Search
Close this search box.

Tes Gonore: Kunci Diagnosis Dini !!!

Gonore | Klinik kelamin | klinik Kulit | Info Kesehatan

GonoreGonore bukanlah lelucon penyakit. Disebabkan oleh bakteri neisseria gonorrhoeae, PMS ini bisa sangat menyakitkan dan berpotensi berdampak serius pada sistem reproduksi dan bagian tubuh lainnya jika dibiarkan. Jelas, sangat penting untuk dapat mengenali gejalanya sebelum mereka memiliki kesempatan untuk mendatangkan malapetaka pada Anda atau tubuh pasangan Anda.

Pengetahuan ini, dikombinasikan dengan tes gonore secara teratur untuk orang dewasa yang aktif secara seksual, dapat membantu membendung penyebaran penyakit yang tidak nyaman itu. Jika gonore terdeteksi cukup dini, efek terburuknya dapat dicegah dan gejalanya dapat dihilangkan tanpa kerusakan yang bertahan lama. Anda harus mempersenjatai diri dengan pengetahuan ini dan bersiaplah untuk apa pun dengan menjalani tes di klinik yang andal.

Gejala gonore muncul relatif cepat, biasanya dalam empat hingga enam hari setelah infeksi. Gejala-gejala ini bervariasi menurut jenis kelamin, tetapi kedua jenis kelamin berisiko untuk membawa dan menderita penyakit ini.

Gambar Gonore

penyebab keputihan encer

Tanda Peringatan untuk Wanita

Setengah dari wanita yang terjangkit gonore tetap asimtomatik. Dari mereka yang menunjukkan gejala, penyebab umum adalah pendarahan saat berhubungan seks melalui vagina, rasa sakit yang tajam atau rasa terbakar saat buang air kecil, dan/atau keputihan yang berubah warna atau berdarah. Ada juga risiko menstruasi tidak teratur, nyeri perut bagian bawah, dan gatal-gatal pada alat kelamin saat penyakit berkembang ke stadium lanjut.

Gejala wanita bisa sangat ringan, yang berbahaya karena bisa membuat Anda salah mengira infeksi gonore sebagai infeksi kandung kemih atau penyakit lain yang kurang serius. Jangan salah: jangan serahkan diagnosis pada penilaian Anda! Jika dan ketika gejala ini pertama kali muncul, serahkan pada ahlinya dan mintalah tes gonore. Diagnosis dini dapat berarti pemulihan total tanpa efek jangka panjang.

Tanda Peringatan untuk Pria

Gejala biasanya jauh lebih jelas untuk pria, meskipun tidak kalah mengganggu; ketahuilah bahwa sebagian kecil pria juga tetap asimtomatik. Gejala peringatan dini pada anatomi pria termasuk keluarnya cairan dari penis (bening, kuning, atau bahkan berdarah) dan/atau nyeri tajam di uretra (terutama saat buang air kecil).

Pastikan dokter Anda tahu jika Anda secara teratur melakukan seks oral atau seks anal reseptif. Ini dapat memengaruhi pengujian dan rencana perawatan gonore Anda, dan juga dapat menyebabkan gejala tambahan untuk kedua jenis kelamin, termasuk keluarnya cairan dari dubur, pendarahan dubur, atau sakit tenggorokan.

Video Ciri Ciri Gonore

Mengapa Diagnosis Dini Penting?

Jauh lebih mudah dan lebih murah bagi klinik PMS untuk melakukan tes gonore dan meresepkan antibiotik pada tahap awal penyakit daripada menangani komplikasi tahap akhir, terutama jika Anda sedang hamil. Jika Anda hanya hidup dengan penyakit selama beberapa hari, tubuh Anda secara alami cukup tangguh untuk membuat Anda kembali normal setelah pengobatan selesai.

Di sisi lain, gonore yang tidak diobati dapat dan memang menyebabkan lesi kulit, bentuk radang sendi, infertilitas, atau bahkan kebutaan. Juga, perlu diingat bahwa memiliki satu PMS seperti gonore menempatkan Anda pada peningkatan risiko secara dramatis untuk tertular PMS lain, seperti HIV atau Klamidia.

Satu-satunya metode yang terbukti untuk mencegah gonore adalah pantang (tidak mungkin) atau hubungan seks monogami dengan pasangan yang bersih (cukup mungkin). Menggunakan kondom dengan cara yang ditentukan juga sangat membantu mencegah infeksi gonore. Namun, Anda tidak dapat mengetahui segalanya, dan terkadang perkembangan yang tidak terduga dapat menyebabkan penyakit yang tidak diinginkan.

Dengan pemikiran ini, mengetahui tanda-tanda peringatan benar-benar adalah kunci untuk diagnosis dini dan keberhasilan pengelolaan gonore. Anda tidak harus menunggu mereka pergi sendiri-yang, omong-omong, bukan merupakan indikator bahwa Anda tidak lagi memiliki penyakit-dan Anda tidak perlu ragu jika Anda atau teman Anda menunjukkan gejala ini. Bahkan jika Anda tidak memiliki gejala, sangat disarankan agar Anda memeriksakan diri secara teratur sebagai bagian dari perawatan kesehatan rutin Anda.

Share: