Klinik Pandawa - Tanya Dokter, Cek Lab Terpercaya
Edit

F.A.Q KLINIKKULITKELAMIN.COM

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik kulit dan kelamin terbaik di Jakarta, melayani berbagai keluhan penyakit kulit dan kelamin, Estetika, Bedah Minor, Andrologi dan Ginekologi terpercaya di Jakarta sejak tahun 2012.

Berkomitmen terhadap pelayanan kesehatan setiap individu, Klinik Pandawa hadir memenuhi kebutuhan pasien dengan memberikan layanan terbaik khususnya di bidang Andrologi, Ginekologi, Bedah Minor, Penyakit Kulit dan Kelamin.

Lokasi Klinik Pandawa saat ini hanya di Jakarta. Terletak di Gedung Baja, Lt. GF2, Jalan Pangeran Jayakarta No. 55, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10730.

Klinik Pandawa melayani dari Hari Senin – Sabtu, pukul 10.00-18.00 dan Hari Minggu, pukul 12.00-18.00 (Selama Pandemi COVID-19)

Accordion Content

Selain datang ke Klinik Pandawa, cara mendaftar atau registrasi dan konsultasi online gratis cukup mudah. Anda hanya perlu hubungi layanan konsultan kami melalu nomor 021-6231-3337 atau 0821-1141-0672 via WA/ SMS/ TLP. Atau dengan klik layanan Konsultasi Dokter Online Gratis Kami di sini dan mengisi data diri Anda. Kerahasiaan data Anda selalu Kami jaga.

Klinik Pandawa memiliki ijin operasional resmi dari PTSP Jakarta Pusat dan Sudinkes Jakarta Pusat dengan Nomor :3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017.

Gonore Dapat Menyerang Pria dan Wanita, Yuk Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Daftar isi

Gonore | Klinik kulit | klinik Kelmain | Info Kesehatan

Gonore atau biasa dikenal sebagai kencing nanah, merupakan penyakit menular seksual (PMS) yang dapat menyerang siapa saja, tidak mengenal usia maupun gender. Menurut data Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, penyakit ini secara khusus rentan menyerang mereka yang berusia antara 15 – 24 tahun.

Efek dari penyakit gonore memang tidak sefatal HIV/AIDS. Namun, Anda tidak bisa membiarkan penyakit ini tanpa perlu melakukan pengobatan. Kalau dibiarkan begitu saja, ada banyak komplikasi yang bisa muncul, termasuk di antaranya adalah radang panggul, epididimitis, dan bahkan kemandulan.

Oleh karena itu, pengetahuan tentang gejala gonore penting untuk Anda ketahui. Dengan mengetahui gejalanya, Anda bisa melakukan upaya pengobatan dini dan menghindari terjadinya efek komplikasi.

Gambar Virus Gonore

​Gejala Penyakit Gonore

Gonore memang umumnya menyerang bagian kelamin. Meski begitu, risiko penyakit ini dapat pula terjadi pada area tubuh lainnya, seperti tenggorokan, anus, dan bahkan mata. Gejala yang bisa terjadi pada area selain kelamin tersebut berbeda-beda, termasuk di antaranya adalah:

  • Anus. Anda akan mendapati rasa gatal pada bagian anus. Anda juga akan menjumpai adanya cairan nanah yang keluar dari rectum. Selain itu, penderita gonore akan mengalami kesulitan dan harus mengejan ketika buang air besar. Tidak menutup kemungkinan, Anda menjumpai adanya pendarahan pada bagian anus.

  • Mata. Gonore akan membuat mata lebih sensitif terhadap cahaya. Selain itu, ada pula gejala berupa keluarnya cairan nanah dari salah satu atau kedua bola mata.

  • Tenggorokan. Gejala gonore pada tenggorokan bisa Anda kenali dengan adanya rasa sakit. Selain itu, ada pula gejala lainnya berupa pembengkakan kelenjar getah bening yang lokasinya ada di area leher.

Lalu, bagaimana kalau gonore menyerang area kelamin? Gejala yang bisa muncul akan berbeda ketika penyakit ini menyerang pria dan wanita.

​Gejala Gonore pada Pria

Pada penderita gonore berjenis kelamin pria, beberapa gejala yang dapat muncul di antaranya adalah:

  • Frekuensi buang air kecil yang mengalami peningkatan

  • Keluar cairan nanah berwarna kekuningan, putih, atau kehijauan dari ujung penis

  • Muncul rasa sakit ketika buang air kecil

  • Bagian testis mengalami pembengkakan dan terasa sakit

  • Lubang penis mengalami pembengkakan dan terdapat perubahan warna

​Gejala Gonore Pada Wanita

Sementara itu, gejala gonore pada wanita yang dapat Anda kenali di antaranya adalah:

Berbeda dengan pria, wanita yang mengidap penyakit gonore kerap tidak mendapati gejala apapun. Kalaupun ada, gejala tersebut terlihat tidak terlalu serius dan mirip dengan infeksi bakteri biasa atau jamur vagina. Gejala-gejala tersebut di antaranya adalah:

  • Rasa sakit yang muncul ketika buang air kecil

  • Rasa nyeri pada bagian panggul atau perut

  • Terjadi pendarahan ketika setelah melakukan hubungan suami istri

  • Rasa sakit yang terjadi saat melaksanakan hubungan suami istri

  • Pendarahan yang lebih banyak saat menstruasi

​Cara Mencegah Infeksi Penyakit Gonore

Gonore merupakan penyakit yang muncul akibat adanya infeksi oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau Gonococcus. Bakteri ini memiliki sifat yang sangat cepat melakukan penularan. Biasanya, proses infeksi bakteri tersebut berlangsung melalui hubungan seksual, oral, serta anal.

Tidak menutup kemungkinan, Anda bisa pula terserang oleh penyakit gonore ketika mempunyai kebiasaan memakai mainan seks yang terkontaminasi bakteri. Sebagai tambahan, bayi dapat pula terpapar oleh gonore yang merupakan imbas dari penularan oleh ibu yang terinfeksi penyakit ini.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan berbagai upaya pencegahan agar tidak terpapar oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Ada beberapa upaya yang dapat Anda laksanakan untuk mencegah infeksi penyakit ini, antara lain adalah:

  • Setia pada pasangan

  • Membiasakan diri menggunakan kondom ketika berhubungan seksual

  • Melaksanakan pemeriksaan infeksi menular seksual dengan rutin

  • Menghindari kebiasaan berhubungan seksual di luar nikah

​Fenomena Pingpong Penyakit Gonore

Upaya yang tak kalah penting untuk menghindari penularan penyakit gonore adalah memahami fenomena pingpong. Fenomena ini bisa terjadi ketika seseorang yang tertular penyakit menular seksual dan belum sembuh secara total melakukan hubungan seksual dengan orang lain.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan upaya pengobatan secara tuntas untuk memutus rantai penularan penyakit tersebut. Pengobatan tersebut bukan hanya tindakan untuk melindungi diri sendiri, tetapi juga pasangan dan keluarga.

Ditambah lagi, aktivitas hubungan seksual yang Anda lakukan ketika kencing nanah masih belum sembuh secara total dapat menimbulkan efek samping, di antaranya:

  • Tidak memperoleh kepuasan seksual

  • Rasa sakit dan nyeri ketika berhubungan seksual

  • Risiko kerusakan organ reproduksi

  • Gangguan kesuburan

  • Risiko penularan pada janin

Semua risiko tersebut dapat Anda hindari dengan melakukan pengobatan penyakit gonore sampai sembuh. Proses penyembuhannya memang memerlukan waktu cukup lama dan Anda perlu menjalaninya dengan sabar. 

Sampai di sini, Anda sudah bisa memahami pentingnya pengetahuan tentang gejala serta cara pencegahan penyakit gonore, kan? Yuk, biasakan hidup sehat dan jaga keluarga dari penyakit menular seksual.

Sumber:

https://www.healthline.com/health/gonorrhea

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gonorrhea/symptoms-causes/syc-20351774

https://www.sehatq.com/forum/kencing-nanah-q38410

https://www.halodoc.com/kesehatan/gonore