Klinik Pandawa - Tanya Dokter, Cek Lab Terpercaya
Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Penyebab Kencing Nanah ?

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

Klinik Kulit | Klinik Kelamin | Klinik Gigi | Info Kesehatan

Kencing nanah atau penyakit gonore dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat mengganggu. Penyakit ini bisa terjadi pada pria maupun wanita. Selain itu, orang yang telah sembuh dari gonore juga tidak sepenuhnya bebas, tetap ada risiko terinfeksi kembali. Lalu, apa penyebab kencing nanah kambuh lagi?

Pertanyaan terkait penyebab gonore kambuh lagi merupakan hal yang normal. Apalagi, upaya untuk bisa sembuh dari penyakit ini cukup sulit. Namun, tahukah Anda kalau gonore yang kambuh lagi merupakan fenomena yang kerap terjadi. Hal ini bisa Anda cegah dengan mengetahui penyebabnya secara lengkap.

Penyebab Kencing Nanah Kambuh Lagi

Ada 3 faktor utama yang menjadi penyebab kencing nanah atau gonore kambuh lagi, yaitu:

1. Cara Pengobatan yang Tidak Tepat

Penyebab kambuhnya gonore yang pertama adalah ketika Anda tidak menjalani proses pengobatan secara tepat. Ada banyak kasus yang dapat menyebabkan kesalahan terkait penanganan pasien gonore, di antaranya:

  • Pengobatan tanpa disertai diagnosis. Kasus seperti ini bisa terjadi ketika pasien memilih untuk menggunakan obat tertentu tanpa terlebih dahulu menjalani diagnosis dokter. Alhasil, jenis obat yang diberikan tidak sesuai untuk menangani bakteri penyebab gonore.

  • Proses pengobatan yang tak tuntas. Dokter biasanya menggunakan antibiotik untuk mengobati penyakit kencing nanah atau gonore. Pemberian antibiotik harus dilakukan secara tepat, baik dari jenis maupun dosisnya. Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi obat sampai habis.
  • Ada kalanya, pasien memilih untuk berhenti minum obat karena merasa kalau gejala gonore yang dirasakannya sudah membaik. Padahal, kondisi yang membaik bukan berarti bakteri penyebab gonore sudah hilang dari tubuh. Selain itu, pilihan untuk tak menghabiskan antibiotik dapat berisiko terjadinya resistensi antibiotik.
  • Resistensi antibiotik membuat bakteri punya tingkat ketahanan tinggi pada jenis antibiotik tertentu. Dampaknya, pengobatan kencing nanah memakai jenis antibiotik tersebut jadi tidak efektif.

2. Tertular oleh Pasangan

Penyebab kambuhnya gonore yang selanjutnya adalah ketika pasangan tidak memperoleh penanganan. Kasus kencing nanah tidak hanya melibatkan penderita. Namun, Anda juga perlu melakukan pengobatan gonore pada pasangan. Apalagi, kemungkinan besar pasangan telah terinfeksi gonore dari tubuh Anda.

Kalau Anda dan pasangan sudah menjalani pengobatan kencing nanah secara medis, batasi dulu aktivitas seksual. Apalagi, ketika Anda terbiasa melakukan hubungan seksual tanpa kondom dengan pasangan.

Aktivitas seksual dengan pasangan selama proses pengobatan dapat menjadi pemicu kencing nanah kambuh secara terus-menerus. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk menahan hasrat untuk berhubungan seksual selama pengobatan.

Lalu, berapa lama Anda harus menahan diri untuk tidak berhubungan intim dengan pasangan? Setidaknya, Anda perlu menunggu kurang lebih 60 hari setelah mendapati gejala atau diagnosis kencing nanah.

3. Melakukan Hubungan Seksual dengan Orang Selain Pasangan tanpa Kondom

Risiko kencing nanah kambuh lagi akan meningkat ketika Anda memiliki kebiasaan melakukan hubungan seksual secara bebas. Situasinya akan bertambah buruk ketika hubungan intim tersebut Anda lakukan dengan tanpa menggunakan pelindung atau kondom.

Gaya hidup seks bebas tak hanya membuat Anda berisiko gonore kambuh lagi. Anda juga berhadapan dengan risiko tertular oleh penyakit menular seksual lain, termasuk di antaranya adalah klamidia, kutil kelamin, dan bahkan HIV.

Cara Mencegah Kencing Nanah Kambuh Lagi

Dengan mempertimbangkan berbagai penyebab kencing nanah kambuh lagi seperti yang telah disebutkan, ada beberapa upaya untuk pencegahannya. Upaya-upaya tersebut antara lain adalah:

1. Diagnosis Dini Kencing Nanah

Upaya pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan diagnosis kencing nanah. Apalagi, pada kasus tertentu, kencing nanah kerap muncul tanpa ada gejala. Diagnosis menjadi langkah untuk memastikan kalau Anda telah benar-benar sembuh dari penyakit ini.

2. Lakukan Pengobatan Kencing Nanah Sampai Tuntas

Cara selanjutnya adalah dengan mengikuti proses pengobatan secara teratur. Minum antibiotik sesuai dengan petunjuk dokter. Jangan lupa untuk meminumnya sampai habis biar tidak terjadi resistensi antibiotik.

3. Biasakan Gaya Hidup yang Sehat

Terakhir, Anda harus mulai membiasakan gaya hidup sehat. Tujuannya bukan saja untuk menghindari Anda tertular kembali penyakit gonore. Namun, gaya hidup sehat juga dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Sebagai tambahan, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi keluhan selama pengobatan gonore, di antaranya:

  • Perbanyak minum air putih

  • Hindari mengonsumsi alkohol serta minuman yang mengandung kafein

  • Jangan biasakan menahan keinginan buang air kecil

  • Bersihkan alat kelamin ketika mandi

Nah, itulah informasi penting terkait penyebab kencing nanah kambuh kembali serta upaya pencegahannya. Bagi Anda yang ingin mengetahui secara lebih lanjut terkait penyakit kencing nanah, bisa memanfaatkan layanan konsultasi online dengan dokter Klinik Pandawa melalui nomor telepon 0811-8820-172.

Informasi kesehatan secara tepat, bisa membantu Anda terhindar dari berbagai jenis penyakit, terutama gonore serta penyakit menular seksual lain. Semoga bermanfaat, ya.

Sumber artikel:

https://www.sharecare.com/health/stds-sexually-transmitted-diseases/can-be-re-infected-with-gonorrhea

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/kencing-nanah-kambuh-lagi

https://www.verywellhealth.com/can-a-treated-std-come-back-3133252