Search
Close this search box.

11 Cara Menghilangkan Stretch Mark – Klinik Utama Pandawa

Stretch mark adalah garis-garis yang terjadi di kulit ketika elastisitasnya terganggu, sering terjadi ketika kulit meregang secara cepat. Itu bisa terjadi karena kehamilan, penambahan berat badan yang cepat, pubertas, atau perubahan hormonal lainnya.

Namun, tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara alami yang dapat membantu mengatasi masalah ini.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara efektif yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengatasi masalah ini secara alami dan tanpa efek samping.

Cara Menghilangkan Stretch Mark secara Alami dan Medis

Cara Menghilangkan Stretch Mark 2
Cara Menghilangkan Stretch Mark

Ada beberapa cara mengatasi masalah ini secara alami dan medis yang bisa Anda ketahui. Berikut pembahasannya:

1. Meso Treatment

Meso Treatment adalah salah satu metode yang efektif dalam mengatasi masalah tersebut. Teknik ini melibatkan suntikan serum khusus yang mengandung bahan-bahan yang dapat memperbaiki kulit dan merangsang pertumbuhan kolagen.

Serum ini akan dokter suntikan langsung ke area stretch mark, yang kemudian akan merangsang proses penyembuhan dan regenerasi kulit.

Selama beberapa sesi perawatan, stretch mark akan menjadi lebih pudar dan halus, menghasilkan penampilan yang lebih baik.

Meso Treatment adalah pilihan yang direkomendasikan bagi mereka yang ingin mengatasi masalah ini dengan cepat dan efektif.

Mesoterapi satu treatment sejuta manfaat, apa sih? (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

2. Laser

Laser adalah salah satu metode yang populer untuk mengatasi masalah ini. Dalam prosedur ini, sinar laser akan dokter gunakan untuk merangsang produksi kolagen dan elastin dalam lapisan kulit yang rusak akibat stretch mark.

Proses ini memberikan hasil yang efektif dalam meratakan warna kulit dan memperbaiki tekstur yang tidak merata akibat stretch mark. Laser juga membantu merangsang regenerasi sel kulit sehingga stretch mark dapat semakin menghilang.

Meskipun demikian, sebelum mencoba cara menghilangkan stretch mark dengan laser, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui apakah laser adalah pilihan terbaik untuk anda. 

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu cara yang efektif untuk mengatasi masalah ini.

Stretch mark adalah bekas garis-garis merah atau putih pada kulit yang muncul karena peregangan kulit yang berlebihan seperti pada masa kehamilan atau peningkatan berat badan secara cepat.

Mengoleskan minyak zaitun secara teratur pada area yang terkena stretch mark dapat membantu memudarkan dan menghilangkan bekas tersebut.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam minyak zaitun membantu meningkatkan elastisitas kulit dan menghaluskan tekstur kulit yang rusak. Di samping itu, minyak zaitun juga dapat memberikan kelembapan pada kulit sehingga membuatnya terlihat lebih sehat.

4. Microneedling

Microneedling adalah metode non-bedah yang populer untuk menghilangkan stretch mark. Prosedur ini melibatkan penggunaan jarum kecil untuk membuat luka kecil pada kulit yang merangsang proses penyembuhan alami tubuh.

Selama proses ini, jaringan kulit yang rusak akan hancur dan terganti oleh jaringan kulit baru yang lebih sehat, mengurangi tampilan stretch mark.

Microneedling treatment kini menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin mengatasi masalah stretch mark tanpa perlu operasi atau penggunaan bahan kimia yang keras.

Dalam sekali sesi, hasilnya bisa terlihat, meskipun dapat membutuhkan beberapa sesi tergantung pada keparahan stretch mark.

Rahasia Awet Muda Wajah Cerah | Skin Booster & Microneedling (Source: Youtube/Klinik Utama Pandawa)

5. Putih Telur

Putih telur adalah bahan alami yang sering orang gunakan untuk menghilangkan stretch mark. Cara menghilangkan stretch mark dengan putih telur sangat mudah Anda lakukan.

Pertama, pisahkan putih telur dari kuningnya. Kemudian, oleskan putih telur pada area stretch mark dengan menggunakan kuas atau jari. Diamkan selama 15-20 menit atau hingga kering. Terakhir, bilas dengan air hangat.

Putih telur mengandung protein yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan menghilangkan stretch mark dengan efektif. Dengan melakukan perawatan ini secara rutin, stretch mark dapat berangsur-angsur memudar dan kulit menjadi lebih halus.

Baca Juga: Body Contouring, Solusi Untuk Kamu yang Ingin Tubuh Ideal Nan Cantik

6. Krim Topikal

Krim topikal adalah salah satu cara menghilangkan stretch mark yang populer. Stretch mark adalah garis-garis merah atau putih yang muncul pada kulit akibat peregangan yang cepat atau berlebih.

Krim topikal mengandung bahan-bahan seperti vitamin, peptida, dan minyak alami yang dapat membantu meremajakan kulit dan memperbaiki tekstur yang rusak akibat stretch mark.

Krim tersebut dapat dioleskan langsung pada area yang terkena stretch mark dengan cara yang mudah dan praktis. Dalam penggunaan yang teratur, krim topikal dapat membantu mengurangi penampilan stretch mark, membuat kulit terlihat lebih halus dan rata.

7. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah metode yang efektif untuk menghilangkan stretch mark. Stretch mark adalah garis-garis atau bekas luka yang terjadi akibat peregangan kulit yang berlebihan.

Eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati serta merangsang produksi kolagen sehingga membantu memperbaiki elastisitas kulit.

Cara menghilangkan stretch mark dengan eksfoliasi adalah dengan menggunakan scrub atau losion eksfoliasi yang mengandung bahan-bahan seperti gula atau garam.

Gosoklah perlahan pada area stretch mark secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, perawatan ini juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membuat kulit terlihat lebih halus dan cerah.

8. Bubuk Cokelat

Bubuk cokelat, terutama yang organik, diketahui memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Salah satu manfaatnya adalah kemampuannya dalam menghilangkan stretch mark.

Stretch mark adalah garis-garis halus atau bekas luka pada permukaan kulit yang sering terjadi setelah kehamilan atau kenaikan berat badan yang cepat.

Dengan mencampurkan bubuk cokelat dengan bahan alami lainnya, seperti minyak kelapa, madu, atau yogurt, dan dioleskan pada area stretch mark, dapat membantu mengurangi tampilannya secara bertahap.

Bubuk cokelat mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin, yang esensial untuk elastisitas kulit.

9. Gel Lidah Buaya

Gel Lidah Buaya adalah produk alami yang populer dalam menghilangkan stretch mark. Dengan menggunakan gel ini, Anda dapat mengurangi tampilan stretch mark yang membandel pada tubuh Anda.

Cara menghilangkan stretch mark dengan gel Lidah Buaya sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengoleskan gel ini pada area yang terkena stretch mark secara teratur.

Kandungan alami dari lidah buaya bekerja efektif dalam mengurangi tanda stretch mark dan meremajakan kulit.

Dengan menggunakan gel ini secara konsisten, hasilnya akan terlihat dan stretch mark akan memudar seiring waktu. Gel Lidah Buaya adalah solusi yang efektif dan aman untuk mengatasi masalah stretch mark.

10. Minyak Vitamin E

Minyak vitamin E adalah salah satu produk yang dapat digunakan untuk menghilangkan stretch mark.

Stretch mark adalah garis-garis berwarna merah muda atau putih yang terbentuk pada kulit akibat perubahan berat badan yang drastis, seperti kehamilan atau penurunan berat badan yang cepat.

Cara menghilangkan stretch mark tersebut bisa dilakukan dengan secara teratur mengoleskan Minyak Vitamin E pada area yang terkena stretch mark. Kandungan Vitamin E dalam minyak tersebut dapat membantu meremajakan jaringan kulit yang rusak dan memudarkan stretch mark.

