Klinik Pandawa - Tanya Dokter, Cek Lab Terpercaya
Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Penyakit Gonore Tak Segera Diobati Bikin Sulit Punya Anak, Duh!

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

Gonore | Klinik Kulit | Klinik Kelamin | Info Kesehatan

Gonore – Penyakit gonore atau kencing nanah merupakan salah satu infeksi menular seksual (IMS) yang mempunyai jumlah penderita sangat tinggi. World Health Organization (WHO) memperkirakan ada lebih dari 78 juta kasus penderita gonore baru setiap tahun di seluruh dunia. Penyakit ini bisa muncul pada pria dan wanita, terutama pada rentang usia 15-49 tahun.

Di Indonesia, pengetahuan masyarakat umum tentang penyakit ini masih sangat minim. Bahkan, mereka yang menderita gonore kerap memperoleh stigma negatif dianggap sebagai ‘orang kotor’. Alhasil, banyak penderita penyakit kencing nanah memilih untuk membiarkan penyakitnya tanpa menjalani upaya perawatan atau pengobatan medis.

Namun, tahukah Anda kalau penyakit gonore yang dibiarkan tanpa ada pengobatan atau perawatan bisa menimbulkan komplikasi. Salah satu bentuk komplikasi tersebut adalah kemandulan. Alhasil, Anda bakal mengalami kesulitan dalam mewujudkan keinginan mempunyai anak.

Kenapa Penyakit Gonore Menimbulkan Kemandulan?

Komplikasi akibat gonore yang tak kunjung diobati sangat beragam. Kemandulan merupakan salah satunya. Komplikasi berupa kemandulan bisa terjadi pada penderita gonore berjenis kelamin wanita maupun pria. Selain itu, Anda juga perlu tahu kalau komplikasi kemandulan akibat gonore dapat bersifat sementara dan bahkan permanen.

Kemandulan Pada Pria

Keterlambatan penanganan gonore pada penderita berjenis kelamin laki-laki berisiko tinggi menimbulkan 2 penyakit, yaitu:

1. Epididimitis

Penyakit ini merupakan kondisi ketika terjadi peradangan pada organ epididimis. Dalam tubuh, keberadaan organ epididimis memiliki fungsi penting, berkaitan dengan proses pematangan sperma. Selain itu, Anda juga akan menjumpai fungsi lain dari epididimis dalam mendorong laju sperma ketika terjadi ejakulasi.

Ketika mengalami epididimitis, terdapat peradangan pada organ epididimis yang kemudian disertai adanya rasa nyeri dan pembengkakan. Selanjutnya, pembengkakan dan peradangan bisa menimbulkan jaringan parut pada epididimis. Jaringan parut tersebut kemudian berpotensi memblokir fungsi epididimis dalam mendorong laju keluarnya sperma.

Pada situasi yang sangat parah, epididimitis pada penderita gonore laki-laki dapat memicu trerjadinya kemandulan secara permanen. Kondisi tersebut dapat terjadi karena terdapat kerusakan dan bahkan kematian sel pada testis yang disebabkan oleh kurangnya suplai darah.

Hanya saja, tingkat terjadinya kemandulan akibat gonore pada pria sangat jarang. Alasan utamanya adalah karena gejala gonore pada pria relatif mudah dikenali. Oleh karena itu, penderitanya dapat melakukan diagnosis serta pengobatan secara lebih cepat dan mencegah terjadinya hal-hal tak diinginkan.

tanda-tanda utama penyakit sipilis pada laki laki

2. Orchitis

Selanjutnya adalah komplikasi berupa penyakit orchitis. Orchitis merupakan kondisi saat organ testis pada pria mengalami infeksi dan kemudian menimbulkan peradangan. Radang akibat orchitis bisa terjadi pada sebagian atau keseluruhan testis.

Sebagaimana perlu Anda ketahui, testis adalah organ reproduksi yang memiliki fungsi sangat penting. Keberadaannya berperan secara langsung dalam memproduksi sperma. Selain itu, testis juga punya andil dalam menghasilkan hormon testosteron. Lalu, bagaimana ketika testis mengalami gangguan?

Orchitis membuat fungsi organ testis tidak bekerja secara maksimal. Kemampuan produksi sperma dapat mengalami penurunan. Pada kondisi yang sangat kronis, orchitis dapat menyebabkan terjadinya kerusakan organ testis secara permanen, baik pada salah satu maupun keduanya. Artinya, penderita orchitis itu mengalami kemandulan permanen.

Kemandulan Pada Wanita

Pada wanita, risiko terjadinya kemandulan relatif lebih tinggi. Alasan utamanya adalah karena gejala penyakit gonore pada wanita biasanya jarang terdeteksi. Dampaknya, penderita gonore dapat mengalami komplikasi yang dapat menimbulkan kemandulan, seperti:

Infeksi Peradangan Panggul

Radang panggul atau pelvic inflammatory disease (PID) terjadi ketika terdapat infeksi bakteri ke bagian tuba falopi, rahim, ovarium, atau serviks. Kemandulan akibat radang panggul bisa terjadi ketika penyakit ini memunculkan adanya jaringan parut pada organ reproduksi wanita.

Keberadaan jaringan parut pada organ reproduksi wanita membuat proses pembuahan sel telur oleh sperma sulit terjadi. Karena potensi terjadinya pembuahan sangat minim, pembentukan janin dalam rahim tidak bisa berlangsung.

Kalaupun terjadi pembuahan, sel telur yang telah dibuahi oleh sperma akan mengalami kesulitan ketika ingin menuju ke rahim. Dampaknya bisa sangat fatal, yakni kehamilan ektopik atau kehamilan yang terjadi di luar rahim.

Kehamilan ektopik merupakan jenis kehamilan yang sangat berbahaya. Alasan utamanya adalah karena proses kehamilan ini dapat mengancam nyawa ibu. Kehamilan ektopik berpotensi menghancurkan jaringan tempat menempelnya sel telur. Dampaknya, terjadi pendarahan internal dan risiko infeksi.

Kasus kehamilan ektopik memang sangat jarang terjadi. Kalaupun terjadi, dokter biasanya menyarankan untuk melaksanakan aborsi. Langkah itu diambil dengan tujuan untuk mempertahankan nyawa ibu.

Nah, sampai di sini Anda sudah bisa memahami pentingnya deteksi dini terhadap penyakit gonore, kan? Jangan pernah sekali-kali menyepelekan penyakit ini. Anda perlu mengenali gejalanya dan segera melakukan deteksi dini ke klinik kulit dan kelamin terdekat.

Sebagai informasi tambahan, Klinik Pandawa menyediakan promo yang bisa Anda manfaatkan. Lewat promo ini, Anda bisa melakukan konsultasi penyakit gonore secara gratis tanpa ada embel biaya apa pun.

Sumber artikel:

https://hellosehat.com/wanita/penyakit-wanita/penyakit-kelamin-penyebab-susah-hamil/

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/saya-mau-tanya-dok-3

https://www.alodokter.com/orchitis

https://www.alodokter.com/epididimitis