Search
Close this search box.

Cara Mengatasi Ejakulasi Tertunda – Klinik Utama Pandawa

Ejakulasi tertunda atau gangguan orgasme pria merupakan disfungsi seksual yang memiliki tanda susahnya atau tidak mampunya seseorang mencapai orgasme atau ejakulasi meski orang tersebut memiliki rangsangan seksual atau keinginan untuk ejakulasi.

Bagi seseorang, hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah mulai dari rasa frustrasi sampai membuat hubungan dengan pasangan memburuk. Oleh sebab itu, Anda harus tahu cara mengatasi ejakulasi tertunda. Berikut pembahasan lengkapnya.

Apa itu Ejakulasi Tertunda?

Ejakulasi tertunda merupakan sebuah kondisi ketika pria mengalami penundaan atau tidak mampu ejakulasi secara signifikan untuk mencapai orgasme dan ejakulasi ketika melakukan aktivitas seksual.

Ketika terjadi ejakulasi tertunda, pria mungkin memerlukan waktu yang lama, seringkali lebih dari 30 menit atau lebih untuk bisa ejakulasi.

Bahkan dalam beberapa kasus langka, orgasme sama sekali bisa tidak terjadi.

Penyebab ejakulasi tertunda memiliki banyak variasi mulai dari faktor fisik, psikologis, atau terkait pengobatan.

Penyebab fisik mungkin melibatkan kondisi medis seperti kerusakan saraf, ketidakseimbangan hormon, atau efek samping dari obat-obatan.

Faktor psikologis dapat mencakup kecemasan, stres, depresi, masalah hubungan, atau riwayat trauma. Dalam beberapa kasus, ejakulasi tertunda dapat terjadi karena kombinasi faktor fisik dan psikologis.

Perawatan untuk ejakulasi tertunda tergantung pada penyebab yang mendasarinya.

Ini mungkin melibatkan penanganan kondisi fisik atau medis apa pun, memodifikasi obat-obatan, atau memberikan terapi untuk mengatasi faktor psikologis.

Penyebab Ejakulasi Tertunda

Seperti sudah kita bahas di atas, ejakulasi tertunda bisa menyebabkan berbagai hal, termasuk faktor fisik, psikologis, dan obat-obatan. Sejauh ini ada beberapa faktor umum yang menyebabkan ejakulasi tertunda, antara lain:

  • Faktor psikologis
  • Kondisi medis
  • Obat-obatan
  • Penyalahgunaan zat
  • Perubahan usia dan hormon
  • Pengondisian psikologis

Penting Anda catat bahwa ejakulasi tertunda bisa memiliki banyak faktor karena penyebab spesifik dari orang ke orang bisa berbeda.

Jika Anda mengalami ejakulasi tertunda dan menyebabkan stress, atau menurunkan kualitas hidup Anda, maka Anda wajib melakukan pemeriksaan.

Bagaimana Ejakulasi Tertunda Mempengaruhi Individu dan Pasangan Mereka?

Ejakulasi tertunda bisa berdampak signifikan pada individu yang mengalami kondisi tersebut, serta pasangannya. Berikut ini adalah sejumlah cara ejakulasi tertunda bisa memengaruhi individu dan pasangannya:

1. Rasa Frustrasi

Ejakulasi tertunda bisa menyebabkan furstrasi dan kesulitan bagi orang yang mengalaminya. Mereka mungkin merasa cemas, khawatir, atau tidak mampu karena ketidakmampuan mereka mencapai orgasme dan ejakulasi dalam jangka waktu yang wajar.

Kemudian hal tersebut bisa menyebabkan hilangnya kepercayaan seksual dan harga diri.

2. Ketegangan Hubungan

Ejakulasi yang tertunda dapat membuat ketegangan pada hubungan intim. Orang yang mengalami kondisi tersebut mungkin merasa bersalah atau bertanggung jawab atas ketidakpuasan atau frustrasi pasangannya.

Pasangan mereka mungkin juga merasa bingung, tidak terpenuhi, atau khawatir tentang keinginan atau keterampilan seksual mereka sendiri.

Hal ini dapat menyebabkan masalah komunikasi, penurunan keintiman, dan ketidakpuasan hubungan secara keseluruhan.

3. Dampak Emosional Negatif

Dampak emosional dari ejakulasi yang tertunda bisa menjadi sangat signifikan. Ini bisa menyebabkan rasa tidak mampu, kecewa, atau dendam baik pada individu maupun pasangannya.

Ketika hal ini terjadi dalam waktu yang lama, ini bisa menciptakan siklus kecemasan negatif, tekanan kinerja, dan penurunan hasrat seksual bagi kedua individu.

4. Konflik Hubungan

Jika penyakit ini jika tidak Anda tangani atau komunikasikan secara efektif dalam hubungan, hal itu bisa menyebabkan konflik dan kesalahpahaman.

Frustrasi dan kekecewaan yang terkait dengan kondisi tersebut dapat menimbulkan ketegangan, kebencian, dan pertengkaran.

5. Tidak Puas Secara Seksual

Baik individu maupun pasangannya mungkin mengalami ketidakpuasan seksual karena ejakulasi tertunda.

Durasi lama yang Anda butuhkan untuk mencapai ejakulasi dapat melelahkan secara fisik dan dapat mengurangi kenikmatan dan spontanitas aktivitas seksual.

Bahkan ketika orgasme tidak terjadi, ini bisa menyebabkan sejumlah kasus yang menciptakan rasa tidak puas bagi pasangan.

Penting bagi individu dan pasangan yang mengalami dampak ejakulasi tertunda untuk mencari bantuan profesional jika Anda memerlukannya.

Cara Mengatasi Ejakulasi Tertunda dengan Metode Non-medis

Cara Mengatasi Ejakulasi Tertunda 2
Ilustrasi Cara Mengatasi Ejakulasi Tertunda

Ada beberapa metode non-medis untuk mengatasi ejakulasi tertunda. Penasaran apa saja metodenya? Berikut pembahasan lengkapnya:

1. Teknik Psikologis dan Emosional

Cara ini bisa digunakan untuk mengelola stress, mengatasi masalah hubungan, melakukan rencana untuk menjelajahi fantasi seksual, dan meningkatkan hubungan emosional serta keintiman.

Teknik pengobatan ini berguna untuk mempererat hubungan Anda dan pasangan.

2. Fokus Sensasi dan Teknik Stimulasi Seksual

Teknik yang satu ini berguna untuk melibatkan eksplorasi bertahap dan menemukan sensasi menyenangkan dengan pasangan Anda, tanpa tekanan untuk mencapai orgasme atau ejakulasi.

Ini dapat membantu mengurangi kecemasan kinerja dan meningkatkan kenikmatan seksual secara keseluruhan.

Anda juga bisa menjelajahi berbagai jenis rangsangan seksual, seperti rangsangan manual atau oral, untuk menemukan apa yang paling cocok untuk Anda dalam mencapai gairah dan orgasme.

3. Teknik Perilaku

Teknik ini memungkinkan Anda melakukan sedikit “manipulasi” ketika ingin melakukan orgasme. Ketika Anda mendekati orgasme, Anda bisa melakukan jeda atau kurangi stimulasi sebelum melanjutkan.

Ini dapat membantu meningkatkan kesadaran akan tingkat gairah Anda dan mendapatkan kontrol yang lebih baik atas ejakulasi.

4. Komunikasi dan Dukungan

Diskusikan kekhawatiran dan pengalaman Anda dengan pasangan, bagikan keinginan, ketakutan, dan kesulitan apa pun yang mungkin Anda hadapi. Ini dapat membantu mengurangi kecemasan dan menciptakan lingkungan yang mendukung dan pengertian terhadap kondisi Anda.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan terapis seks, psikolog, atau konselor hubungan yang berspesialisasi dalam masalah seksual. Mereka dapat memberikan panduan, dukungan, dan strategi khusus untuk mengatasi ejakulasi tertunda.

Penting untuk diingat bahwa mengatasi ejakulasi tertunda membutuhkan waktu dan kesabaran. Ini adalah proses yang melibatkan eksplorasi, eksperimen, dan komunikasi terbuka dengan pasangan Anda.

Opsi Pengobatan Medis Ejakulasi Tertunda

Cara Mengatasi Ejakulasi Tertunda 3
Pengobatan Medis Ejakulasi Tertunda

Ketika metode non-medis tidak efektif, Anda bisa melakukan pengobatan penyakit ini dengan pengobatan medis. Berikut beberapa pilihan pengobatan medis yang bisa Anda lakukan:

1. Penyesuaian Obat-obatan

Jika ejakulasi tertunda adalah efek samping dari obat-obatan tertentu, seperti antidepresan, tenaga medis dapat mempertimbangkan untuk menyesuaikan dosis atau beralih ke obat alternatif yang memiliki kemungkinan lebih rendah menyebabkan efek samping seksual.

2. Krim atau Semprotan Topikal

Anestesi topikal tertentu, seperti krim atau semprotan lidokain atau prilocaine, dapat dioleskan ke penis untuk mengurangi sensitivitas dan berpotensi memfasilitasi ejakulasi.

Produk-produk ini harus digunakan di bawah bimbingan tenaga medis, karena dapat memengaruhi sensasi bagi kedua pasangan dan memerlukan penggunaan yang hati-hati.

3. Terapi Hormon

Ketika penyakit ini akibat tidak seimbangnya hormone, terapi penggantian hormon dapat dipertimbangkan. Misalnya, jika kadar testosteron rendah berkontribusi pada kondisi tersebut, terapi penggantian testosteron dapat membantu menormalkan kadar hormon dan meningkatkan fungsi seksual.

Namun, terapi ini hanya boleh diresepkan dan dilakukan oleh tenaga medis profesional.

4. Intervensi Psikologis

Dalam beberapa kasus, ejakulasi tertunda mungkin memiliki faktor psikologis yang mendasarinya.

Psikoterapi, terapi perilaku-kognitif (CBT), atau terapi seks dapat bermanfaat dalam mengatasi masalah psikologis, mengurangi kecemasan kinerja, meningkatkan kesadaran tubuh, dan mengembangkan strategi koping untuk mengatasi ejakulasi tertunda.

Melakukan konsultasi terkait dengan tenaga medis profesional sebelum melakukan perawatan sangat penting. Pasalnya, ini perlu agar pengobatan yang dilakukan bisa tepat sasaran.

Apakah Pengobatan Efektif untuk Mengobati Penyakit ini?

Efektivitas pengobatan untuk ejakulasi tertunda dapat bervariasi tergantung pada penyebab yang mendasari, faktor individu, dan pendekatan pengobatan khusus yang digunakan.

Untuk sejumlah individu, pengobatan dapat menghasilkan perbaikan yang signifikan, sedangkan untuk orang lain, hasilnya mungkin tidak terlalu signifikan.

Beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitasnya antara lain sebagai berikut:

  • Penyebab yang mendasari
  • Faktor individu
  • Pendekatan dan teknik perawatan
  • Ketekunan dan kesabaran

Penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan yang berspesialisasi dalam kesehatan seksual, seperti ahli urologi, terapis seks, atau psikolog.

Mereka dapat menilai situasi spesifik Anda, memberikan diagnosis yang akurat, dan mengembangkan rencana perawatan individual yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kapan Harus ke Dokter?

Jika Anda mengalami ejakulasi tertunda dan menyebabkan kesusahan, memengaruhi kepuasan seksual Anda, atau memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter yang bisa menanganinya.

Anda bisa datang ke Klinik Ejakulasi Tertunda di Klinik Utama Pandawa. Selain itu, Klinik Pandawa juga memiliki Klinik Andrologi yang berpengalaman serta terpercaya menangani sejumlah masalah.

Klinik Pandawa merupakan Klinik Kulit dan Kelamin terpercaya dan nomor satu di Jakarta yang memiliki sejumlah treatment.

Kesimpulan

Ejakulasi tertunda merupakan salah satu penyakit yang membuat Anda sulit mendapatkan ejakulasi ketika aktivitas seks berlangsung meski Anda sudah mendapatkan rangsangan yang optimal.

Ketika ini terjadi, Anda wajib mencari bantuan profesional jika mengalami ejakulasi tertunda. Dengan begini Anda bisa kembali memperbaiki kualitas hidup Anda dan memperbaiki hubungan dengan pasangan.

Pertanyaan Terkait Cara Mengatasi Ejakulasi Tertunda

Ada beberapa pertanyaan terkait cara mengatasi ejakulasi tertunda. Beberapa pertanyaannya antara lain sebagai berikut:

Kenapa Cowok Sulit Ejakulasi?


Biasanya karena rangsangan kurang optimal dan tidak sesuai dengan keinginan mereka. Tapi ini juga bisa disebabkan karena berbagai faktor.

Berapa Lama Pria Bisa Ejakulasi?


Durasi ejakulasi pada pria bisa bervariasi antara orang yang satu dengan yang lainnya. Tidak ada penentu baku terkait hal ini.

Berapa Biaya Pengobatan Ejakulasi Tertunda di Klinik Utama Pandawa?


Pengobatan biayanya tergantung pada jenis pemeriksaan, dokter, dan hal lain seperti obat-obatan. Anda bisa melakukan konsultasi secara mendalam untuk mendapatkan harga yang sesuai.

Referensi:

Share: