Pengertian Digiseksual, Marak di Era Modern – Klinik Pandawa

The New York Times baru-baru ini melaporkan bahwa semakin banyak orang menemukan hubungan emosional dan seksual yang memuaskan dengan robot dan bentuk teknologi lainnya.

Neil McArthur adalah profesor filsafat di University of Manitoba, dan salah satu penulis The Rise of Digisexuality yang muncul di jurnal Sexual and Relationship Therapy memberikan komentar soal ini.

Dia memiliki pandangan mengenai pengertian digiseksuality yang saat ini sedang marak. Lantas gimana pengertian digiseksuality menurut dia?

“Digiseksualitas adalah kapan saja Anda menggunakan teknologi dalam seks atau hubungan,” katanya kepada pembawa acara Spark Nora Young.

“Apakah itu melalui Snapchat atau Skype, atau bertemu orang secara online melalui Tinder atau Bumble. Mayoritas orang saat ini memang menjadi seorang digiseksuality,” lanjutnya.

Ilustrasi Pengertian Digiseksual

Namun, McArthur telah mengamati bagaimana digiseksualitas juga muncul sebagai orientasi seksual karena pengalaman seksual dan emosional yang intens yang diberikan oleh kemajuan teknologi baik dari sisi robotic maupun AI.

“Apa yang membedakan ‘digiseksual’ sebagai identitas seksual adalah bahwa mereka menemukan hubungan mereka dengan teknologi mereka sangat dekat dengan jenis hubungan yang akan kita buat dengan pasangan manusia,” katanya.

Saat ini Digiseksual memang kerap naik daun. Pada November, seorang pria Jepang berusia 35 tahun menjadi berita utama karena menikahi hologram, dan pada 2017, seorang insinyur AI di China menikah dengan robot (tidak secara legal).

Namun masih ada kekurangan data tentang seberapa luas digiseksualitas sebagai identitas, sebagian karena teknologinya sangat baru, dan karena mereka yang keluar sering menghadapi stigma negatif.

Jadi, apakah suatu saat digitaliseksualitas akan diterima sebagai identitas seksual dalam budaya arus utama? Atau justru dianggap sebagai hal yang tetap tabu pada akhirnya?

Memiliki masalah seputar seksual? Anda bisa melakukan konsultasi ke Klinik Utama Pandawa yang memiliki pengalaman untuk mengatasi masalah seksual Anda. Klinik Pandawa merupakan klinik kulit dan kelamin terbaik dan terpercaya di Indonesia.

Anda bisa melakukan konsultasi online atau datang langsung ke Klinik Pandawa di Gedung Baja Tower B, Lt. GF2, Jl. Pangeran Jayakarta No.55, RT.1/RW.9, Mangga Dua, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Referensi: