Search
Close this search box.

5 Cara Mengobati Herpes Zoster Secara Alami | Klinik Kulit Kelamin

Herpes zoster adalah infeksi virus yang menyebabkan ruam yang menyakitkan. Virus varicella zoster (VZV) menyebabkan infeksi virus ini. Selain itu, ini adalah virus yang sama yang menyebabkan cacar air. Bagaimana cara mengobati herpes zoster secara alami?

Jika Anda menderita cacar air saat kecil, virus herpes zoster tidak aktif di tubuh Anda. Virus dapat aktif kembali di kemudian hari dan menyebabkan ruam herpes zoster.

Ruam dapat terjadi pada bagian tubuh mana pun, tetapi biasanya hanya mengenai bagian kecil tubuh saja.

Nyeri biasanya merupakan gejala pertama herpes zoster. Ruam dan lepuh berisi cairan terbentuk dalam beberapa hari setelah timbulnya rasa sakit. Beberapa penderita herpes zoster juga mengalami demam, kepekaan terhadap cahaya, dan kelelahan.

Sumber: Youtube/Klinik Utama Pandawa

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sekitar 1 dari 3 orang di Amerika Serikat akan terkena herpes zoster di beberapa titik dalam hidup mereka.

Virus herpes zoster dapat bertahan antara dua dan enam minggu. Herpes zoster tidak mengancam jiwa, tetapi beberapa orang mengalami neuralgia postherpetic.

Adapun neuralgia postpherpetic adalah rusaknya serabut saraf, menyebabkan nyeri herpes zoster yang berlangsung selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah ruam hilang.

Herpes zoster tidak memiliki obat, namun biasanya dokter di Klinik Kulit dan Kelamin biasanya akan memberikan obat antivirus untuk membantu mempersingkat durasi virus dan mengurangi gejala.

Meskipun antivirus adalah pengobatan yang efektif untuk herpes zoster, itu bukan satu-satunya pilihan.

Beberapa pengobatan herpes zoster secara alami juga dapat mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terjadi. Ada beberapa cara alami yang bisa anda tempuh, berikut pembahasannya.

1. Dikompres Dingin

Melakukan kompres dingin adalah salah satu cara untuk mengobati herpes zoster. Dengan begini permukaan kulit akan menjadi lembab.

Lakukan ini beberapa kali sepanjang hari untuk meredakan gejala. Rendam kain dalam air dingin, peras airnya, dan tempelkan kain tersebut pada ruam dan lepuh.

Dinginnya kompres dapat mengurangi nyeri. Ulangi proses ini sesering yang Anda butuhkan. Jangan mengoleskan kompres es pada ruam. Rasa dingin dapat meningkatkan kepekaan kulit dan memperburuk rasa sakit.

2. Cara Mengobati Herpes Zoster Lewat Mandi

Pembersihan lepuh setiap hari mengurangi risiko penyebaran infeksi. Mandi air dingin atau shower untuk menenangkan kulit bisa anda lakukan. Kesejukan airnya dapat meredakan nyeri akibat herpes zoster dan meredakan rasa gatal.

Kamu juga bisa melakukan ritual penyembuhan lewat mandi untuk mengurangi gejala. Tuang 1 hingga 2 cangkir oatmeal koloid atau tepung maizena ke dalam air mandi suam-suam kuku dan rendam selama 15 hingga 20 menit.

Jangan gunakan air panas. Air panas dapat memperparah lepuh herpes zoster karena panas bisa meningkatkan aliran darah. Keringkan tubuh Anda sepenuhnya dan kemudian cuci handuk Anda untuk menghindari penyebaran virus ke orang lain.

Artikel Lainnya: Penyakit Herpes Zoster atau Herpes Kulit (Cacar Api)

3. Menggunakan Lotin dan Krim yang Tepat

Menggaruk ruam herpes zoster dapat menyebabkan jaringan parut dan memperpanjang lepuh. Jika gatal tidak membaik setelah mandi atau melakukan kompres dingin, anda bisa menggunakan losion dank rim.

Losion dan krim tidak mempercepat proses penyembuhan, tetapi dapat meningkatkan tingkat kenyamanan Anda. Hindari lotion beraroma atau wangi. Mereka dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut.

Gunakan losion dan krim secukupnya karena pengaplikasian yang berlebihan bisa mencegah luka mengering dan memperpanjang proses penyembuhan. Untuk alasan yang sama, jangan gunakan salep antibiotik pada luka.

Untuk mengetahui losion dan krim mana yang boleh digunakan serta bagaimana cara mengoleskannya, anda bisa berkonsultasi lebih dulu ke Klinik Utama Pandawa secara gratis dan sudah berpengalaman menangani berbagai penyakit Kulit dan Kelamin termasuk herpes zoster.

4. Menggunakan Soda Kue dan Pasta Tepung Maizena

Buat pasta menggunakan tepung maizena atau soda kue dan air untuk menghilangkan rasa gatal yang disebabkan oleh ruam herpes zoster secara alami.

Tuangkan dua bagian tepung maizena atau soda kue ke dalam cangkir. Tambahkan satu bagian air untuk mendapatkan konsistensi pasta yang diinginkan. Oleskan campuran tersebut ke ruam Anda. Bilas setelah 10 hingga 15 menit. Ulangi beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

5. Mengubah Pola Makan

Cara mengobati herpes zoster selanjutnya adalah dengan mengubah pola makan. Pasalnya, sistem kekebalan yang melemah memperburuk herpes zoster.

Beberapa perubahan pola makan dapat memperkuat sistem kekebalan Anda dan mencegah herpes zoster menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda.

cara mengobati herpes zoster

Ambil langkah-langkah untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan Anda dengan mengonsumsi makanan tertentu dan menghindari makanan yang dirasa tidak sehat.

Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, B-12, C, dan E, dan asam amino lisin. Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi antara lain:

  • buah berwarna oranye dan kuning
  • sayuran berdaun hijau
  • daging
  • telur
  • ayam
  • ikan hasil dari menangkap di alam liar
  • produk susu
  • biji-bijian
  • kacang-kacangan
  • kacang polong
  • tomat
  • bayam

Saat Anda sembuh dan mengatasi efek herpes zoster, Anda mungkin menginginkan makanan yang lebih enak. Itu bisa saja dilakukan, namun anda wajib menghindari sejumlah makanan di bawah ini:

  • makanan dan jus dengan jumlah gula yang tinggi
  • makanan kaya arginin (termasuk cokelat,
  • agar-agar, dan kacang-kacangan)
  • karbohidrat
  • makanan tinggi lemak jenuh

Makan terlalu banyak dari makanan di atas dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan berpotensi memperpanjang virus. Makanan dengan kadar arginin yang tinggi bahkan dapat menyebabkan virus berkembang biak.

Baca Juga: Apa Itu Herpes Dan Apa Saja Gejala Nya ? – Klinik Pandawa

Jika Tak Kunjung Sembuh, Konsultasikan dengan Dokter

Jika sejumlah cara di atas telah anda lakukan namun hasilnya tak kunjung membaik, maka anda bisa datang ke Klinik Kulit dan Kelamin terpercaya yang sudah berpengalaman menangani herpes zoster. Salah satunya adalah Klinik Utama Pandawa yang sudah bertahun-tahun menangangi masalah Kulit dan Kelamin.

Didukung dengan staf medis, dokter, dan peralatan yang canggih, anda bisa mempercayakan pemeriksaan herpes zoster yang aman dan nyaman di sini. Menariknya, Klinik Utama Pandawa juga sangat menjaga kerahasiaan pasiennya sehingga anda tidak perlu khawatir.

Dengan mengetahui cara mengobati herpes zoster secara alami, diharapkan anda bisa mengurangi gejalanya dan memperpendek masa penyakitnya di tubuh anda.

Referensi:

Share: