Anda kenali dari penyakit radang panggul di antaranya adalah: 

  • Rasa sakit yang bersumber di bawah perut dan panggul
  • Keluar cairan dengan bau tak sedap dari vagina
  • Pendarahan luar biasa saat memasuki masa menstruasi
  • Rasa sakit atau nyeri ketika melakukan hubungan seksual dan buang air kecil
  • Demam dan mual

Kalau Anda mendapati adanya gejala tersebut, segera periksa ke dokter di rumah sakit atau klinik kelamin Jakarta. Anda bisa segera memperoleh penanganan medis dan terhindar dari komplikasi berupa kemandulan. 

3. Cervicitis

Terakhir, ada komplikasi penyakit MG dalam bentuk gangguan cervicitis. Gangguan ini terjadi ketika organ serviks mengalami peradangan. Cervicitis merupakan jenis gangguan kesehatan yang sangat sering terjadi. Penyebabnya bukan cuma MG, tetapi juga infeksi, alergi, atau iritasi. 

Gejala yang bisa Anda kenali dari gangguan cervicitis di antaranya adalah: 

  • Keluar cairan dengan warna abu-abu atau kuning pucat dari area vagina
  • Pendarahan pada vagina, biasa terjadi setelah melakukan hubungan seksual atau di antara periode menstruasi
  • Rasa sakit ketika berhubungan intim
  • Nyeri dan intensitas buang air kecil yang mengalami peningkatan
  • Dalam kondisi langka, bisa menimbulkan rasa sakit pada bagian perut atau panggul

4. Cara Pengobatan Mycoplasma di Klinik Kelamin Jakarta

Pengobatan untuk pasien MG sangat bisa dilakukan. Hanya saja, upaya pengobatan tersebut bisa cukup tricky. Anda bisa menggunakan antibiotik untuk mengobati MG. Hanya saja, antibiotik seperti penisilin tidak akan bekerja dalam mengatasi infeksi MG. 

Penisilin bekerja dengan cara merusak dinding sel bakteri. Namun, MG merupakan bakteri yang tidak mempunyai dinding sel. Oleh karena itu, penisilin bukanlah jenis antibiotik yang cocok untuk mengatasinya. 

Sebagai gantinya, Anda akan memperoleh penanganan medis berupa pemberian azithromycin. Kalau obat tersebut tidak manjur, terdapat alternatif menggunakan moxifloxacin. Selama pengobatan di klinik kelamin Jakarta, Anda juga perlu menjalani diagnosis penyakit lain, termasuk radang panggul, urethritis, serta cervicitis. 

Baca Juga: Apa itu Uretritis? Ketahui Gejala, Pengobatan, dan Penyebabnya

Kapan Harus ke Dokter?

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai gangguan penyakit menular seksual MG yang perlu Anda waspadai. Upaya pencegahan jadi tindakan terbaik yang bisa Anda lakukan biar terhindar dari berbagai komplikasi akibat MG. 

Lakukan pencegahan dengan deteksi dini MG di Klinik Utama Pandawa. Layanan kesehatan ini adalah klinik kelamin Jakarta terbaik yang menyediakan layanan klinik kulit dan kelamin berkualitas dan lengkap. 

Ada layanan konsultasi dokter online secara gratis dari Klinik Utama Pandawa yang bisa Anda manfaatkan. Praktis dan gratis, lho! (Rahasia Terjamin).

Referensi: 

Share: