Search
Close this search box.

Mengenal Acne (Jerawat): Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

mengenal apa itu acne

Mengenal Apa Itu Acne (Jerawat) – Hai Sahabat Pandawa, bagaimana kabar hari ini nih? Semoga Sahabat Pandawa sekalian selalu diberikan kesehatan ya! Kulit adalah bagian yang memerlukan perawatan ekstra. Hal ini disebabkan kulit dapat terkena berbagai permasalahan mulai dari penyakit hingga gangguan lainnya.

Seperti yang umum diketahui, standar kecantikan orang Indonesia adalah langsing, tinggi ideal, dan juga memiliki kulit yang putih bersih. Kulit bersih yang dimaksud adalah tidak adanya penyakit atau masalah yang dapat menganggu kesehatan dan kecantikan kulit kamu.

Salah satu gangguan yang paling sering menyerang kulit adalah acne (jerawat). Biasanya jerawat akan muncul di bagian wajah seperti di sekitar pipi, hidung, dahi, dagu, dan bibir. Munculnya jerawat dapat mengganggu kecantikan seseorang. Selain itu, jerawat juga bisa menimbulkan rasa sakit yang tidak nyaman saat tersentuh.

Seperti biasanya, Klinik Pandawa akan memberikan informasi-informasi seputar kesehatan kulit, kelamin, dan juga estetika atau kecantikan. Pada kesempatan kali ini Klinik Pandawa bakal membahas tentang gangguan acne atau jerawat mulai dari pengertian, penyebab, sampai cara menghilangkannya. Maka dari itu, simak terus artikel ini ya Sahabat Pandawa untuk penjelasan lebih lengkapnya. Yuk disimak!

Pengertian acne (jerawat)

Sahabat Pandawa harus mengenal apa itu acne terlebih dulu. Acne atau jerawat merupakan sebuah masalah pada kulit yang terjadi saat tempat tumbuhnya rambut (folikel rambut) tersumbat oleh minyak serta sel kulit mati. Gangguan ini biasanya ditandai dengan timbulnya bintik-bintik. Bintik-bintik tersebut muncul pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, leher, dada, dan punggung.

Munculnya jerawat dikenal juga dengan istilah breakout. Meskipun jerawat bisa dialami oleh siapa saja, namun kebanyakan kasus jerawat terjadi pada masa pubertas, yaitu pada remaja berusia 10 – 13 tahun. Jerawat juga akan semakin memburuk pada orang dengan kulit berminyak. Kadang, jerawat pun dapat muncul pada bayi dan anak-anak.

Jerawat pada masa remaja biasanya akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu usaha khusus pada awal usia 20 tahun. Akan tetapi, pada sebagian kasus ditemukan masih ada yang mengalami masalah jerawat sampai usia 30 tahun, terutama wanita.

Gejala acne (jerawat)

Jerawat bisa muncul hampir di seluruh bagian tubuh, akan tetapi umumnya jerawat sering muncul di wajah, leher, bahu, dada, dan punggung. Gejalanya ialah berupa timbulnya bintik (komedo) yang berwarna hitam atau putih.

Komedo hitam ialah bintik berwarna hitam yang timbul di permukaan kulit. Komedo ini bukan berasal dari kotoran, tetapi karena terpapar oleh oksigen di udara. Untuk komedo putih berada di bawah permukaan kulit serta memiliki tekstur yang lebih keras.

Selain komedo hitam dan komedo putih, ada juga bentuk jerawat yang semakin diperparah oleh peradangan seperti berikut ini:

  • Pustula atau benjolan kecil yang di ujungnya terdapat nanah.
  • Papula atau benjolan kecil kemerahan yang biasanya akan menyakitkan ketika disentuh.
  • Nodul atau benjolan keras yang terletak di bawah permukaan kulit. Terkadang terasa menyakitkan saat disentuh.
  • Kista atau benjolan besar berisi nanah yang biasanya terasa menyakitkan. Mirip dengan nodul, kista juga terbentuk di bawah permukaan kulit kamu.

Penyebab acne (jerawat)

Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Berikut di antaranya:

  • Produksi sebum berlebih

Sebum merupakan sebuah zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak untuk mencegah kulit kering.

  • Folikel rambut tersumbat

Jerawat dapat muncul saat folikel rambut tersumbat oleh campuran sebum dan sel kulit mati.

  • Bakteri

Terdapat bakteri yang bisa memicu jerawat. Salah satunya adalah bakteri Propionibacterium acnes yang bisa berkembang serta menyumbat folikel rambut. Bakteri ini dapat menyebabkan peradangan.

  • Hormon

Aktivitas hormon androgen berlebih bisa menyebabkan jerawat muncul.

Folikel rambut yang tersumbat dapat membengkak dan membentuk komedo putih ataupun komedo hitam jika terpapar dengan dunia luar. Keadaan tersebut sebaiknya tidak dianggap remeh. Hal itu karena bisa berkembang menjadi papula, pustula, nodul, atau bahkan kista jika terkontaminasi oleh bakteri kulit.

Faktor risiko acne (jerawat)

Kamu telah mengenal apa itu acne. Terdapat juga beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena jerawat. Berikut adalah beberapa faktor risiko jerawat:

  • Perubahan hormone

Sekitar 80% kasus jerawat pada wanita terjadi karena adanya perubahan hormon pada waktu tertentu seperti saat menstruasi.

  • Masa pubertas

Pada masa pubertas, aktivitas hormon testosteron bakal meningkat. Efeknya, kelenjar minyak akan menghasilkan sebum dalam jumlah lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh kulit.

  • Keturunan

Seseorang yang berasal dari keluarga yang pernah bermasalah dengan jerawat lebih berisiko terkena jerawat.

  • Gesekan kulit dengan benda

Jika kulit bergesekan denga benda ketat di kulit dapat menimbulkan jerawat seperti memakai baju yang terlalu ketat.

Pengobatan acne (jerawat) di Klinik Pandawa Jakarta

Setelah membaca artikel ini, sekarang Sahabat Pandawa sudah mengenal apa itu acne (jerawat). Jika Sahabat Pandawa menderita jerawat yang sukar dihilangkan atau bekas jerawat yang tidak hilang maka dapat melakukan konsultasi dengan dokter.

Salah satu klinik yang memiliki dokter dan peralatan lengkap adalah KLINIK PANDAWA. Klinik Pandawa memiliki peralatan kecantikan yang lengkap. Tentunya juga dokter yang berpengalaman dalam menangani masalah jerawat. Kamu bisa melakukan treatment DERMALINFUSION untuk wajah yang dapat menghilangkan jerawat dan mempercantik kulit wajah.

Jika Sahabat Pandawa perlu informasi lebih lanjut maka dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dokter kami lewat link berikut ini KONSULTASI ONLINE GRATIS.Sahabat Pandawa juga dapat menghubungi kami lewat nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Share:

Komentar ditutup.