Search
Close this search box.

Penuaan Dini, Serba-serbi Penyebab dan Cara Mengatasinya

penuaan diniPenuaan Dini – Hai Sahabat Pandawa semuanya! Bagaimana kabar kamu hari ini? Semoga tetap selalu menjaga kesehatan dan juga kebersihan di mana pun berada ya! Sahabat Pandawa, pepatah mengatakan ada tiga hal yang tidak dapat kembali. Pertama adalah waktu, kedua adalah kepercayaan, dan ketiga adalah usia.

Usia memang tidak dapat kembali dan membuat kamu selalu awet muda. Seiring bertambahnya usia seseorang maka kecantikan dan juga daya tarik pun ikut menurun. Meski usia tidak bisa kembali lagi, namun kecantikan masih dapat dipertahankan dengan melakukan pencegahan penuaan dini.

Penuaan dini merupakan hal yang akan terjadi pada setiap orang, baik pria maupun wanita. Biasanya akan ada beberapa gejala dari masalah ini yang muncul. Beberapa tanda atau ciri dari penuaan dini umumnya terlihat di wajah, seperti muncul kerutan, bintik hitam, kulit yang mengendur, dan juga masih banyak lagi.

Seperti biasanya Sahabat Pandawa, kami akan selalu membawakan artikel dan juga informasi kesehatan untuk kalian semua. Artikel kesehatan yang kami sajikan terkhusus seputar kesehatan kulit, kesehatan kelamin, sex education, dan juga tips trik seputar kecantikan atau estetika.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai penuaan dini mulai dari pengertiannya, ciri atau gejalanya, penyebabnya, sampai dengan cara mencegah hal ini terjadi. Maka dari itu, sebaiknya kalian menyimak artikel ini sampai tuntas agar bisa menyerap informasi bermanfaat yang kami sampaikan. Daripada kelamaan langsung aja yuk kita simak!

 

Mengenal penuaan dini

Seiring bertambahnya usia, jaringan kolagen dan elastin di kulit manusia akan melemah. Hal ini mengurangi elastisitas kulit sehingga menimbulkan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan. Ternyata kondisi ini tidak hanya ditemukan pada orang lanjut usia, tetapi kaum muda pun bisa mengalaminya. Lalu apa yang menjadi penyebab mereka semua mengalami masalah penuaan dini?

Dikatakan bahwa kamu mengalami penuaan dini ketika kamu terlihat lebih tua dari yang seharusnya. Jika memang benar terjadi, bisa jadi kebiasaan harian dan gaya hidup kamu yang akan mempercepat timbulnya tanda-tanda masalah ini.

 

Gejala penuaan dini

Gejala atau tanda-tanda dari masalah penuaan dini ini sebenarnya dapat tampak dengan jelas. Salah satu contoh yang paling sering terjadi adalah mulai munculnya kerutan di beberapa area tubuh, terutama sekitar wajah. Gejala lain ialah mulai mengendurnya kulit kamu sehingga tidak elastis seperti sebelumnya.

Berikut ini merupakan beberapa gejala penuaan dini:

  • Mulai muncul keriput ataupun kerutan di beberapa area tubuh
  • Mengendurnya jaringan kulit sehingga tidak elastis
  • Penipisan pada kulit sehingga membuat kulit tampak lebih transparan dan mudah tergores
  • Kulit menjadi kasar dan kering
  • Kerapuhan pada kulit
  • Warna pigmen pada kulit akan berkurang sehingga warna kulit tampak menjadi pudar

 

Faktor penyebab penuaan dini

Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini. Sebagian faktor pemicu ini terjadi karena gaya hidup dari pengidapnya. Namun, ada juga beberapa faktor yang masih dapat dicegah oleh perilaku seseorang.

Berikut ini merupakan berbagai faktor penyebab penuaan dini yang paling sering terjadi:

 

  • Paparan sinar matahari (radiasi sinar UV)

Sinar ultraviolet (UV) dari pancaran sinar matahari dapat merusak jaringan elastis kulit. Akibatnya kulit menjadi keriput sebelum waktunya. Terlebih lagi, sering terpapar sinar matahari juga dapat menyebabkan bintik-bintik penuaan berwarna kecoklatan pada wajah, tangan, dan bagian tubuh lain yang sering terkena sinar matahari. Selain masalah ini, paparan sinar matahari juga dapat menghitamkan kulit serta meningkatkan risiko kanker kulit.

Untuk menghindari bahaya sinar matahari, sebaiknya gunakan tabir surya dengan tingkat SPF minimal 15 setiap kali sebelum memulai aktivitas di luar ruangan, sangat disarankan untuk dikenakan antara pukul 11.00-15.00 pada hari yang panas dan berawan.

Kamu bisa mendapatkan perlindungan lebih dengan memadukan tabir surya dengan pelindung kulit lainnya, seperti topi bertepi lebar, payung, sunglasses, atau pakaian longgar yang menutupi kulit kamu.

 

  • Merokok

Tak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, rokok juga bisa memengaruhi penampilan dan kecantikan. Perokok menua lebih cepat karena kerusakan jaringan akibat zat beracun dalam rokok, dan sirkulasi darah pada wajah bisa terganggu. Ini akan mempercepat munculnya kerutan dan membuatnya tampak lebih bersih dan kulit kusam. Jadi jika kamu ingin awet muda, berhentilah merokok.

 

  • Kurang tidur

Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk tidak cuma bisa berdampak buruk bagi kesehatan kamu, akan tetapi juga bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit kamu. Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan gangguan tidur kronis lebih mungkin mengembangkan kondisi kulit, termasuk penuaan dini. Kebiasaan kurang tidur dapat memengaruhi penampilan seseorang sehingga membuatnya terlihat kurang segar.

 

  • Pola makan yang buruk

Pola makan yang buruk juga memengaruhi kondisi kulit kamu. Makanan dengan nilai gizi rendah bisa menyebabkan penuaan dini. Salah satu mekanismenya adalah menyebabkan peradangan kronis dalam tubuh, misalnya oleh lemak trans makanan. Beberapa contoh makanan yang dapat memicu penuaan dini adalah karbohidrat olahan (seperti roti atau pasta) dan makanan yang mengandung terlalu banyak gula. Kedua makanan ini bisa merusak kolagen di kulit kamu.

 

Cara mengatasi penuaan dini

Bagi kamu semua tidak perlu khawatir dengan penuaan dini. Pasalnya, saat ini banyak sekali teknologi canggih yang dapat menyamarkan beberapa gejala masalah ini seperti kerutan, bintik hitam, dan juga kulit yang kendur.

KLINIK PANDAWA adalah salah satu klinik estetika dan kecantikan terbaik di Jakarta yang memiliki fasilitas lengkap untuk mengatasi masalah penuaan dini. Klinik Pandawa mempunyai berbagai alat penunjang treatment kecantikan dan anti-aging yang canggih dan berkualitas.

Jika kamu membutuhkan informasi dan penjelasan lebih lanjut, konsultasikan dengan konsultan medis kami secara gratis melalui KONSULTASI GRATIS atau hubungi 0821-1141-0672 / 021-62313337 whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Semua rahasia medis dijamin.

Share: