Search
Close this search box.

Dilarang Kemaras saat Haid, Mitos atau Fakta?

Keramas merupakan salah satu prosedur membersihkan rambut yang bisa Anda lakukan di rumah.

Untuk keramas, biasanya Anda menggunakan sampo yang mengandung berbagai bahan, seperti surfaktan, zat pengkondisi, pengawet, pewangi, dan terkadang bahan bermanfaat tambahan seperti vitamin atau ekstrak herbal.

Bahan aktif utama dalam sampo adalah surfaktan, yang berfungsi sebagai deterjen untuk menghilangkan kotoran dan minyak dari rambut.

Selain mengenai manfaatnya, ada beberapa mitos atau fakta mengenai larangan keramas saat haid. Lantas apakah keramas saat haid memang tidak boleh?

Manfaat Keramas

Keramas Saat Haid 1
Seorang Wanita Keramas Saat Haid

Keramas memberikan beberapa manfaat bagi rambut dan kulit kepala. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari keramas secara teratur:

  • Membersihkan rambut dan kulit kepala
  • Meningkatkan kesehatan kulit kepala
  • Meningkatkan penampilan dan pengelolaan rambut
  • Mengurangi sifat berminyak
  • Mempersiapkan rambut untuk produk perawatan rambut lainnya
  • Meningkatkan kebersihan secara keseluruhan

Penting untuk Anda perhatikan bahwa meskipun keramas memberikan manfaat ini, penting juga untuk tidak menggunakan sampo secara berlebihan.

Keramas yang berlebihan dapat menghilangkan minyak alami rambut dan kulit kepala, menyebabkan kekeringan dan potensi kerusakan. Menemukan frekuensi keramas yang tepat untuk jenis rambut dan kebutuhan pribadi Anda adalah kuncinya.

Dampak Jarang Keramas

Kurangnya keramas secara teratur dapat menyebabkan beberapa konsekuensi potensial untuk rambut dan kulit kepala:

  • Penumpukan kotoran dan minyak
  • Masalah kulit kepala
  • Infeksi rambut dan kulit kepala
  • Rambut terbebani
  • Susah untuk Anda tata

Penting untuk menemukan keseimbangan dalam hal frekuensi keramas. Sementara keramas yang berlebihan dapat menghilangkan minyak alami rambut dan menyebabkan kekeringan, keramas yang tidak memadai dapat menyebabkan masalah yang ada di atas.

Menemukan rutinitas keramas yang tepat untuk jenis dan kebutuhan rambut Anda sangat penting untuk menjaga kulit kepala dan rambut yang bersih dan sehat.

Keramas Saat Mens (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Mitos atau Fakta: Larangan Keramas saat Haid

Keyakinan atau praktik larangan keramas saat haid merupakan kepercayaan budaya atau tradisi pada sebagian masyarakat atau komunitas.

Namun, dari sudut pandang medis dan ilmiah, tidak ada bukti yang mendukung gagasan bahwa mencuci rambut saat menstruasi berbahaya atau berdampak buruk bagi kesehatan.

Menstruasi adalah proses alami tubuh, dan tidak ada alasan fisiologis mengapa keramas harus Anda batasi selama ini. Kebersihan pribadi, termasuk perawatan rambut, penting sepanjang siklus menstruasi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

Sangat penting untuk mempertimbangkan bahwa kepercayaan dan praktik budaya dapat bervariasi di komunitas yang berbeda, dan individu dapat memilih untuk mematuhi tradisi ini berdasarkan alasan pribadi, budaya, atau agama.

Namun, dari segi medis, tidak ada keharusan atau keharusan medis untuk tidak mencuci rambut saat menstruasi.

Setiap orang harus membuat keputusan sendiri mengenai praktik kebersihan pribadi berdasarkan kenyamanan, kepercayaan budaya, dan preferensi individu mereka.

Kapan ke Dokter untuk Mengatasi Masalah Rambut

Ketika keramas tidak cukup untuk mengatasi masalah rambut, Anda bisa pergi ke dokter atau tenaga medis. Beberapa situasi khusus antara lain:

  • Rambut rontok
  • Kondisi kulit kepala
  • Perubahan tiba-tiba pada tekstur atau penampilan rambut
  • Kerusakan rambut
  • Nyeri kulit kepala atau rambut terus menerus

Ingat, profesional perawatan kesehatan, seperti dokter kulit atau ahli trikologi, paling siap untuk mendiagnosis dan menangani masalah rambut.

Mereka dapat mengevaluasi kondisi spesifik Anda, melakukan tes atau pemeriksaan yang Anda perlukan dan memberikan panduan atau opsi perawatan yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan Anda nantinya.

Jika Anda berurusan dengan penipisan rambut atau kebotakan, penting untuk menemui dokter atau datang untuk hair loss treatment di Klinik Kulit dan Kelamin.

Klinik Pandawa sudah berpengalaman serta terpercaya untuk mengetahui akar masalahnya dan mencari cara menghentikan kerontokan atau memperbarui pertumbuhan rambut.

Referensi:

Share: