Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Perlu Diketahui, Inilah Beberapa Penyebab Mandul pada Pria dan Wanita

Table of Contents

penyebab mandulPenyebab Mandul – Halo Sahabat Pandawa semua! Bagaimana kabar kamu hari ini nih? Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan juga kebersihan di mana pun kalian berada ya! Sahabat Pandawa, memiliki momongan adalah harapan dari semua orang tua. Namun, terkadang ada hal-hal yang menghalangi impian tersebut.

Salah satu hal yang membuat pasangan sulit memiliki keturunan adalah kemandulan. Mandul merupakan kata lain dari infertilitas. Infertilitas atau mandul adalah kondisi ketika seorang pria atau wanita tidak mampu untuk memiliki keturunan.

Biasanya infertilitas ini lebih cenderung dialami oleh kaum wanita. Meskipun demikian, kaum adam juga memiliki risiko untuk mengalami masalah ini. Jadi, penyebab mandul tidak cuma berasal dari pihak wanita juga ya.

Sahabat Pandawa, kami akan selalu menyajikan informasi dan juga artikel ini Sahabat Pandawa sekalian. Artikel kesehatan yang kami tampilkan cenderung berfokus ke kesehatan kulit, kesehatan kelamin, edukasi seksual, dan juga tips trik seputar kecantikan (estetika).

Nah, pada kesempatan kali ini Klinik Pandawa akan membahas mengenai kemandulan, terutama berbagai penyebab mandul yang sering terjadi kepada wanita dan juga pria. Maka dari itu, kami harap Sahabat Pandawa tetap menyimak artikel ini sampai selesai supaya informasi yang kamu tangkap bisa bermanfaat. Daripada berlama-lama lagi langsung aja disimak yuk!

 

Apa itu infertilitas (mandul)?

Infertilitas, atau kadang disebut juga kemandulan merupakan istilah yang juga dapat diartikan sebagai kegagalan, ketidakmampuan, atau tidak dapat menghasilkan sesuatu. Istilah infertilitas banyak digunakan dalam bidang reproduksi yang bertujuan untuk menghasilkan keturunan pada manusia dan makhluk hidup lainnya. Reproduksi terjadi melalui hubungan seksual antara pria dan wanita. (Penyebab Mandul)

Pada manusia, infertilitas berarti ketidakmampuan pasangan atau salah satunya untuk memiliki anak. Banyak faktor biologis yang dapat menyebabkan kemandulan, meskipun juga dapat ditangani dengan teknologi medis.

 

Penyebab mandul pria dan wanita

Penyebab mandul pada pria dan wanita mungkin bisa berbeda. Mulai dari keadaan biologis hingga dipicu oleh perilaku sehari-hari. Kabar buruknya adalah seringkali ketidaksuburan ini tidak diketahui karena beberapa kebiasaan sederhana.

Kebiasaan berikut dapat menyebabkan kemandulan pada pria dan wanita:

 

  • Sering begadang dan kurang tidur

Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kebiasaan tidur yang buruk dan menstruasi yang tidak teratur. Haid yang tidak teratur itu sendiri bisa jadi merupakan gejala dari kemandulan. Selain itu, kebiasaan buruk seperti terjaga pada malam juga erat kaitannya dengan obesitas yang menyebabkan masalah ovulasi pada wanita dan sperma yang kurang sehat pada pria. Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Medical Science Monitor menemukan bahwa pria yang tidur kurang dari enam jam menghasilkan sperma dengan kualitas yang kurang baik dan juga jumlah yang sedikit.

 

  • Jarang berolahraga

Pola hidup sehat diperlukan untuk menjaga kesehatan reproduksi. Olah raga yang jarang bisa memengaruhi kondisi alat reproduksi. Hal ini karena umumnya orang yang jarang berolahraga mengalami obesitas. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, obesitas dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas sperma yang tentunya dapat menjadi penyebab mandul.

Meski begitu, olahraga berlebihan juga tidak disarankan. Olahraga berat yang berlangsung lebih dari satu jam sehari atau lebih dari 7 jam seminggu dapat menyebabkan kemandulan baik pada pria maupun wanita.

 

  • Merokok

Peringatan pada bungkus rokok bahwa merokok dapat menyebabkan beberapa masalah reproduksi bukanlah isapan jempol. Masalah reproduksi ini tidak secara langsung menyebabkan kemandulan pada pria dan wanita.

Namun, jika kamu memiliki masalah dengan organ reproduksi, kamu mungkin mengalami kesulitan untuk memiliki bayi. Dengan kata lain, merokok juga dapat menjadi penyebab mandul dan memengaruhi kesuburan pria dan wanita, meskipun secara tidak langsung.

 

  • Stress

Stres dapat mempengaruhi banyak faktor yang berkaitan dengan kesehatan kamu, reproduksi menjadi salah satunya. Stres dapat menjadi penyebab mandul pada pria & wanita karena mengganggu siklus ovulasi pada wanita dan menurunkan kualitas dan kuantitas sperma pada pria. Tak hanya itu, stres juga bisa mengganggu libido dan menurunkan gairah seksual.

 

  • Mengonsumsi minuman beralkohol

Konsumsi alkohol dikaitkan dengan kualitas sperma yang dihasilkan. Sebuah studi tentang sperma alkoholik menemukan bahwa hanya 12 persen responden yang memiliki sperma yang sehat. Studi lain mengatakan bahwa perempuan yang mengonsumsi lebih dari tiga gelas alkohol dalam waktu satu minggu bisa hamil lebih lama.

 

  • Mengonsumsi junk food

Junk food sering kali dikaitkan dengan masalah kesehatan umum. Konsumsi junk food yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab mandul pada pria dan wanita. Ini terkait dengan berat badan kamu. Tak hanya itu, kandungan asam lemak trans pada fast food juga berperan besar dalam kemandulan. Dikutip dari DMarge, kadar asam lemak trans yang terlalu tinggi bisa mengurangi kadar sperma secara drastis. Makan junk food juga menyebabkan kadar gula darah naik, yang tidak baik untuk kesuburan.

 

  • Berhubungan seks tidak aman

Memiliki banyak pasangan seks juga dapat menjadi penyebab mandul, baik untuk pria maupun wanita. Ini karena seks yang tidak aman terkait dengan penyakit menular seksual (PMS). Diketahui bahwa PMS sendiri merupakan penyebab utama infertilitas yang dapat dicegah. Infeksi genital dapat menyumbat saluran tuba falopi pada wanita. Jenis penyakit menular seksual tertentu juga dapat menyebabkan keguguran dan merusak janin di dalam kandungan.

 

Cara mengatasi kemandulan

Kamu sudah tahu berbagai penyebab mandul yang sering terjadi pada pria dan juga wanita. Apabila kamu mengalami masalah ini maka kamu dapat mengonsultasikannya dengan dokter andrologi atau ginekologi.

KLINIK PANDAWA adalah salah satu klinik andrologi dan ginekologi terbaik di Jakarta. Kami memiliki dokter yang ahli dan juga profesional dalam mengatasi masalah pria, wanita, dan juga kelamin. Sudah banyak pasien kami yang berhasil sembuh dan puas dengan pelayanan Klinik Pandawa.

Jika kalian butuh informasi dan penjelasan lebih lanjut maka segera konsultasikan dengan konsultan medis kami secara gratis lewat KONSULTASI GRATIS atau hubungi 0821-1141-0672 / 021-62313337 whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani kamu. Semua rahasia medis dijamin.

Tag