Efek Samping Operasi Kantung Mata, Waspada Salah Klinik!

Sama seperti prosedur lainnya, operasi kantung mata atau blepharoplasty juga memiliki efek samping.

Tapi jangan khawatir, jika memilih klinik yang terbaik maka tentu saja Anda akan terhindar dari risiko tersebut.

Operasi ini umum untuk memperbaiki bentuk dan struktur kelopak mata yang kendur dan menimbulkan efek mata panda. 

Sebelum menjalani operasi, selain memilih klinik estetika terbaik, pasien perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mendapatkan informasi tentang prosedur, perawatan, dan efek samping yang mungkin terjadi.

Apa Itu Operasi Kantung Mata?

Operasi kantung mata, yang juga memiliki nama lain yaitu blepharoplasty, adalah prosedur bedah plastik medis yang bertujuan untuk menghilangkan kantung-kantung lemak di area bawah mata. 

Prosedur ini melibatkan pengangkatan kulit kelopak mata yang berlebihan serta merapikan lipatan mata. 

Pasien akan menjalani prosedur operasi ini di bawah pengaruh anestesi dan menggunakan sayatan kecil yang akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu yang relatif cepat.

YouTube video
BLEFAROPLASTY ATAU OPERASI EYE FAT REMOVAL | KLINIK UTAMA PANDAWA (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Efek Samping Operasi Kantung Mata

Operasi kantung mata (blepharoplasty) adalah prosedur bedah kosmetik yang dapat memberikan manfaat signifikan dalam penampilan dan kesehatan area sekitar mata. 

Namun, seperti prosedur bedah lainnya, operasi ini juga dapat menyebabkan beberapa efek samping. Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin terjadi setelah menjalani operasi kantung mata:

1. Pembengkakan dan Memar

Salah satu efek samping yang umum adalah pembengkakan dan memar di sekitar mata. Ini adalah respons alami tubuh terhadap prosedur bedah dan biasanya akan mereda dalam beberapa hari atau minggu.

2. Nyeri dan Ketidaknyamanan

Pasien dapat merasakan nyeri atau ketidaknyamanan di area yang mengalami operasi. Dokter akan meresepkan obat pereda nyeri untuk membantu mengatasi gejala ini.

3. Mata Kering

Beberapa pasien mungkin mengalami mata kering setelah operasi. Ini bisa berlangsung beberapa minggu atau bulan. Dokter dapat memberikan rekomendasi untuk tetes mata yang cocok.

4. Gangguan Penglihatan Sementara

Sementara mata sedang dalam tahap penyembuhan, pasien mungkin mengalami gangguan penglihatan sementara, seperti penglihatan kabur. Ini biasanya bersifat sementara dan akan pulih.

5. Reaksi Alergi

Beberapa pasien mungkin mengalami reaksi alergi terhadap perban atau obat-obatan yang digunakan selama operasi. Penting untuk memberi tahu dokter tentang riwayat alergi Anda sebelum operasi.

6. Kulit yang Kering atau Teriritasi

Kulit di sekitar mata mungkin menjadi kering atau teriritasi selama proses penyembuhan. Perawatan kulit yang lembut dan menggunakan krim yang direkomendasikan oleh dokter dapat membantu mengatasi masalah ini.

7. Mengaburkan Visi

Beberapa pasien mungkin mengalami pengaburan visi sementara sebagai hasil dari bengkak atau efek samping obat yang digunakan selama pemulihan. Ini biasanya pulih seiring berjalannya waktu.

8. Sensitivitas Matahari

Mata mungkin menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari selama proses penyembuhan. Menggunakan kacamata hitam atau melindungi mata dari sinar matahari yang berlebihan adalah disarankan.

9. Jahitan yang Terlihat

Pada beberapa kasus, jahitan mungkin terlihat setelah operasi. Dokter bedah akan memberikan petunjuk mengenai perawatan jahitan dan kapan harus menghapusnya.

YouTube video
TIPS MATA CANTIK OPERASI EYELID ATAU BLEFAROPASTI | NOVI TRESNA (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

Baca Juga: Segini Biaya Operasi Kantung Mata di Klinik Utama Pandawa

Manfaat Operasi Kantung Mata

Operasi ini dapat memberikan sejumlah manfaat, baik dari segi penampilan maupun kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari operasi kantung mata:

1. Peningkatan Penampilan

Salah satu manfaat utama dari operasi kantung mata adalah peningkatan penampilan. Dengan menghilangkan kantung mata dan mengencangkan kulit di sekitar mata, pasien dapat terlihat lebih muda dan lebih segar.

2. Peningkatan Percaya Diri

Dengan penampilan yang lebih muda dan kurangnya kantung mata yang mencolok, banyak pasien melaporkan peningkatan percaya diri setelah menjalani operasi kantung mata.

3. Penglihatan yang Lebih Baik

Beberapa pasien mengalami gangguan penglihatan karena kantung mata yang berlebihan atau kulit yang kendur. 

Operasi kantung mata dapat menghilangkan hambatan ini dan meningkatkan penglihatan.

4. Pengurangan Masalah Kesehatan

Kantung mata yang berlebihan sering kali menjadi tempat penumpukan cairan dan lemak yang dapat menyebabkan iritasi atau infeksi. 

Dengan menghilangkan kantung mata, risiko masalah kesehatan ini dapat berkurang.

5. Pemulihan Kulit yang Kendur

Operasi kantung mata dapat membantu mengencangkan kulit di sekitar mata, yang dapat membantu dalam mengurangi kerutan dan kulit yang kendur pada area tersebut.

6. Hasil yang Tahan Lama

Hasil operasi kantung mata biasanya bertahan lama, dan pasien tidak perlu menjalani prosedur serupa dalam waktu yang singkat.

Prosedur Operasi Blepharoplasty

Prosedur operasi kantung mata, atau blepharoplasty, umumnya melibatkan tindakan pengangkatan lemak dan jaringan yang berlebihan di area kantung mata. 

Dokter akan membuat sayatan kecil di dalam lipatan alami kelopak mata untuk meminimalkan bekas luka yang terlihat setelah operasi. 

Selama operasi, pasien akan berada di bawah pengaruh anestesi sehingga tidak merasakan sakit atau tidak nyaman selama prosedur ini. 

Setelah operasi selesai, pasien perlu menjalani proses pemulihan yang meliputi perawatan luka operasi, menghindari aktivitas yang berat, dan mengikuti petunjuk dari dokter.

Baca Juga: Operasi Kelopak Mata Ganda Bikin Mata Makin Cantik

Apa Saja yang Harus Dilakukan Pasca Operasi Kantung Mata?

Pasca Operasi Kantung Mata 1024x576
Pasca Operasi Kantung Mata

Setelah menjalani operasi kantung mata, pasien perlu mematuhi instruksi dari dokter untuk memastikan pemulihan yang optimal. 

Beberapa langkah yang perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan luka operasi, menghindari aktivitas yang berat, mengompres area mata dengan es untuk mengurangi pembengkakan, dan mengonsumsi obat yang telah dokter resepkan oleh dokter. 

Pasien juga perlu untuk tidak merokok karena merokok dapat memengaruhi proses pemulihan dan menyebabkan komplikasi. 

Penting bagi pasien untuk tetap terhubung dengan dokter mereka selama proses pemulihan dan melaporkan semua gejala atau perubahan yang timbul.

Biaya Operasi Blepharoplasty

Berikut adalah beberapa pertimbangan tentang biaya operasi kelopak mata atau blepharoplasty:

1. Lokasi Geografis

Biaya operasi blepharoplasty dapat sangat terpengaruh oleh lokasi geografis di mana Anda menjalani prosedur.

Operasi blepharoplasty di Jakarta atau wilayah dengan biaya hidup tinggi, biaya cenderung lebih tinggi daripada di daerah pedesaan atau dengan biaya hidup lebih rendah.

2. Jenis Prosedur

Biaya juga akan bervariasi berdasarkan jenis blepharoplasty yang Anda pilih. Ada dua jenis utama: upper blepharoplasty (operasi kelopak mata atas) dan lower blepharoplasty (untuk kelopak bawah). 

Beberapa pasien mungkin memilih untuk menjalani keduanya secara bersamaan. Biaya akan berbeda untuk setiap jenis.

3. Tingkat Keahlian Dokter Bedah

Dokter bedah dengan pengalaman dan reputasi yang lebih tinggi biasanya mengenakan biaya lebih tinggi. 

Ini dapat memberikan kepastian kualitas pelayanan, tetapi juga bisa meningkatkan biaya keseluruhan operasi.

4. Fasilitas Medis

Pilihan fasilitas medis juga mempengaruhi biaya. Menginap di rumah sakit atau klinik dengan fasilitas yang lebih baik mungkin lebih mahal dibandingkan dengan operasi yang dilakukan di klinik yang lebih kecil.

5. Biaya Tambahan

Biaya tambahan mungkin dikenakan termasuk biaya konsultasi, biaya pemantauan pasca operasi, dan biaya obat-obatan atau perban. Pastikan untuk memahami semua biaya yang terkait dengan operasi.

6. Biaya Total

Biaya total operasi blepharoplasty mencakup biaya dokter bedah, biaya anestesi, biaya fasilitas, dan biaya lainnya. 

Pastikan untuk mendiskusikan biaya keseluruhan dengan dokter Anda sebelum menjalani operasi.

Umumnya biaya operasi ini berkisar antara belasan juta hingga puluhan juta rupiah.

Baca Juga: Hasil Blepharoplasty Before and After

Klinik Blepharoplasty Terbaik di Jakarta

Untuk menghindari efek samping dari operasi kantung mata, Anda harus memilih klinik bedah terdekat dan terpercaya di Jakarta yaitu, Klinik Utama Pandawa.

Mengapa Klinik Utama Pandawa? Klinik yang juga merupakan klinik kulit dan kelamin Jakarta yang terbaik, menawarkan perawatan bedah plastik dengan standar tertinggi dan dilakukan oleh tim ahli bedah yang berpengalaman. 

Kami memahami bahwa setiap pasien adalah unik, dan pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan estetis dan medis pasien selalu menjadi prioritas utama. 

Dengan fasilitas medis yang modern dan berkualitas, Klinik Utama Pandawa menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi pasien selama seluruh proses operasi dan pemulihan. 

Selain itu, mereka memahami pentingnya hasil yang alami dan memperhatikan detail-detail kecil dalam setiap prosedur blepharoplasty, yang menjadikan Klinik Utama Pandawa sebagai pilihan utama bagi mereka yang mencari peremajaan mata dengan hasil yang memuaskan.

Referensi
Tim Medis Klinik Utama Pandawa
Share: