Search
Close this search box.

Prosedur Blepharoplasty (Sebelum dan Sesudah)

Operasi kelopak mata atau blepharoplasty adalah jenis operasi plastik yang sedang naik daun, lantas seperti apa hasil sebelum dan sesudah dari prosedur ini?

Dengan seiring bertambahnya usia, kulit di sekitar kelopak mata cenderung menjadi lebih kendur dan kantung mata dapat muncul. 

Operasi blepharoplasty dapat membantu menghilangkan kulit yang kendur di kelopak mata, memperbaiki garis bulu mata yang turun, dan menghilangkan kantung mata yang terlihat.

Definisi Blepharoplasty

Blepharoplasty adalah operasi kosmetik yang dilakukan oleh dokter bedah plastik, yang bertujuan untuk memperbaiki tampilan kelopak mata. 

Prosedur ini dapat dilakukan pada kelopak mata atas maupun bawah. Pada kelopak mata atas, operasi untuk menghilangkan kulit yang kendur dan mengangkat lipatan yang turun. 

Pada kelopak mata bawah, operasi untuk menghilangkan kantung mata yang terlihat dan mengurangi kerutan di sekitar mata.

Prosedur Operasi Blepharoplasty

Prosedur Operasi Blepharoplasty
Prosedur Operasi Blepharoplasty

Berikut adalah langkah-langkah yang biasanya terjadi sebelum dan sesudah blepharoplasty:

A. Prosedur Sebelum Blepharoplasty

Berikut adalah prosedur yang terjadi sebelum prosedur blepharoplasty:

  1. Konsultasi dengan Dokter 

Langkah pertama adalah menjadwalkan konsultasi dengan dokter bedah plastik yang berpengalaman. 

Selama konsultasi ini, Anda akan mendiskusikan tujuan dan harapan estetika Anda, serta memeriksa apakah Anda adalah kandidat yang cocok untuk prosedur ini.

  1. Evaluasi Kesehatan 

Dokter akan melakukan evaluasi kesehatan menyeluruh untuk memastikan bahwa Anda dalam kondisi fisik yang baik untuk menjalani bedah. Ini termasuk pemeriksaan medis dan diskusi tentang riwayat kesehatan Anda.

  1. Penjelasan Prosedur 

Dokter akan menjelaskan prosedur blepharoplasty, termasuk apa yang akan terjadi selama operasi, risiko yang terkait, dan hasil yang diharapkan. Anda juga akan berdiskusi tentang jenis anestesi yang akan digunakan.

  1. Perencanaan Operasi 

Jika Anda memutuskan untuk melanjutkan dengan blepharoplasty, jadwal operasi akan direncanakan. 

Dokter akan memberikan instruksi khusus tentang persiapan praoperasi, termasuk panduan makanan dan minuman sebelum operasi.

B. Prosedur Sesudah Blepharoplasty

Berikut adalah prosedur yang terjadi sesudah prosedur blepharoplasty terlaksana:

  1. Pemulihan Pascaoperasi 

Setelah operasi selesai, tim medis akan membawa Anda akan ke ruang pemulihan. Anda mungkin akan merasa mengantuk dan bengkak di area kelopak mata. Anda harus memiliki seseorang yang dapat mengantarkan Anda pulang setelah prosedur.

  1. Perawatan dan Medikasi 

Dokter akan memberikan instruksi tentang perawatan pascaoperasi, termasuk penggunaan obat-obatan yang membantu mengurangi nyeri dan pembengkakan. 

Anda juga akan memperoleh perban atau plester yang mungkin harus Anda gunakan sementara.

  1. Istirahat 

Tim medis akan menyarankan Anda untuk istirahat yang cukup setelah blepharoplasty. Ini berarti menghindari aktivitas fisik yang berat dan menjaga kepala lebih tinggi saat tidur untuk mengurangi pembengkakan.

  1. Pemantauan dan Tindak Lanjut 

Anda akan menjalani pemeriksaan tindak lanjut dengan dokter Anda untuk memastikan pemulihan yang lancar. Dokter akan menghapus perban atau plester sesuai jadwal yang ditentukan.

  1. Hasil dan Kepuasan 

Hasil blepharoplasty mungkin tidak terlihat sepenuhnya sampai bengkak dan memar hilang sepenuhnya, yang bisa memakan waktu beberapa minggu. 

Kepuasan dengan hasil akhir akan bervariasi, tetapi banyak pasien melaporkan perbaikan signifikan dalam penampilan mereka.

Baca Juga: Operasi Kelopak Mata Atas: Manfaat, Prosedur, & Biaya

Manfaat Blepharoplasty

Manfaat Blepharoplasty
Sebelum dan Sesudah Blepharoplasty

Blepharoplasty adalah prosedur bedah kosmetik yang dilakukan pada kelopak mata untuk mengatasi masalah estetika atau fungsional. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari blepharoplasty:

1. Menghilangkan Kantung Mata

Blepharoplasty dapat menghilangkan kantung mata di bawah mata yang seringkali membuat seseorang terlihat lelah atau tua. Ini membantu menciptakan penampilan yang lebih segar dan lebih muda.

2. Menghilangkan Kulit Berlebih

Pada kelopak mata atas, blepharoplasty dapat menghilangkan kulit berlebih yang menyebabkan penampilan “berat” atau menghalangi pandangan. Ini dapat meningkatkan lapangan pandang dan membuat mata terlihat lebih terbuka.

3. Memperbaiki Kelopak Mata Kendur

Kelopak mata yang kendur, terutama pada kelopak mata atas, bisa menyebabkan gangguan penglihatan. 

Blepharoplasty dapat membantu memperbaiki masalah ini dan memungkinkan seseorang melihat dengan lebih jelas.

4. Penampilan Lebih Muda

Salah satu manfaat utama blepharoplasty adalah menciptakan penampilan yang lebih muda dan segar. Ini bisa meningkatkan rasa percaya diri dan kualitas hidup seseorang.

Risiko Blepharoplasty

Meskipun blepharoplasty adalah prosedur kosmetik yang umumnya aman, seperti semua prosedur bedah, ada risiko dan komplikasi yang perlu mendapat pertimbangan sebelum menjalani operasi ini. Berikut adalah beberapa risiko yang terkait dengan blepharoplasty:

1. Reaksi Anestesi

Penggunaan anestesi selama operasi dapat menyebabkan reaksi alergi atau efek samping tertentu pada beberapa pasien. 

Sangat penting bagi dokter dan tim medis untuk memantau pasien selama prosedur untuk meminimalkan risiko ini.

2. Perdarahan

Perdarahan selama atau setelah operasi adalah risiko potensial. Dokter akan melakukan kontrol perdarahan selama prosedur, tetapi perdarahan berlebihan dapat memerlukan tindakan tambahan.

3. Infeksi

Seperti pada semua prosedur bedah, risiko infeksi selalu ada. Pasien harus mematuhi pedoman perawatan pascaoperasi yang telah dokter rekomendasikan untuk mengurangi risiko ini.

4. Penglihatan Kabur Sementara

Setelah operasi, beberapa pasien mungkin mengalami penglihatan kabur atau sensitivitas terhadap cahaya. Ini adalah gejala sementara dan biasanya membaik dalam beberapa hari atau minggu.

5. Paralisis Kelopak Mata

Dalam kasus yang sangat jarang, kerusakan saraf dapat terjadi selama prosedur, yang dapat mengakibatkan paralisis sementara kelopak mata.

6. Perubahan Bentuk Mata

Hasil blepharoplasty mungkin tidak memenuhi harapan pasien, termasuk perubahan bentuk mata yang tidak pasien inginkan.

Baca Juga: Operasi Kelopak Mata Ganda Bikin Mata Makin Cantik

Hasil Sesudah dan Sebelum Blepharoplasty

Blepharoplasty adalah prosedur bedah plastik yang dilakukan pada kelopak mata untuk meremajakan atau memperbaiki tampilan mata. 

Berikut adalah gambaran umum tentang hasil yang dapat diperoleh sebelum dan sesudah blepharoplasty:

A. Sebelum Blepharoplasty

Berikut adalah penjelasan tentang kondisi mata sebelum melakukan operasi kelopak mata atau blepharoplasty:

  1. Kelopak Mata yang Kendur

Pasien seringkali mengalami kelopak mata yang kendur, baik pada kelopak atas maupun bawah. Hal ini dapat membuat mata terlihat lelah atau menua.

  1. Kantung Mata

Kebanyakan orang mengalami penumpukan lemak atau cairan di bawah mata yang menghasilkan kantung mata, yang dapat memberikan kesan wajah lelah.

  1. Kerutan Kulit

Kelopak mata yang kendur sering kali disertai dengan kerutan halus atau lipatan kulit di sekitar mata.

B. Sesudah Blepharoplasty

Berikut adalah penjelasan tentang kondisi mata sesudah melakukan operasi kelopak mata atau blepharoplasty:

  1. Kulit Lebih Kencang

Setelah blepharoplasty, kulit kelopak mata biasanya terlihat lebih kencang dan tanpa kendur. Ini memberikan tampilan yang lebih muda dan segar.

  1. Pengurangan Kantung Mata

Prosedur ini dapat menghilangkan kantung mata dengan menghilangkan lemak atau cairan berlebih yang menyebabkannya.

  1. Penampilan Mata yang Lebih Terjaga

Hasil blepharoplasty biasanya memberikan kesan mata yang lebih terjaga dan cerah, serta menghilangkan penampilan lelah.

  1. Penyembuhan Luka

Setelah operasi, pasien perlu memberikan waktu bagi luka operasi untuk sembuh sepenuhnya. 

Pemulihan dan hasil akhir akan bervariasi antara individu, tetapi prosedur ini sering kali memberikan perbaikan yang signifikan dalam tampilan mata.

Biaya Operasi Kelopak Mata atau Blepharoplasty

Operasi kelopak mata atau blepharoplasty di Jakarta, saat ini tengah digandrungi terutama para kaum hawa. 

Biaya operasi kelopak mata, atau blepharoplasty, dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk wilayah geografis, kompleksitas prosedur, dan keahlian dokter bedah.

Umumnya, biaya operasi blepharoplasty mencakup biaya konsultasi awal, biaya operasi itu sendiri, biaya obat tetes mata atau salep pasca operasi, serta biaya pemeriksaan pasca operasi. 

Prosedur blepharoplasty memiliki banderol harga yang berkisar antara belasan juta hingga puluhan juta rupiah.

Sebelum menjalani operasi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter mata atau dokter bedah yang berpengalaman untuk memahami secara menyeluruh biaya yang terkait dengan prosedur ini. Silahkan konsultasi dokter secara online dan gratis di sini (Rahasia Terjamin):

Baca Juga: Hasil Blepharoplasty Before and After – Klinik Pandawa

Kapan Harus ke Dokter?

Jika Anda memiliki kondisi kelopak mata yang mengganggu atau mengkhawatirkan, seperti kelopak mata yang kendur atau kantung mata yang terlihat, penting untuk melakukan konsultasi dengan dokter mata atau dokter bedah. 

Mereka akan dapat mengevaluasi kondisi kelopak mata Anda dan memberikan saran terbaik mengenai apakah Anda membutuhkan blepharoplasty atau tidak.

Untuk melakukan blepharoplasty, solusi terbaiknya adalah dengan mengunjungi Klinik Utama Pandawa.

Mengapa Klinik Utama Pandawa? Karena klinik yang juga merupakan klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta ini memberikan pelayanan medis yang berkualitas dengan tim dokter dan ahli bedah berpengalaman dalam prosedur bedah plastik mata.

Klinik kami menggunakan peralatan medis terkini dan mengikuti praktik terbaik dalam bidangnya. 

Selain itu, Klinik Utama Pandawa mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pasien, menjaga kerahasiaan informasi medis, serta memberikan dukungan pascaoperasi yang berkelanjutan. 

Semua ini menjadikan klinik ini pilihan unggul bagi mereka yang mencari perbaikan estetika mata dengan kepercayaan diri yang tinggi.

Referensi
Share: