penyebab sering muncul bisul

Jadi Ini Toh Penyebab Sering Muncul Bisul, Pantesan Aja!

penyebab sering muncul bisulPenyebab Sering Muncul BisulHalo Sahabat Pandawa semua! Bagaimana kabar kamu hari ini nih? Semoga Sahabat Pandawa sekalian selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan YME di mana pun berada ya! Kulit adalah sebuah jaringan yang menjadi pelindung paling luar dari tubuh kita. Jaringan ini berperan sebagai “tameng” pertama untuk melindungi tubuh dari segala sesuatu yang menyerang kita dari luar.

Karena kulit adalah lapisan paling luar, seringkali kulit mengalami gangguan ataupun penyakit. Ada banyak sekali penyakit kerap menyerang kulit seperti dermatitis, jerawat, ruam merah, serta bisul. Omong-omong soal bisul, siapa nih Sahabat Pandawa yang sering bisulan? Biasanya bisul menjadi penyakit kulit yang membuat seseorang menjadi insecure dan tidak pede.

Bisul juga dapat membuat penderitanya merasa kesakitan saat benjolan tersebut tersentuh ataupun tertekan. Hal ini sangat menganggu kamu dalam melakukan berbagai aktivitas yang rutin kamu jalani. Apalagi, jika bisul ini timbul di area-area yang sering tersentuh seperti bokong dan juga area tangan. Bisul pun bisa menjadi “aib” apabila tumbuh di area wajah. Bisa-bisa kamu akan malu tiap bertemu orang lain.

Banyak orang yang bertanya-tanya apakah yang menjadi penyebab sering muncul bisul pada tubuh. Nah, seperti biasa nih Klinik Pandawa akan selalu memberikan informasi dan artikel kesehatan seputar penyakit kulit, penyakit kelamin, dan juga kecantikan (estetika). Pada kesempatan kali ini Klinik Pandawa akan membahas mengenai bisul seperti pengertian, gejala, pengobatan, dan khususnya penyebab sering muncul bisul. Oleh karena itu sebaiknya kamu membaca artikel ini sampai tuntas ya Sahabat Pandawa supaya informasi yang kamu terima tidak setengah-setengah. Yuk disimak!

Apa itu bisul?

Bisul atau istilah medisnya yang disebut furunkel merupakan benjolan merah pada kulit yang di dalamnya berisi nanah dan umumnya terasa nyeri. Keadaan ini paling sering diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri yang memicu terjadi peradangan pada folikel rambut, yaitu lokasi tumbuhnya rambut.

Bagian tubuh yang paling sering terjadi peradangan bisul adalah wajah, leher, bahu, ketiak, paha, dan juga bokong. Bisul juga terkadang dapat muncul di daerah genital atau kelamin. Kondisi ini terjadi karena daerah-daerah tersebut seringkali mengalami gesekan atau berkeringat. Selain area-area tersebut, bisul juga bisa muncul di daerah kelopak mata. Kondisi ini lebih umum dikenal sebagai bintitan. – Penyebab Sering Muncul Bisul

Gejala bisul

Bisul bisa tumbuh di dareah tubuh mana pun yang ditumbuhi oleh rambut ataupun bulu (termasuk juga dalam telinga). Akan tetapi, bisul biasanya muncul pada bagian tubuh yang sering terjadi gesekan serta berkeringat, seperti wajah, leher, pudak, ketiak, selangkangan, bokong, dan juga paha.

Selain di daerah yang telah disebutkan tadi, bisul juga bisa saja muncul di payudara. Bisul pada payudara umumnya sering menimpa wanita yang sedang menyusui. Meski demikian, wanita yang tidak menyusui juga dapat mengalami bisul di payudara.

Saat mengalami kondisi ini, area benjolan akan berisi nanah pada kulit. Gangguan ini akan ditandai munculnya beberapa gejala berikut ini:

  • Tumbuh benjolan merah yang berisi nanah. Awalnya berukuran kecil dan bisa semakin membesar.
  • Kulit di area benjolan akan terlihat memerah, membengkak, dan juga terasa hangat jika disentuh.
  • Benjolan yang muncukl bakal terasa nyeri, apalagi ketika disentuh.
  • Saat sudah matang benjolan kana memiliki “mata putih” di bagian puncak yang jika pecah akan keluar nanah.

Selain itu, bisul yang muncul biasanya hanyalah satu. Bila benjolan timbul dalam jumlah yang banyak dan berkumpul menjadi satu, kondisi ini disebut sebagai bisul sabut atau karbunkel. Gangguan karbunkel menjadi pertanda bahwa telah terjadi infeksi yang lebih serius. Karbunkel umumnya menipa kaum paruh baya atau lansia yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah. – Penyebab Sering Muncul Bisul

 

Penyebab sering muncul bisul

Penyebab utama timbulnya bisul ialah folikel rambut yang terinfeksi bakteri Staphylococcus aureus. Pada beberapa orang, bakteri ini bisa dijumpai di kulit dan di dalam lapisan hidung tanpa adanya gangguan kesehatan. Infeksi baru terjadi bila bakteri masuk sampai ke folikel rambut, misalnya lewat luka goresan ataupun gigitan serangga.

Bisul dapat menimpa semua golongan usia, akan tetapi kondisi ini lebih sering menimpa remaja dan orang dewasa muda. Ada segelintir faktor yang diduga bisa meningkatkan risiko seseorang terjangkit penyakit ini. Berikut adalah penyebab sering muncul bisul:

  • Kontak langsung dengan pengidap
  • Tidak menjaga kebersihan
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Menderita obesitas
  • Terpapar senyawa kimia berbahaya yang bisa membuat iritasi pada kulit
  • Mempunyai masalah kulit seperti kulit berjerawat dan eksim

Pengobatan bisul di Klinik Pandawa Jakarta

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua ya. Pada dasarnya bisul tidak begitu berbahaya, namun jika gejala tidak mereda dalam waktu lama maka sebaiknya kamu menghubungi dokter kulit. Dikhawatirkan bisul tersebut akan menimbulkan masalah kesehatan lain yang berbahaya.

Kamu dapat mengujungi KLINIK PANDAWA untuk melakukan konsultasi dengan dokter kami. Kami memiliki dokter yang telah berpengalaman dalam menangani pasien dengan keluhan seperti penyakit bisul dan penyakit kulit lainnya. Telah banyak pasien kami yang berhasil pulih dan dapat beraktivitas seperti sedia kala.

Jika Sahabat Pandawa perlu informasi lebih lanjut maka dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami lewat link berikut ini KONSULTASI ONLINE GRATIS. Sahabat Pandawa juga dapat menghubungi kami lewat nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Newsletter

Subscribe

Subscribe to our newsletter to get the first information & Special offer every week.