Search
Close this search box.

Gonore – “Tepuk Tangan” Membuat Comeback ?

Gonore | Info Kesehatan | Klinik Kuliat | Klinik Kelamin

GonoreSetelah penurunan prevalensi dua dekade, tingkat gonore telah meningkat di Florida dan seluruh negara. Data terakhir untuk Florida menunjukkan peningkatan jumlah kasus (~19.000 menjadi ~23.000) dan tingkat per 100.000 orang (111,5 hingga 129,0) dari tahun 2003 ke angka terbaru pada tahun 2007.

Tingkat untuk negara secara keseluruhan adalah 118,9 per 100.000 orang (2007).

Gonore adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini dapat menginfeksi saluran genital, mulut dan rektum baik pria maupun wanita. Ejakulasi tidak harus terjadi agar penyakit menular. Ini juga dapat ditularkan dari ibu ke bayi selama persalinan.

Gejala gonore biasanya muncul dengan 2 sampai 5 hari setelah kontak seksual dengan pasangan yang terinfeksi, kadang-kadang gejala membuat lebih lama untuk muncul.

Gambar Gonore

cara mengobati kencing nanah

Pada wanita, infeksi mungkin asimtomatik. Jika ada, gejala awal gonore seringkali ringan. Gejala pertama pada wanita sering terjadi; rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil, peningkatan debit (kuning atau berdarah) dan pendarahan setelah hubungan seksual.

Pria memiliki gejala lebih sering daripada wanita dan mereka mungkin termasuk; keluarnya cairan putih, kuning atau hijau dari penis dengan rasa sakit, sensasi terbakar saat buang air kecil, dan testis bengkak yang menyakitkan.

Sementara infeksi tenggorokan dan rektum sering tanpa gejala, infeksi dubur mungkin mengeluarkan cairan, gatal dan buang air besar yang menyakitkan. Komplikasi gonore yang tidak diobati sangat banyak. Yang paling umum adalah penyakit radang panggul (PID), infeksi serius pada saluran reproduksi wanita.

Kehamilan ektopik dapat terjadi karena jaringan parut yang terbentuk di saluran tuba. Hal ini dapat mengakibatkan keguguran atau kematian ibu.

Video Ciri Ciri Gonore

Pada pria, gonore yang tidak diobati dapat menyebabkan epididimitis, kondisi menyakitkan pada testis yang dapat menyebabkan infertilitas. Jarang, gonore yang tidak diobati dapat menyebar melalui darah ke sendi, menyebabkan kerusakan sendi permanen (artritis gonokokal). Masalah bagi bayi baru lahir yang terkena gonore saat melahirkan adalah kebutaan, infeksi sendi dan darah. Ketika seorang anak mengalami infeksi di bagian tubuh mana pun, itu paling sering disebabkan oleh pelecehan seksual.

Gonore dapat didiagnosis dengan beberapa prosedur laboratorium. Ini termasuk pewarnaan sampel langsung untuk bakteri, mendeteksi gen bakteri atau DNA dan menumbuhkan organisme dalam kultur laboratorium.

Neisseria gonorrhoeae dapat diobati dengan antibiotik; namun telah menjadi resisten terhadap banyak antibiotik selama bertahun-tahun. Gonore dan Klamidia sering menginfeksi orang secara bersamaan; oleh karena itu dokter biasanya meresepkan pengobatan untuk kedua penyakit tersebut.

Jika Anda menderita gonore, semua pasangan seksual Anda harus diuji dan diobati jika terinfeksi, terlepas dari apakah mereka memiliki gejala atau tidak. Apa cara terbaik untuk mencegah gonore? Cara paling pasti untuk menghindari IMS adalah dengan tidak melakukan kontak seksual atau berada dalam hubungan monogami jangka panjang dengan orang yang diketahui tidak terinfeksi. Penggunaan kondom secara konsisten dan benar selama aktivitas seksual (vagina atau dubur) dapat mengurangi risiko infeksi.

Share: