Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Kenali Ciri-ciri Penyakit Sipilis Sebelum Mengalami Komplikasi

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

ciri-ciri penyakit sipilisCiri-ciri Penyakit Sipilis – Hai Sahabat Pandawa semua! Gimana kabar kalian hari ini nih? Semoga Sobat Pandawa semua selalu sehat ya. Sangat penting untuk tetap sehat selama pandemi ini, termasuk juga kesehatan area intim.

Area intim atau area kemaluan sebenarnya adalah area yang cukup tertutup karena sangat privat bagi seseorang. Namun, nyatanya daerah tersebut sangat rawan terkena penyakit dan juga infeksi. Biasanya penularan infeksi di kelamin terjadi saat melakukan hubungan seksual.

Terdapat banyak penyakit menular seksual yang bisa menular melalui hubungan seks yang tidak aman (tanpa memakai kondom). Salah satunya adalah penyakit sipilis (sifilis) atau yang dikenal juga dengan penyakit raja singa.

Penyakit sipilis sangat mematikan karena komplikasi yang terjadi dapat menyerang berbagai organ vital seperti saraf dan juga otak. Oleh karena itu, patut untuk kita mengetahui apa saja ciri-ciri penyakit sipilis agar bisa melakukan pengobatan sebelum terjadi komplikasi.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyakit sipilis, terutama ciri-ciri penyakit sipilis. Oleh karena itu, sebaiknya kalian menyimak artikel ini sampai selesai agar mendapatkan informasi yang bermanfaat. Daripada berlama-lama lagi, langsung aja yuk disimak!

 

Apa itu penyakit sipilis?

Sipilis (sifilis) atau yang dikenal juga dengan penyakit raja singa adalah salah satu penyakit menular seksual. Sama halnya dengan gonore, sipilis, yang merupakan infeksi menular seksual, dapat ditularkan melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi sifilis. Bagi kamu yang memiliki kebiasaan berganti pasangan seks, tidak bisa dipungkiri kamu juga berisiko tertular penyakit kelamin ini.

Bakteri Treponema pallidum pada sipilis menembus dan menginfeksi seseorang melalui luka di vagina, penis, rektum (anus), bibir atau mulut. Penularannya juga bisa menyerang melalui cairan tubuh seperti darah. Akibatnya penyakit ini bisa menyebar akibat penggunaan jarum suntik yang tidak steril seperti tato, tindik, bahkan penggunaan obat-obatan.

Ciri-ciri penyakit sipilis yang sangat terlihat jelas adalah adanya luka di daerah kelamin yang seringkali tidak terlihat dan menyakitkan, sehingga orang yang mengalaminya sering luput dari perhatian. Namun, pada tahap ini, infeksi bisa menyebar ke orang lain.

Tanpa pengobatan yang tepat, penyakit ini dapat merusak otak, jantung, dan beberapa organ lainnya. Pada ibu hamil, infeksi alat kelamin ini dapat menyebabkan kondisi janin yang tidak normal bahkan kematian pada bayi. Selain itu, sifilis juga bisa ditularkan dari ibu ke bayi selama persalinan.

 

Ciri-ciri penyakit sipilis

Agar tidak tertular penyakit kelamin ini, sebaiknya kamu juga mengetahui ciri-ciri penyakit sipilis. Hal ini sangat penting untuk diketahui agar kamu dapat segera melakukan penanganan dini sebelum terkena bahaya yang lebih lanjut. Selain itu, hal ini juga dapat menghindari pasangan kamu terinfeksi penyakit ini. Berikut ciri-ciri sipilis yang harus kamu perhatikan.

 

  • Gejala sipilis primer

Ciri-ciri penyakit sipilis pada tahap primer adalah luka kecil, tidak nyeri, kencang, kering, dan bulat yang disebut chancres. Luka ini muncul kira-kira 3 minggu setelah terpapar. Luka ini bisa muncul di mana saja, seperti di sekitar mulut, alat kelamin, atau dubur.

Banyak penderita sipilis tidak memerhatikan luka karena biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan dapat disembunyikan. Chancres tidak menyakitkan, tapi sangat menular. Nyeri muncul rata-rata tiga minggu setelah infeksi, tetapi mungkin perlu waktu 10–90 hari untuk berkembang.

Chancres akan hilang dalam 3 sampai 6 minggu, tetapi tanpa pengobatan, penyakit ini dapat berkembang ke fase berikutnya. Sifilis ditularkan melalui kontak langsung dengan luka. Ini biasanya terjadi saat melakukan aktivitas seks, termasuk seks oral.

 

  • Gejala sipilis sekunder

Dalam beberapa minggu setelah timbulnya chancres atau luka, seseorang yang menderita sipilis akan mendapatkan ruam yang dimulai pada batang tubuh dari leher sampai pinggang, termasuk telapak tangan dan telapak kaki. Ruam ini biasanya tidak menimbulkan rasa gatal dan disertai luka seperti kutil di mulut atau area kelamin. Ruam ini juga dapat menutupi seluruh tubuh kamu.

Beberapa orang juga mengalami kerontokan rambut, nyeri otot, demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, penurunan berat badan, kelelahan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Tanda dan gejala ini dapat hilang dalam beberapa minggu atau berulang kali datang dan pergi selama setahun. Sipilis sekunder yang tidak diobati dapat berlanjut ke tahap laten dan tersier.

 

  • Gejala sipilis laten

Jika sifilis sekunder tidak segera diobati, penyakit berkembang dari tahap sekunder ke tahap laten. Tahap laten bisa memakan waktu bertahun-tahun. Selama ini, tubuh akan membawa penyakit asimtomatik.

Gejala primer dan sekunder hilang dan tidak akan ada gejala yang sebenarnya pada tahap ini. Namun, bakteri tetap ada di dalam tubuh. Tahap ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berkembang menjadi sifilis tersier.

 

  • Gejala sipilis tersier

Setelah melewati berbagai tahap, sipilis berakhir pada gejala tersier. Pada tahap ini ciri-ciri penyakit sipilis sudah mencapai fase akhir. Sekitar 15 – 30 persen orang yang terkena sifilis jika tidak mendapatkan pengobatan akan mengalami komplikasi yang disebut sifilis tersier (lanjut). Sifilis tersier sendiri hanya dapat diamati 10-30 tahun setelah permulaan infeksi, biasanya setelah periode laten tanpa gejala.

Sifilis tersier bisa mengancam nyawa. Gejala pada tahap ini berujung pada komplikasi kerusakan jantung, pembuluh darah, hati, tulang dan persendian, pembengkakan jaringan lunak di mana saja di tubuh, dan kerusakan organ.

Sifilis tersier dapat menyebabkan komplikasi lain seperti kebutaan, gangguan pendengaran, hilang ingatan, kerusakan jaringan lunak dan tulang, gangguan neurologis seperti stroke atau meningitis, dan penyakit jantung.

 

Penyebab sipilis

Tadi sudah sempat dijelaskan bahwa ciri-ciri penyakit sipilis terbagi ke dalam 4 fase. Tapi kalian tahu nggak apa yang menjadi penyebab utama penyakit ini? Sipilis disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum. Bakteri ini akan menyebar saat pengidap penyakit sipilis melakukan hubungan seksual dengan pasangan seksnya.

 

Faktor risiko sipilis

Bagi mereka yang ingin memiliki banyak pasangan, kemungkinan lebih mudah tertular sipilis. Pasalnya, penyebaran penyakit ini sangat mudah ditularkan melalui aktivitas seksual. Selain itu, hubungan seksual yang tidak aman juga dapat memfasilitasi penularan. Itu serupa dengan orang-orang dari jenis kelamin yang sama.

Penderita HIV juga memiliki faktor risiko yang lebih tinggi karena mereka lebih rentan terhadap penularan dan penularan sifilis. Oleh karena itu, ketika kamu terkena sifilis, bukan berarti kamu kebal terhadap infeksi serupa. Namun, hal buruknya adalah kamu bisa terinfeksi. Sifilis bisa disembuhkan jika segera diobati. Namun, jika penyakit ini tidak dikendalikan, dapat menyebabkan komplikasi yang fatal.

 

Pengobatan sipilis di Klinik Pandawa

Sekarang kalian sudah mengetahui apa itu sipilis beserta ciri-ciri penyakit sipilis dan penyebabnya. Jika mengalami gejala tersebut maka sebaiknya segera menemui dokter spesialis kulit dan kelamin untuk melakukan tindakan lebih lanjut.

Klinik pandawa merupakan salah satu klinik kulit & kelamin tepercaya di Jakarta. Kami memiliki dokter spesialis kulit dan kelamin yang ahli dalam menangani kasus penyakit menular seksual seperti sipilis dan sebagainya.

Untuk informasi dan layanan lebih lanjut dapat menghubungi dokter online kami di 0821-1141-0672 / 021-62313337 SMS / WA / telepon atau klik layanan kami di sini. Semua rahasia medis dijamin.