Search
Close this search box.

7 Penyebab Kencing Keluar Darah dan Pengobatannya

Kencing atau urin adalah produk limbah yang dihasilkan oleh ginjal sebagai hasil penyaringan dan pengolahan darah. Ini adalah cairan yang terutama terdiri dari air, bersama dengan zat limbah terlarut dan berbagai senyawa yang perlu tubuh hilangkan.

Proses pembentukan urin dimulai di ginjal, di mana ginjal menyaring darah dan membuang kelebihan air, produk limbah, dan racun.

Zat yang disaring, termasuk urea, asam urat, kreatinin, elektrolit (seperti natrium, kalium, dan klorida), dan produk limbah lainnya, kemudian dipekatkan dan diangkut ke kandung kemih melalui ureter.

Kandung kemih bertindak sebagai reservoir penyimpanan urin sampai tubuh mengeluarkannya secara sukarela dari tubuh melalui uretra saat buang air kecil.

Tindakan buang air kecil biasanya akan terkendali oleh otot-otot kandung kemih dan uretra, memungkinkan urin akhirnya keluar dari tubuh.

Sayangnya terkadang ada masalah yang membuat kencing keluar darah. Lantas apa penyebabnya? Kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai penyebab kencing keluar darah.

Apa itu Kencing Keluar Darah?

Kencing Keluar Darah 1
Pemeriksaan Kencing Keluar Darah

Kencing keluar darah bisa orang kenal juga sebagai hematuria, mengacu pada adanya darah dalam urin. Ini bisa memberi warna urin merah muda, merah, atau coklat.

Hematuria dapat terjadi karena berbagai alasan dan dapat diklasifikasikan sebagai hematuria kotor (darah yang terlihat dalam urin) atau hematuria mikroskopis (darah yang hanya dapat dideteksi di bawah mikroskop).

Penyebab Kencing Keluar Darah

Ada beberapa kemungkinan penyebab kencing keluar darah. Beberapa penyebab yang biasanya menjadi pemicunya antara lain sebagai berikut:

1. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi pada saluran kemih, seperti di kandung kemih atau ginjal, dapat menyebabkan darah muncul di urin.

2. Batu Ginjal

Ketika massa kristal dan mineral padat terbentuk di ginjal, kadang-kadang dapat menyebabkan perdarahan saat melewati saluran kemih.

3. Trauma atau Cedera

Trauma pada saluran kemih, seperti akibat kecelakaan, cedera, atau prosedur medis tertentu, dapat menyebabkan urin berdarah.

4. Penyakit Ginjal

Kondisi yang mempengaruhi ginjal, seperti glomerulonefritis atau penyakit ginjal polikistik, dapat menyebabkan hematuria.

5. Tumor Saluran Kemih

Tumor di saluran kemih, termasuk kandung kemih, ginjal, atau uretra, dapat menyebabkan urin berdarah.

6. Obat-obatan

Obat-obatan tertentu, seperti pengencer darah, dapat meningkatkan risiko pendarahan di saluran kemih dan mengakibatkan urin berdarah.

7. Imbas sejumlah makanan berwarna merah

Kencing bisa berwarna merah bisa jadi dari imbas makanan yang berwarna merah. Makanan seperti buah beri, bit, dan lain sebagainya dapat membuat urine atau kencing berwarna merah.

Jika kencing berwarna merah karena makanan, biasanya akan hilang tidak lama dan tidak akan disertai dengan gejala lainnya.

Jika Anda melihat darah dalam urin Anda, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk evaluasi.

Mereka dapat melakukan tes diagnostik, seperti analisis urin, studi pencitraan, atau sistoskopi, untuk menentukan penyebab hematuria.

Ini Dia Caranya Mengobati Infeksi Saluran Kemih (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Cara Mencegah Kencing Berdarah

Mencegah urin berdarah tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Berikut adalah beberapa pedoman umum yang dapat membantu mengurangi risiko mengalami hematuria:

  • Pertahankan Kebersihan saluran kemih yang baik
  • Tetap terhidrasi
  • Hindari trauma pada saluran kemih
  • Kelola kondisi medis yang mendasari
  • Pehatikan obat-obatan
  • Pemeriksaan rutin

Ingat, ini adalah pedoman umum, dan pendekatan terbaik untuk mencegah urin berdarah akan bergantung pada penyebab spesifik yang mendasarinya.

Jika Anda mengalami darah dalam urin Anda atau khawatir tentang kesehatan saluran kemih Anda, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk evaluasi yang tepat dan saran yang sesuai dengan Anda.

Pengobatan Kencing Keluar Darah

Obat yang tepat untuk kencing berdarah tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Sangat penting untuk mengidentifikasi kondisi spesifik yang menyebabkan hematuria melalui evaluasi menyeluruh oleh profesional kesehatan.

Biasanya rekomendasi pengobatan yang umum bisa Anda dan dokter lakukan antara lain sebagai berikut:

1. Antibiotik

Jika infeksi saluran kemih (ISK) adalah penyebab urin berdarah, antibiotik yang menargetkan bakteri tertentu yang bertanggung jawab atas infeksi dapat dokter resepkan. Pilihan antibiotik akan bergantung pada jenis bakteri dan kepekaannya terhadap obat tertentu.

2. Pereda Nyeri

Jika batu ginjal menyebabkan hematuria dan nyeri terkait, pereda nyeri dapat dokter resepkan untuk mengurangi ketidaknyamanan. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) atau analgesik lainnya dapat membantu mengatasi rasa sakit selama perjalanan batu ginjal.

3. Obat untuk Penyakit Ginjal

Pilihan pengobatan untuk penyakit ginjal bervariasi tergantung pada kondisi spesifiknya. Obat-obatan seperti kortikosteroid, imunosupresan, penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE), atau penghambat reseptor angiotensin (ARB) dapat diresepkan, tergantung pada penyebab yang mendasari dan stadium penyakit ginjal.

4. Perawatan Kanker

Jika tumor saluran kemih atau kanker kandung kemih menyebabkan hematuria, pilihan perawatan mungkin termasuk pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, atau imunoterapi, tergantung pada jenis dan stadium kanker.

Jika Anda mengalami kencing berdarah, sangat penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk diagnosis yang tepat dan rekomendasi pengobatan.

Kapan Harus ke Dokter?

Penting untuk menemui dokter jika Anda melihat darah dalam urin Anda (hematuria) untuk menentukan penyebab yang mendasarinya dan mendapatkan perhatian medis yang tepat.

Berikut adalah beberapa situasi saat Anda harus mencari evaluasi medis terkait urin berdarah:

  • Terlihat darah dalam urin
  • Darah yang terus-menerus atau berulang dalam urin
  • Nyeri atau tidak nyaman
  • Adanya gumpalan darah
  • Faktor risiko atau riwayat kondisi saluran kemih

Ingat, ini adalah pedoman umum, dan penting untuk berkonsultasi dengan profesional perawatan kesehatan untuk saran yang lebih akurat dan sesuai dengan kondisi Anda.

Jika Anda tertarik untuk mengatasi masalah kencing berdarah, Anda bisa datang atau konsultasi ke Klinik Utama Pandawa. Dengan dokter terpercaya, fasilitas lengkap, dan teknologi terkini, Klinik Pandawa siap membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Klinik Pandawa mempunyai layanan untuk pengobatan infeksi saluran kemih serta klinik kulit dan kelamin terbaik di Indonesia.

Anda juga bisa melakukan konsultasi online secara gratis ke Klinik Pandawa untuk mendapatkan perawatan dan informasi seputar pengobatan urin berdarah sesegera mungkin (Rahasia Terjamin).

Referensi:

Share: