Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Pria Wajib Tahu! Inilah yang Jadi Penyebab Sperma Encer

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

penyebab sperma encerPenyebab Sperma EncerHalo Sahabat Pandawa semuanya! Bagaimana kabar kalian hari ini nih? Semoga seluruh Sahabat Pandawa di mana pun berada selalu diberikan Tuhan YME kesehatan jasmani dan rohani ya! Momongan adalah hal yang didamba-dambakan oleh pasangan yang baru saja menikah. Ini juga menjadi salah satu kodrat manusia melakukan reproduksi untuk melanjutkan keturunan. Akan tetapi, di luar sana banyak sekali yang cukup sulit memiliki anak.

Pada dasarnya, kesulitan dalam memiliki keturunan dapat disebabkan oleh banyak sekali hal. Mulai dari faktor genetik, trauma, pernah ada kecelakaan yang memengaruhi sistem reprodusksi, ataupun memang gaya hidup yang kurang sehat. Gaya hidup yang buruk juga dapat memengaruhi kualitas “bibit” yang dihasilkan.

Kualitas sperma menjadi salah satu faktor yang cukup berperan besar dalam berhasil atau tidaknya pembuahan terjadi. Ada banyak tolok ukur penilaian kualitas sperma seperti jumlah yang dihasilkan, kecepatan sperma bergerak, daya tahan sperma, dan juga tingkat kekentalan sperma.

Omong-omong mengenai tingkat kekentalan sperma, Sahabat Pandawa pernah nggak mengalami yang namanya sperma encer? Keadaan ini ternyata bisa memengaruhi kualitas sperma dalam membuahi sel telur lho! Jika terlalu encer cukup sulit bagi sperma untuk berhasil melakukan pembuahan.

Seperti biasanya dong, Klinik Pandawa akan selalu memberikan informasi kesehatan, khususnya seputar kesehatan kulit, kesehatan kelamin, sex education, dan juga tips-trick kecantikan (estetika). Nah pada kesempatan kali ini Klinik Pandawa bakal mengupas topik mengenai sperma yang encer, khususnya penyebab sperma encer. Oleh karena itu simak terus artikel ini sampai selesai supaya bermanfaat bagi kamu ya. Yuk disimak Sahabat Pandawa!

 

Sperma encer

Air mani yang jernih dan “ringan” atau sperma encer adalah suatu kondisi yang bersifat temporer dan biasanya bukanlah gangguan kesehatan yang cukup serius. Akan tetapi, kondisi ini dapat saja menjadi pertanda adanya kemungkinan gangguan pada kesuburan. Nanti akan kita bahas mengenai penyebab dan cara mengatasi sperma yang terlalu cair.

Air mani adalah cairan yang berisikan sperma yang dikeluarkan lewat penis ketika pria mengalami ejakulasi. Air mani berguna sebagai media transportasi bagi sperma untuk menuju ke sel telur dalam proses fertilisasi (pembuahan). Normalnya, air ini berteksur kental dan memiliki warna putih atau keabu-abuan ketika dikeluarkan. Air mani yang telah dikeluarkan akan mencair setelah 5 sampai dengan 40 menit.

 

Penyebab sperma encer

Sperma encer bisa bersifat sementara dan bakal kembali normal seperti sedia kala. Namun, masalah ii juga bisa menjadi gejala adanya masalah pada kesuburan pria. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan sperma cair ataupun terlihat cair.

  1. Mungkin itu adalah cairan praejakulasi

Mungkin saja sperma yang kamu anggap encer tersebut sebenarnya adalah cairan praejakulasi. Cairan ini memang terlihat lebih “jerninh” ketimbang sperma dan hanya mengandung sangat sedikit sperma. Cairan praejakulasi umumnya akan keluar ketika kamu sedang melakukan foreplay dengan pasangan.

 

  1. Terlalu sering ejakulasi atau masturbasi

Saat kamu terlalu sering berejakulasi karena melakukan masturbasi ataupun berhubungan seksual berkali-kali dalam sehari, hal ini dapat menjadi penyebab sperma encer. Tubuh tidak punya cukup waktu untuk menghasilkan air mani dengan kualitas dan kuantitas yang sama. Kamu akan menyadari sperma yang keluar menjadi cair dan tidak sekental saat ejakulasi pertama kali. Berikan jeda waktu beberapa jam untuk tubuh beristirahat dan memproduksi air main dengan normal kembali agar kualitasnya membaik.

 

  1. Masalah pada konsumsi zinc

Zinc atau seng merupakan salah satu nutrisi yang cukup berperan penting bagi tubuh kita. Untuk pria, senyawa zinc ini memiliki peran dalam proses pembentukan sperma yang sehat. Ada penelitian yang menyebut bahwa bila seorang pria kekurangan zat zinc maka bisa menurunkan kualitas dan kuantitas sperma.  Kurangnya zinc juga dapat memperlambat pergerakan sperma. Beberapa makanan yang mengandung zinc adalah kerang, kepiting, daging ayam, gandum utuh, kacang-kacangan dan susu.

 

  1. Kadar sperma yang terlalu rendah

Kuantitas sperma yang rendah atau istilah medisnya oligospermia adalah kondisi di mana kandungan sperma dalam air mani berada di bawah 15 juta sperma per mililiternya. Kondisi ini biasa dikategorikan dengan sperma cair. Jika laki-laki mempunyai kadar sperma yang sedikit maka laki-laki tersebut akan cukup kesulitan untuk memiliki anak. Beberapa penyebab kadar sperma rendah adalah seperti adanya gangguan hormon, infeksi pada alat kelamin, dan juga tumor. Bila tiap ejakulasi sperma kamu terasa encer maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.

 

  1. Ejakulasi retrograde

Saat sedang ejakulasi, normalnya air mani melalui saluran kandung kemih dan keluar melalui lewat penis. Akan tetapi, air mani pengidap ejakulasi retrograde (retrogade ejaculation) malah akan masuk menuju kandung kemih, bukannya keluar dari penis. Masalah ini terjadi akibat adanya gangguan otot di saluran kemih. Penderitanya akan mengeluarkan sedikit air mani atau mempunyai sperma yang cair dan tipis.

 

Pengobatan sperma encer di Klinik Pandawa Jakarta

Kamu sudah mengetahui penyebab sperma encer. Sperma yang cair bukan berarti menjadi pertanda seorang pria mengalami kemandulan, namun pria tersebut bisa saja memliki masalah dalam kesuburan yang mengakibatkan sulit untuk menghasilkan keturunan. Terkadang, kondisi ini hanyalah bersifat sementara dan tidak permanen. Jika kamu memiliki masalah dalam kesuburan, kamu bisa mengunjungi dokter andrologi untuk melakukan pemeriksaan sperma, kondisi medis, dan juga gaya hidup.

Salah satu klinik yang memiliki dokter andrologi adalah KLINIK PANDAWA. Klinik Pandawa telah berpengalaman dalam mengatasi berbagai keluhan pasien seputar penyebab sperma encer. Sudah banyak pasien yang merasa cukup puas dengan pelayanan kami. Tak sedikit juga kesulitan memiliki keturunan kini sudah punya momongan.

Apabila kamu ingin mengetahui informasi lebih lanjut maka kamu dapat melakukan konsultasi gratis dengan dokter kami lewat link berikut ini: KONSULTASI ONLINE GRATIS. Kamu juga bisa menghubungi kami lewa Whatsapp atau SMS di nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.