Search
Close this search box.

Gonore Adalah Penyakit yang Bisa Sembuh Secara Total, Asalkan

Gonore | Klinik Kelamin | Klinik Kulit | Info Kesehatan

Penyakit menular seksual menyebar lewat kontak langsung yang terjadi lewat aktivitas seksual. Bukan hanya hubungan seksual secara vaginal, tetapi juga oral maupun anal. Kencing nanah atau gonore adalah salah satu penyakit yang menjadi bagian dari penyakit menular seksual. Penyakit ini pun bisa menyerang siapa saja, termasuk bayi yang baru lahir.

Karena risiko penularannya yang sangat cepat, penderita kencing nanah harus menjaga diri agar tidak menularkan penyakit ke pasangan atau orang terdekat. Hal terpenting yang harus Anda ketahui, gonore adalah penyakit yang bisa disembuhkan. Bahkan, Anda dapat memperoleh kesembuhan secara total dan terbebas dari penyakit ini.

Diagnosis Gonore Adalah Langkah Awal Menuju Proses Kesembuhan

Untuk memperoleh kesembuhan dari penyakit menular seksual, termasuk di antaranya adalah kencing nanah, Anda perlu terlebih dahulu menjalani proses diagnosis. Proses diagnosis melibatkan tenaga dokter yang bertugas melakukan pengambilan dan analisis sampel. Cara pengambilan sampel bisa dilakukan dengan beberapa metode, yaitu:

  • Tes urine. Pada pengujian ini jenis sampel yang dibutuhkan adalah urine. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi keberadaan bakteri penyebab gonore di uretra.

  • Swab test. Ada pula pengujian berupa swab test. Cara pelaksanaannya adalah dengan mengambil sampel melalui pengolesan pada area yang teridentifikasi gonore, seperti tenggorokan, uretra, vagina, atau rektum.

  • Home test kit. Untuk penderita kencing nanah wanita, terdapat home test kit yang memungkinkan proses pengujian di rumah.

Dalam praktiknya, dokter kemungkinan akan menyarankan kepada Anda untuk turut melakukan pengujian terhadap penyakit menular seksual lain. Apalagi, infeksi kencing nanah kerap disertai dengan penularan penyakit lain, khususnya chlamydia. Selain itu, Anda mungkin juga akan disarankan untuk menjalani tes HIV.

Luka Muncul di Dalam Miss V

Cara Perawatan Penderita Gonore

Secara umum, proses pengobatan dan perawatan kencing nanah tidak hanya ditujukan untuk penderita. Namun, tenaga medis juga akan melibatkan orang-orang terdekat dalam proses tersebut.

1. Perawatan Gonore Pada Orang Dewasa

Jenis perawatan dan pengobatan untuk penderita gonore berusia dewasa adalah dengan menggunakan antibiotik. Jangan sembarangan menggunakan antibiotik tanpa resep dokter. Apalagi, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat telah menjumpai adanya kasus resistensi antibiotik pada bakteri Neisseria gonorrhoeae.

Jenis antibiotik yang bisa diberikan kepada penderita kencing nanah bisa berupa antibiotik injeksi maupun oral. Lewat proses diagnosis oleh tenaga dokter, Anda akan memperoleh petunjuk antibiotik yang sesuai. Termasuk dengan memperhatikan faktor alergi yang kemungkinan ada pada tubuh penderita.

2. Perawatan Gonore untuk Pasangan

Selain penderita gonore, pihak yang akan disarankan untuk menjalani perawatan gonore adalah pasangan. Saran untuk menjalani tes atau diagnosis perlu dilakukan, terlepas apakah pasangan Anda menunjukkan gejala terjadinya gonore atau tidak.

Catatan penting, pada kasus gonore, sering kali penderita tidak menyadari kalau dirinya telah terkena penyakit. Apalagi, tidak menutup kemungkinan kalau penyakit kencing nanah melakukan infeksi pada tubuh seseorang tanpa menunjukkan gejala tertentu.

Fakta yang terjadi di lapangan, hampir 50% penderita wanita tidak merasakan adanya gejala infeksi bakteri penyebab penyakit kencing nanah. Di waktu bersamaan, sekitar 10% penderita pria mengaku kalau dirinya telah terinfeksi gonore.

3. Pengobatan Gonore untuk Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir oleh seorang ibu penderita kencing nanah memiliki risiko tertular penyakit kencing nanah. Oleh karena itu, ketika Anda menjumpai adanya tanda-tanda infeksi kencing nanah, segera lakukan perawatan medis ke klinik kulit dan kelamin terdekat. Perawatan penyakit pada bayi dapat dilakukan menggunakan pemberian antibiotik.

Cara Melakukan Pengobatan Gonore Sampai Sembuh Total

Kalau Anda ingin benar-benar sembuh dari penyakit gonore, ada beberapa tahapan yang perlu dilalui, yaitu:

1. Konsultasi dengan Tenaga Kesehatan

Langkah pertama adalah melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi kesehatan secara gratis yang disediakan oleh Klinik Pandawa. Untuk melakukan konsultasi, cek langsung ke sini, ya!

Saat konsultasi, Anda dapat mengajukan berbagai pertanyaan terkait gonore. Sebagai contoh, gejala yang muncul, upaya pengobatan yang pernah dijalani, dan lain sebagainya.

2. Jalani Pengobatan di Klinik Kulit dan Kelamin Terdekat

Setelah konsultasi, Anda dapat mulai melakukan pengobatan dengan mendatangi klinik kulit dan kelamin terdekat. Dokter akan mengajukan berbagai pertanyaan terkait penyakit yang Anda derita. Tidak menutup kemungkinan, dokter akan secara langsung melakukan langkah-langkah perawatan dan memberikan petunjuk pengobatan lebih lanjut.

3. Hal yang Perlu Anda Lakukan Selama Proses Pengobatan Gonore

Gonore adalah penyakit yang bisa disembuhkan. Meski begitu, proses penyembuhannya butuh waktu. Tidak bisa serta-merta sembuh dalam waktu singkat. Selama proses penyembuhan, Anda masih mempunyai risiko untuk menularkan penyakit menular seksual ke orang lain, terutama pasangan.

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, hindari aktivitas hubungan seksual selama proses penyembuhan kencing nanah . Kalaupun Anda melakukan hubungan seksual, utamakan pemakaian kondom. Dengan begitu, risiko penularan dapat diminimalkan.

Semoga bermanfaat.

sumber artikel:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gonorrhea/diagnosis-treatment/drc-20351780
https://www.nhs.uk/conditions/gonorrhoea/treatment/

Share: