Search
Close this search box.

Apa Obat Sakit Gigi yang Paling Ampuh?

Klinik Kulit | Klinik kelamin | Klinik Gigi | Info Kesehatan

Sakit gigi memang terlihat sepele. Namun, rasa sakit tersebut akan terasa sangat mengganggu. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat. Untuk pengobatan yang sifatnya sementara di rumah, Anda bisa menggunakan berbagai pilihan obat sakit gigi.

10 Obat Sakit Gigi untuk Pemakaian di Rumah

Untuk menangani rasa nyeri dan ngilu pada gigi, Anda bisa mencoba berbagai metode pengobatan, di antaranya:

1. Berkumur Larutan Garam

Penanganan atau obat sakit gigi di rumah pertama yang dapat Anda coba adalah memakai larutan garam. Larutan garam dapat berfungsi sebagai disinfektan alami. Berkumur larutan garam dapat membantu Anda membersihkan sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi. Selain itu, pemakaiannya juga dapat menyembuhkan luka oral serta inflamasi di dalam mulut.

10 Obat Sakit Gigi Alami yang Mudah Didapat di Rumah

2. Hidrogen Peroksida

Anda dapat pula memakai larutan hidrogen peroksida untuk meringankan gejala sakit gigi. Penggunaannya dapat membunuh bakteri dalam mulut, mengurangi plak, serta menyembuhkan pendarahan pada gusi. Hanya saja, Anda harus cermat dalam melakukan pencampuran larutan hidrogen peroksida dengan air.

3. Kompres Es Batu

Upaya meredakan rasa sakit pada gigi dapat pula Anda lakukan dengan memakai kompres es batu. Selain meredakan rasa sakit, es batu juga dapat mengurangi peradangan serta pembengkakan pada gusi.

4. Teh Peppermint

Solusi obat sakit gigi berikutnya adalah kantong teh pepermint. Teh pepermint berguna untuk meredakan rasa sakit serta mengatasi gusi sensitif. Cara terbaik pemanfaatannya adalah memakainya dalam kondisi yang dingin.

5. Bawang Putih

Tak hanya sebagai bumbu masakan, bawang putih telah lama dikenal sebagai bahan yang bersifat antibakteri. Anda dapat memanfaatkannya untuk meredakan rasa sakit pada gigi. Caranya gampang, tinggal menggigit bawang putih mentah atau mengoleskan bawang putih yang telah dihancurkan pada gigi.

6. Ekstrak Vanili

Ada kandungan alkohol pada ekstrak vanili. Kandungan tersebut bisa membantu Anda dalam meredakan rasa sakit serta memiliki sifat sebagai antioksidan yang mempercepat penyembuhan. Cara penggunaannya mudah, Anda tinggal mengoleskannya ke area gigi yang sakit selama beberapa kali dalam sehari.

7. Cengkih

Masyarakat zaman dulu telah mengenal cengkih sebagai salah satu obat sakit gigi tradisional. Ekstrak cengkih memiliki kemampuan untuk meredakan rasa sakit serta mengurangi peradangan. Hal ini tak lepas dari kandungan eugenol dalam cengkih yang merupakan antiseptik alami.

Untuk menggunakan cengkih sebagai obat sakit gigi alami, Anda dapat mencampurkan minyak esensial cengkih dengan carrier oil. Sebanyak 15 tetes minyak cengkih bisa Anda campur dengan 1 tetes minyak carrier. Selanjutnya, oleskan campuran minyak tersebut berulang kali pada gigi yang sakit.

8. Daun Jambu Biji

Bagi Anda yang suka bertanam, pertimbangkan untuk menanam buah jambu biji. Tak hanya buahnya yang enak dan bermanfaat, Anda juga bisa memperoleh khasiat daun jambu biji sebagai obat sakit gigi tradisional dan alami.

Daun jambu biji punya kemampuan sebagai bahan antiperadangan alami. Pemakaiannya dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, daun jambu biji juga berfungsi sebagai bahan antimikroba yang dapat membantu penyembuhan sakit gigi.

9. Daun Thyme

Pilihan selanjutnya adalah menggunakan daun thyme yang tak hanya memiliki sifat antibakteri, tetapi juga antioksidan. Pemakaiannya dapat membantu Anda dalam melawan bakteri yang membuat gigi keropos.

Cara penggunaannya yang paling mudah adalah dengan memakainya dalam bentuk minyak esensial daun thyme. Campurkan minyak tersebut dengan carrier oil dan sedikit air. Selanjutnya, gunakan larutan tersebut sebagai cairan berkumur.

10. Obat Sakit Gigi

Terakhir, Anda dapat pula memilih untuk menggunakan obat sakit gigi yang bisa ditemukan secara bebas di apotek terdekat. Untuk anak-anak, jenis obat yang bisa anda gunakan adalah acetaminophen. Sementara itu, obat untuk orang dewasa bisa berupa ibuprofen serta naproxen.

Kapan Harus Melakukan Pemeriksaan ke Dokter Gigi?

Anda sudah menggunakan berbagai jenis obat sakit gigi seperti yang telah disebutkan. Namun, ternyata rasa sakit tersebut masih belum hilang. Maka, pertimbangkan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan diagnosis ke dokter gigi ketika sakit gigi disertai dengan rasa sakit pada rahang. Upaya diagnosis tersebut penting, karena rasa sakit tersebut bisa menjadi gejala dari gangguan temporomandibular joint (TMJ).

Saat melakukan pemeriksaan ke dokter gigi, Anda akan menjalani pemeriksaan secara menyeluruh. Pemeriksaan tersebut dapat berlangsung secara manual atau menggunakan x-ray. Dengan begitu, dokter akan dapat mengetahui sumber rasa sakit dan sekaligus memberi rekomendasi perawatan.

Nah, itulah berbagai solusi obat sakit gigi yang bisa Anda dapatkan di rumah. Penanganan menggunakan obat-obat tersebut bisa jadi solusi jangka pendek biar Anda tak terganggu oleh rasa sakit.

Untuk penanganan secara lebih lanjut, Anda tetap harus melakukan pemeriksaan ke dokter. Sebagai tambahan, Anda juga bisa menggunakan layanan konsultasi kesehatan online yang disediakan oleh Klinik Pandawa.

Referensi:

https://www.webmd.com/oral-health/home-remedies-toothache

https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/home-remedies-for-toothache

Share: