ulkus mole

Ulkus Mole (Ulkus Kelamin): Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

ulkus mole
Ulkus mole bisa terjadi karena beberapa penyakit menular seksual lainnya

Ulkus Mole – Halo Sahabat Pandawa, apa kabar? Semoga sehat selalu ya! Alat kelamin adalah salah satu organ yang butuh perawatan ekstra. Hal tersebut dikarenakan manusia lebih menyukai merawat hal yang bisa dilihat banyak orang seperti wajah dan kulit.

Oleh karena itu, banyak orang yang kurang peduli dengan kesehatan organ intim. Padahal, area tersebut cukup berisiko terserang berbagai macam penyakit seperti penyakit menular seksual dan sebagainya. Masalah yang juga sering menimpa area kelamin adalah ulkus mole atau ulkus kelamin.

Seperti biasa, Klinik Pandawa selalu memberikan edukasi tentang kesehatan organ reproduksi. Pada kesempatan kali ini Klinik Pandawa akan membahas mengenai penyakit ulkus mole. Akan dibahas tentang pengertian, gejala, penyebab, bahaya, hingga cara mengobatinya.

Supaya tambah jelas, mari baca artikel ini sampai habis ya Sahabat Pandawa. Yuk disimak!

Pengertian ulkus mole

Ulkus mole atau yang dikenal juga sebagai ulkus kelamin adalah luka yang terjadi pada area kelamin atau genital. Selain pada area tersebut, ulkus (luka) juga dapat timbul pada anus dan kulit di sekitarnya.

Gangguan ini merupakan luka yang cukup menyakitkan dan memerlukan waktu yang lama untuk sembuh. Luka tersebut pun bisa muncul kembali di lain waktu. Luka yang terjadi pada ulkus mole bisa bermula dari benjolan ataupun ruam yang terkadang mengakibatkan nyeri dan mengeluarkan cairan.


Gejala ulkus mole

Mirip dengan penyakit menular seksual lainnya, tanda-tanda dari masalah ini bisa diketahui. Hal itu karena gejalanya mudah dilihat ataupun dirasakan. Jadi, Sahabat Pandawa bisa mendiagnosis dini masalah ini sebelum berkonsultasi ke dokter.

Luka pada kelamin bisa dideteksi oleh gejala-gejala ini. Berikut adalah beberapa gejala dari ulkus mole yang umum terjadi pada pria ataupun wanita:

  • Terdapat benjolan atau ruam di sekitar ulkus (luka)
  • Luka dan daerah sekitarnya terasa nyeri
  • Alat kelamin seringkali gatal
  • Demam
  • Terdapat pembengkakan kelenjar di sekitar selangkangan
  • Luka mengeluarkan cairan
  • Timbul rasa nyeri ketika buang air kecil (BAK)

Penyebab ulkus mole

Masalah luka pada alat kelamin ini paling sering disebabkan oleh infeksi menular seksual. Beberapa penyakit menular seksual yang kerapkali menjadi penyebab munculnya luka di kelamin di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Herpes genital
  • Sifilis
  • Granuloma inguinale
  • Lymphogranuloma venereum
  • Chancroid

Dalam beberapa kasus, ulkus mole juga bisa terjadi karena infeksi yang bukan ditularkan melalui hubungan seksual. Mulai dari roses penularan hingga terinfeksinya kelamin belum bisa dipastikan sepenuhnya. Akan tetapi, kondisi ini lebih cenderung menimpa orang dengan kekebalan imun tubuh yang lemah.

Selain infeksi, luka pada alat kelamin pun bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Penyakit peradangan. Contohnya seperti penyakit Crohn, sindrom Steven-Johnson, dan sindrom Behcet.
  • Cedera di daerah alat vital
  • Reaksi alergi terhadap produk perawatan kulit.
  • Efek samping dari obat-obatan seperti obat antiradang atau hydroxyurea.

Faktor risiko ulkus mole

Terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya luka pada alat kelamin. Berikut adalah sebagian faktornya:

  • Laki-laki yang tidak disunat.
  • Tidak melakukan hubungan seksual yang sehat.
  • Sering bergonti-ganti pasangan seks
  • Tidak mengenakan kondom saat berhubungan seks
  • Sering melakukan seks anal dan seks oral

Diagnosis ulkus mole

Dalam mendiagnosis masalah ini, dokter perlu tahu tentang riwayat penyakit serta kebiasaan yang dilakukan oleh si pasien. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik pada pasien, terutama untuk melihat kondisi luka yang terjadi. Untuk mengetahui tentang penyebabnya pastinya maka tes berikut akan dilakukan:

  • Dokter mengambil sampel cairan luka atau tes darah. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui tentang penyebab masalah luka.
  • Apabila tidak terbukti adanya infeksi yang menyebabkan timbulnya luka, dokter juga mengambil sampel jaringan luka serta jaringan kulit di sekitarnya.

Bahaya komplikasi ulkus mole

Komplikasi bisa muncul apabila luka pada kelamin tersebut tidak segera ditangani. Komplikasi dapat meliputi munculnya infeksi lain. Beberapa di antaranya seperti peradangan yang semakin parah, jaringan parut (luka permanen), ataupun juga lengket di sekitar alat genital.

Pada ibu hamil, masalah ini yang diakibatkan oleh infeksi bisa ditularkan kepada bayi ketika persalinan. Gangguan ini juga bisa menyebabkan masalah pada sistem saraf dan juga jantung.

Pengobatan ulkus mole di Klinik Pandawa Jakarta

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Sahabat Pandawa. Apabila Sahabat Pandawa menemukan beberapa gejala yang sudah disebutkan di atas tadi maka jangan ragu untuk berobat. Jangan dibiarkan begitu saja karena bisa menimbulkan berbagai komplikasi lain.

Anda bisa mengunjungi KLINIK PANDAWA untuk berkonsultasi tentang masalah penyembuhan gangguan ini. Klinik Pandawa memiliki dokter penyakit kulit dan kelamin yang sudah berpengalaman dalam menangani masalah ini. Banyak pasien kami yang berhasil sembuh dan merasa puas dengan pelayanan kami.

Jika Sahabat Pandawa perlu informasi lebih lanjut maka dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami lewat link berikut ini KONSULTASI ONLINE GRATIS.Sahabat Pandawa juga dapat menghubungi kami lewat nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Comments are closed.

Newsletter

Subscribe

Subscribe to our newsletter to get the first information & Special offer every week.