Penggunaan rutin Minyak Vitamin E dapat membantu mengembalikan kehalusan dan kekenyalan kulit yang terganggu akibat stretch mark.

11. Campuran Madu dan Garam

Campuran madu dan garam telah diketahui memiliki manfaat dalam menghilangkan stretch mark. Stretch mark adalah garis-garis yang muncul pada kulit akibat perubahan berat badan mendadak atau kehamilan.

Cara menghilangkan stretch mark dengan menggunakan campuran madu dan garam adalah dengan menggosokkan campuran tersebut secara perlahan pada area yang terdapat stretch mark.

Madu berkhasiat untuk melembapkan dan regenerasi kulit, sedangkan garam membantu mengangkat lapisan kulit mati. Kombinasi kedua bahan alami ini akan membantu memudarkan stretch mark dan membuat kulit terlihat lebih halus dan sehat.

Kapan Harus ke Dokter?

Ketika kamu ingin menghilangkan stretch mark tanpa rasa khawatir, maka kamu bisa melakukan konsultasi dan treatment ke Klinik Kulit Jakarta milik Klinik Utama Pandawa.

Klinik Utama Pandawa merupakan Klinik Estetika dan Klinik Kulit dan Kelamin terbaik yang memiliki berbagai treatment dan perawatan medis dengan tenaga medis terpercaya serta berpengalaman.

Pertanyaan Terkait Cara Menghilangkan Stretch Mark

Cara Menghilangkan Stretch Mark 3
Stretch Mark

Ada beberapa pertanyaan terkait cara menghilangkan stretch mark yang biasanya banyak orang tanyakan. Berikut daftar pertanyaannya:

Apakah stretch mark bisa hilang 100%?


Tidak ada jaminan bahwa stretch mark bisa hilang sepenuhnya. Beberapa perawatan seperti krim dan laser dapat membantu memudarkan stretch mark, tetapi sisa-sisa bekas bisa tetap ada.

Memelihara kulit dengan meminimalkan perubahan berat badan yang drastis dan menerapkan pelembap juga dapat membantu mengurangi keparahan stretch mark. 

Apakah stretch mark bisa hilang dengan sendirinya?


Tidak, stretch mark secara alami tidak akan hilang dengan sendirinya. Stretch mark terjadi ketika kulit meregang secara drastis karena perubahan berat badan yang cepat atau selama kehamilan.

Walaupun tidak bisa hilang sepenuhnya, mereka dapat menjadi lebih ringan dan kurang terlihat seiring waktu. Penggunaan krim atau perawatan medis tertentu juga dapat membantu memudarkan stretch mark.

Apakah stretch mark itu permanen?


Stretch mark adalah garis-garis halus yang terjadi pada kulit akibat perubahan berat badan atau peregangan kulit yang cepat. Meskipun dapat memudar seiring waktu, stretch mark cenderung permanen.

Pilihan perawatan seperti krim atau prosedur medis dapat membantu mengurangi penampilan stretch mark, tetapi tidak menghilangkannya sepenuhnya.

Penting untuk mencegah peregangan kulit yang berlebihan dengan menjaga berat badan stabil dan menggunakan pelembap.

Berapa lama menghilangkan stretch mark?


Menghilangkan stretch mark sepenuhnya membutuhkan waktu yang bervariasi untuk tiap individu. Biasanya, perubahan dan pengurangan stretch mark akan terlihat setelah beberapa bulan penggunaan produk atau perawatan yang khusus.

Namun, penting untuk diingat bahwa stretch mark tidak bisa dihilangkan sepenuhnya dan beberapa mungkin tetap ada meski telah menggunakan berbagai metode pengobatan. Konsultasikan dengan dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Referensi:

Stretch marks, Mayo Clinic diakses 2023: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/stretch-marks/symptoms-causes/syc-20351139

Stretch Marks, Cleveland Clinic diakses 2023: https://my.clevelandclinic.org/health/articles/10785-stretch-marks

Share: